Merancang Sistem untuk Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process (AHP) di PTPN V PKS Sei Pagar

Suherman Suherman

Abstract


PTVN V PKS Sei Pagar merupakan BUMN yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) dan inti sawit menjadi PKO (Palm Karnel Oil). Kinerja karyawan merupakan salah satu ukuran yang sering dipakai dalam menentukan efektifitas suatu perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan dapat berkembang apabila kinerja karyawannya juga tidak mengalami peningkatan apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan yang ada pada dunia bisnis sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem diperusahaan, penelitian pada tugas akhir ini menggunakan metode Analytical Hierarchi Process (AHP). Metode ini digunakan sebagai alat untuk menentukan sistem yang ingin dirancang, terdapat dua kriteria yang ingin dirancang yaitu variabel pelatihan dan variabel motivasi kerja, dengan menggunakan metode Analytical Hierarchi Process (AHP).Berdasarkan hasil penelitian didapat nilai prioritas tertinggi pada P1 yaitu sebesar 0,17, P1 itu sendiri yaitu pertanyaan dari variabel pelatihan, maka dengan hasil ini peneliti melakukan perancangan sistem pada variabel pelatihan. Perancangan sistem pelatihan diberikan pada sembilan stasiun diantaranya yaitu stasiun Sortasi, Loading Ramp, Sterilizer, Hosting Crane, Thresing, Digester, Screw Press, Klarifikasi dan stasiun Boiler. Perancangan sistem yang diberikan yaitu tentang bagaimana melaksanakan prosedur kerja, apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan mesin, mengontrol setiap komponen mesin agar tidak terjadi kebocoran serta kerusakan yang mengakibatkan cidera atau kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri maupun perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Agusta, Leonando dan Sutanto, Eddy Madiono. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis. Surabaya:2013.

Ahmad, Rizal. Hubungan Pelatihan dan Pengembangan Yang Diterapkan Oleh Bina Cendikia Agung (Bica) Panca Budi dengan Kinerja Pegawai yang ada Dilingkungan UNPAB (Kampus Panca Budi) Medan. Jurnal Ekonomi. Medan:2008.

Dalmy, Darlisman. Pengaruh SDM, Komitmen, Motivasi Terhadap kinerja Auditor dan Reward sebagai Variabel Moderating pada Inspektorat Provinsi Jambi.Tesis Program Pascasarjana USU. Medan:2009.

Salmah, Ninin Non Ayu. Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kompetensi Karyawan pada PT. Muba Electric Power Sekayu. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS). Palembang:2012.

Sinay, Philipus. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada PT. Bumakumawa Di Kota Sorong. Jurnal Ekonomi. Sorong:2009.

Siregar, Sahat. Pengaruh Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Pegawai (studikasus pada dinas perhubungan kota medan). Skripsi Program Ilmu Administrasi Negara. Medan:2009.

Taylor, Bernard. Manajement Science Edisi 8. Salemba Empat. Jakarta:2005.

Umar, Husein. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. RajawaliPers. Jakarta:2010.

Wibisono, Dermawan. Manajemen Kinerja. Erlangga. Jakarta:2006.

Wijayanti, Annisa dan Wimbarti, Supra. Evaluasi dan Pengembangan Sistem Penilaian Kinerja Pada PT HKS. Jurnal Psikologi Undip. Yogyakarta:2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i1.5062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suherman Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.