Strategi Pengembangan Usaha Roti Ganto Dengan Menggunakan Matriks Perumusan Strategi Dan Software Expert Choice
Abstract
Usaha Roti Ganto merupakan salah satu UMKM di kota Dumai yang memproduksi roti isi. Berdasarkan kegiatan wawancara yang dilakukan, banyaknya persaingan usaha sejenis membuat usaha Roti Ganto menjadi kesulitan dalam meningkatkan pendapatannya, hal ini dibuktikan dengan jumlah pendapatan pada awal tahun 2021 di bulan Januari-Juni usaha Roti Ganto mengalami penurunan penjualan roti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha sesuai dengan kondisi internal dan eksternal usaha Roti Ganto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan AHP. Dalam analisis SWOT terdapat beberapa matrik yaitu IFAS & EFAS, digunakan untuk mencari bobot skor, Matriks I-E, digunakan untuk mencari divisi sel perusahaan, dan Matriks SWOT untuk memformulasikan alternatif strategi. Penentuan bobot prioritas menggunakan AHP dengan bantuan software Expert Choice 11 untuk menggetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matrik SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh total skor IFAS sebesar 3,09 dan skor EFAS sebesar 3,02 yang dapat diartikan bahwa strategi yang harus diterapkan pada situasi ini adalah mendukung pertumbuhan agresif. Strategi yang paling berpengaruh berdasarkan analisa AHP yaitu melakukan promosi produk melalui media iklan fisik maupun online dengan nilai 0,66 dengan alternatif yang menjadi prioritas dalam mengembangkan usaha roti ganto adalah A2 yaitu penetrasi pasar dengan bobot tertinggi 0,41.
Full Text:
PDFReferences
David, FR, (2017), Strategic Management Concepts. 12th Edition.
Dosinaen, Y. P., dan Sastika, W., (2019), Usulan Strategi Pemasaran Pada PT Gunung Amal Solution International dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath dan Matriks IFAS EFAST, Jurnal e-Proceding of Applied Science, ISSN 244-5826, Vol.5, No.2, Hal: 909-918.
Gao, C. and Peng, D. (2016), Consolidating SWOT analysis with nonhomogeneous uncertain preference information, Knowledge-Based Systems, 24, pp. 796-808.
Hardiyanto, A., Soejanto, I., Berlianty, I., (2018), Analisis Strategi Pembangunan Desa Wisata di Sentra Pengrajin Keris, Jurnal OPSI, ISSN 1693-2102, Vol.11, No.1, Hal: 1-13.
Houben, G., Lenie, K. and Vanhoof, K. (2016), A knowledge-based SWOT-analysis system as an instrument for strategic planning in small and medium sized enterprises, Decision Support Systems, Vol. 26, pp. 125-135.
Ilham, Mesra, T., and Fitra, (2018), Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Pada Pemilihan Objek Wisata Alam di kota Dumai, Respository Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.
Jatmiko, 2018. Industri Kecil: Sebuah Tinjauan dan Perbandingan. LP3ES. Jakarta.
Kangas, J., Pesonen, M., Kurttila, M. and Kajanus, M. (2017), A'WOT: Integrating the AHP with SWOT Analysis, 6th ISAHP 2001 Proceedings, Berne, Switzerland, pp. 189-198.
Kurnia, Marhawati, Mustarim, dan Hasan, M., (2020), Strategi Bauran Pemasaran Usaha Roti Maros Salenrang di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, ISSN 2686-5661, Vol. 02, No.02, Hal: 86-93.
Kurttila, M., Pesonen, J., Kangas, M. and Kajanus, M. (2016), Utilizing the analytic hierarchy process (AHP) in SWOT analysis- a hybrid method and its application to a forest-certification case , Forest Policy and Economics, Vol. 1, pp.41-52.
Melliana, Yusrizal, Mesra, T., and Fitra, (2021), The Role of Human Resource Competency in Improving Logistic Performance, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Jilid 709, Terbitan 1, Hal: 012047
Melliana, Yusrizal, Mesra, T., and Fitra, (2019), Tingkat Pelayanan Swalayan XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Dumai, Vol 2 No 4 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Nurul Laela Fatmawati. (2019). Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe Di Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Skripsi Agribisnis. Universitas Sebelas Maret.
Pesonen, M., Kurttila, M., Kangas, J., Kajanus, M. and Heinonen, P. (2018), Assessing the priorities using A WOT among resource management strategies at the Finnish forest and park service, Forest Science, Vol. 47, pp. 534-541.
Rangkuti, F. (2016), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Reksohadiprojo dan Sukanto, (2018), Manajemen Strategi, Yogyakarta: BPFE.
Rizki, M., Ghifari, A., Hui, W. L., Permata, E. G., Siregar, M. D., Umam, M. I. H., & Harpito, H. (2021). Determining Marketing Strategy At LPP TVRI Riau Using SWOT Analysis Method. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 3(1), 10-18.
Sugiyono, (2017), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: ALFABETA.
Saaty, T.L. (1980), The Analytic Hierarchy Process, McGraw-Hill, New York.
Simbolon, F. J., (2021), Strategi Pengembangan Usaha Sang Pisang (Studi Kasus: Kedai Rakyat Jalan Iskandar Muda No. 47 A, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan), Jurnal Agriprimatech, e-ISSN: 2621-6566, Vol. 4, No. 2, Hal: 76-86.
Supriadi, A, (2018), Analytical Hierarchy Process (AHP), Yogyakarta: CV Budi Utama.
Wickramasinghe, V. and Takano, S. (2019), Application of combined SWOT and Analytic Hierarchy Process (AHP) for tourism revival strategic marketing planning: A Case of Sri Lanka tourism, Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 8, pp. 954-969
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v8i1.17152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fitra Fitra, Melliana Melliana, Trisna Mesra, Azmi Azmi, M. Firhan Habibillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.