Implementasi Analisis SWOT dan Strategi Diversifikasi Terhadap Usaha Jasa Notaris
Abstract
Notaris/PPAT Heny Savitri S.H., M.Kn wilayah Gresik merupakan usaha jasa notaris yang berwenang dalam membuat akta otentik untuk semua tindakan, kontrak, dan ketentuan hukum perdata berdasarkan undang-umdang dan peraturan negara. Seiring waktu berjalan, usaha jasa notaris di wilayah Gresik mengalami peningkatan yang sangat besar sehingga dapat menimbulkan persaingan pasar dalam melayani konsumen. Oleh karena itu, Notaris/PPAT Heny Savitri S.H., M.Kn harus memiliki suatu strategi bisnis dalam menganalisis lingkungan internal dan eksternal agar dapat bersaing dengan kompetitor lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis SWOT yang berfokus pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha dalam memenuhi kebutuhan para stakeholder. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif melalui survei, observasi, dan wawancara. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan hasil kuesioner yang disebarkan kepada 32 responden. Sehingga didapatkan hasil bahwa nilai matriks IFE sebesar 3,5 dan nilai matriks EFE sebesar 3,47. Pada nilai tersebut menunjukkan bahwa Notaris/PPAT Heny Savitri S.H., M.Kn terletak pada posisi kuadran I yaitu mengalami tumbuh dan membangun (grow and built). Jasa Notaris/PPAT Heny Savitri S.H., M.Kn juga menggunakan strategi diversifikasi yaitu memberikan loyalitas dan kecepatan pemberian informasi untuk klien, memberikan harga yang terjangkau, dan meningkatkan ketepatan kinerja karyawan.
Full Text:
PDFReferences
C. Oktaviany, M. Hadin Muhjad, D. Haiti, and M. H. Kenotariatan Universitas Lambung Mangkurat Jl Brigjend Hasan Basry Banjarmasin, “BaLRev Asas mengenali Pengguna Jasa Notaris dikaitkan dengan Tanggung Jawab Jabatan Notaris,” vol. 4, pp. 46–58, 2022, [Online]. Available: http://balrev.ulm.ac.id/index.php/balrev
O. Widhi Nugroho et al., “Penerapan metode servqual pada analisis kualitas layanan jasa notaris (studi kasus: kantor notaris MT Cibitung, Jawa Barat) application of the servqual method to notary service quality analysis (case study: MT Cibitung notary office, West Java) INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK”, doi: 10.37373/jenius.v4i1.426.
R. Ilham and E. Danil, “PENERAPAN PRINSIP MENGENALI PENGGUNA JASA OLEH NOTARIS DALAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG IMPLEMENTATION OF THE CUSTOMER DUE DILIGENCE IN PREVENTION AND ERADICATION OF MONEY LAUNDERING”.
K. Masalah Hukum dan Pembangunan, P. Adi Purnomo Djingga Wijaya, and A. A. Andi Prajitno, “PERSPEKTIF Volume 23 Nomor 2 Tahun 2018 Edisi Mei Volume 23 Nomor 2 Tahun 2018 Edisi Mei TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP KESALAHAN DALAM PEMBUATAN AKTA YANG DILAKUKAN OLEH NOTARIS PENGGANTINYA”.
S. D. Widiyanti, “Analisis Strategi Bisnis Dengan Menciptakan Brand Awareness Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction (Studi Kasus : KONNUKONI Kopi)” Jurnal Semarak, Vol. 3, No. 3, 2020.
L. Maryani and D. H. Chaniago, “Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion,” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, vol. 5, no. 1, p. 48, 2019.
A. Fahriyah and R. Yoseph, “Prosiding Seminar Stiami Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi… Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal,” vol. 7, no. 2.
R. Yuliana, S. Bank BPD Jateng Yanti Pujiastuti, and S. Bank BPD Jateng, “ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi kasus pada UMKM di Semarang),” 2018.
I. B. H. Adji S. And Rr. K. Aprilia K, “Pengaruh Persaingan Pasar Produk dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Dimoderasi Oleh Kepemilikan Saham Pemerintah” Jurnal Of Accounting, Vol. 12, No. 1, 2023.
H. Suprapto, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Kasus : Hotel Mahkota Lamongan)”, Vol. 4, No.3, 2019.
E. Kustian, O. Abdurakhman, and dan W. Firmansyah, “STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SISWA MARKETING STRATEGY OF EDUCATION SERVICES IN INCREASING THE QUANTITY OF STUDENTS,” 2018.
H. Suprapto, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Kasus : Hotel Mahkota Lamongan)”, Vol. 4, No.3, 2019.
A. Prastiyo et al., “STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE MERAH MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN UD. BAROKAH UNGARAN.”
A. Qanita, U. Sunan, and A. Surabaya, “ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP,” 2020.
Larisang and I. Kamil, “Analisa Strategi Pengembangan Usaha Perusahaan Exspedisi Pada PT. Uwais Global Logistik Menggunakan Metode SWOT dan QSPM”, Vol. 9, No. 1, 2021.
M. N. Yanis, S. Mardiana, ) Sri, and F. Ayu, “Analisis Strategi Pemasaran Tempe Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang,” Jurnal Agrica, vol. 11, no. 2, 2018, doi: 10.31289/agrica.v11i2.1808.g1681.
M. A. Putri, A. Rahayu, P. D. Dirgantari, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks IE (Studi Kasus Pada Bisnis Banjjagim.Id)”, Vol. 7, No. 1, 2023.
T. J. Christianto, T. Gilroy Jacobus, E. Yemima Eliana, I. Adhitya, and W. Chrismastianto, “Analisis Strategi Bisnis Pada Perusahaan Layanan Internet Fixed Broadband Menggunakan Matriks IFE-EFE-IE,” ECONOMIC EDUCATION AND ENTREPRENEURSHIP JOURNAL, vol. 4, no. 2, pp. 92–99, 2021.
A. Mayang, I. Astuti, and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100).”
A. R. Hidayatullah, D. Andesta, and S. Dahda, “PENDEKATAN METODE ANALISIS SWOT MATRIKS IFE & EFE DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS PADA STRATEGI PEMASARAN UKM BU MUZANA,” vol. 1, no. 4, p. 553, 2020.
S. Putri, M. Dewi, S. Atiningsih, S. Bank, and B. Jateng, “Peran Struktur Modal dalam Memediasi Pengaruh Strategi Diversifikasi, Kepemilikan Institusional, dan Kebijakan Dividen terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017).” [Online]. Available: http://prosiding.unimus.ac.id
C. Meilanda, A. N. Latama, S. Kristamuljana, and R. Yuliati, “Pengaruh Strategi Diversifikasi terhadap Kinerja Perusahaan dengan Moderasi Efisiensi,” Ekonomi dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 9–31, Sep. 2020, doi: 10.35590/jeb.v7i1.981.
M. Wildan and N. W. Yulianti, “Pengaruh Keputusan Keuangan, Strategi Diversifikasi, Efisiensi Operasional dan Inovasi Terhadap Nilai Perusahaan”, Vol. 16, No. 1, 2021.
A. Ardianto, “Strategi Diversifikasi, Transfer Pricing dan Beban Pajak”, [Online]. Available: www.indofood.com
R. I. Sutrisno and D. Darmawan,”Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”, Vol. 2, No. 1, 2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v9i1.22033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Moch Nurul Iqbal Al Farizi, Deny Andesta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.