Perancangan Tata Letak Gudang Dengan Metode Systematic Layout Planning

Ahmad Fajri

Abstract


Studi kasus ini dilakukan pada perusahaan yang fokus pada layanan penyedia jaringan berbasis serat optik dengan menggunakan infrastruktur teknologi terkini yaitu Fiber To The Home (FTTH). Meningkatnya permintaan produk layanan pada studi kasus ini diberbagai wilayah di Indonesia berimbas pada operasional gudang yang secara kapasitas otomatis meningkat. Namun, produk harus tetap dapat disimpan agar terjaga kualitasnya sebelum didistribusikan. Untuk mengatasi  ini, diperlukan metode penataan gudang yang baik agar efisiensi Ongkos Material Handling juga dapat tercapai dan mengurangi resiko accident yang berimbas pada kerusakan material. Metode Systematic Layout Planning (SLP) digunaan untuk merancang keterkaitan hubungan aktivitas antar perangkat. metode ini digunakan sebagai perencanaan layout sistematis dengan berdasarkan pada kegiatan operasional yang sedang dilakukan ataupun sebagai peramalan dimasa yang akan datang. hasil pengolahan data menggunakan metode SLP diperoleh bahwa perancangan tata letak usulan lebih baik dengan biaya operasional Rp. 347.795.285 dibandingkan layout awal sebesar Rp. 577.022.833 dengan selisih mencapai RP. 229.227.549 dan efisiensi sebesar 40%.

 

Kata Kunci : Systematic Layout Planning (SLP), Ongkos Material Handling (OMH), Perancangan Tata Letak, Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Ekonindiyo, F. A, & Wedana, Y. A. (2012). Perancangan Tata Letak Gudang Perancangan Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Shared Storage Di Pabrik Plastik Kota Semarang. Jurnal Dinamika Teknik, Vol. VI, No. 1, Hal. 46-57.

Yohanes, A. (2018). Perancangan Tata Letak Gudang Bahan Baku Dengan Metode Shared Storage Pada PT. Panja Tunggal Knitting Mill. Jurnal Dinamika Teknik, Vol. XI, No. 1, Hal. 39-47.

Rahman, F, Tarigan, Z, J, H. & Lukmandono (2018). Desain Relayout Warehouse dengan pendekatan SLP (Systematic Layout Planning) dan Class Based Storage untuk Meminimumkan Biaya Material Handling. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, VI. Hal. 533-540.

Pangestika, J. W, Handayani, N. & Kholil, M. (2016). Usulan Relayout Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Menggunakan Metode SLP di Departemen Produksi bagian OT Cair Pada PT IKP. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 3 (1).

Mubarok, H, & Lukmandono. (2017).

Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas dengan Pendekatan Metode Systematic Layout Planning guna Meningkatkan Produktivitas di CV Putra Perkasa. Jurnal Rekayasa Mesin, 7 (3) hlm. 103-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v7i1.10533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Fajri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.