KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BANTOO.ID DI INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT DONATUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi pemasaran terpadu Bantoo.id di media sosial Instagram selama masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di Yayasan Generasi Bantu Indonesia. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram menjadi sarana efektif bagi Bantoo.id dalam mengkomunikasikan pesan pemasaran terpadu selama pandemi COVID-19. Konten yang relevan dengan situasi pandemi, penggunaan konten visual yang kreatif, serta interaksi aktif dengan donatur telah membantu meningkatkan minat dan partisipasi mereka. Meskipun demikian, ada beberapa tantangan yang dihadapi, seperti pembatasan sosial yang mengurangi kesempatan untuk melakukan tatap muka langsung. Bantoo.id disarankan untuk terus berinovasi dalam menciptakan konten menarik dan informatif, fokus pada upaya konkret yang dilakukan, mendorong donatur untuk berpartisipasi aktif, dan terus memantau dan menganalisa kinerja kampanye pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. (2023). Analisis Penerapan Akuntansi dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ende. Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang, 10(1), 68–85.
Bilgin, Y., & Kethüda, Ö. (2022). Charity social media marketing and its influence on charity brand image, Brand Trust, and donation intention. VOLUNTAS: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations, 33(5), 1091–1102.
Meolong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mujib, M., & Nuravianti, M. A. (2022). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Dana ZIS pada Lembaga Aamil Zakat di Era Covid-19. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 432–447.
Mustaqimah, N., & Rahmah, A. H. (2022). Peran Digital Influencer dalam Memberikan Edukasi Pemilihan Produk Kecantikan pada Akun Instagram@ dr. richard_lee. Journal of Communication and Society, 1(1), 1–13.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nasyrullah, S. R., & Abdullah, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Bangbeli Apps Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Di Kalangan Umkm. Jurnal Riset MAhasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(5), 236–254.
Nirwana, A., Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–112. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034
Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan PersuasifPada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan danPenerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Resma, 3(2), 12–22.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang kreatif dan analisis Kasus Integreted Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.
Santiago, J. K., & Castelo, I. M. (2020). Digital influencers: An exploratory study of influencer marketing campaign process on instagram. Online Journal of Applied Knowledge Management (OJAKM), 8(2), 31–52.
Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Med Indonesia. Indonesian Journal of International Medicine. 52(1), 84–89.
Sutresna, A. S., & Saputro, E. H. (2023). Strategi Pemasaran Sosial Indorelawan Untuk Meningkatkan Minat Menjadi Relawan Dalam Kampanye “Temali Project.” 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.335956/dk.v11i1.3483
Tjan, J. S. (2020). Pengaruh kompetensi, independensi, dan profesionalisme auditor terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel moderasi. Invoice: Jurnal Ilmu Akuntansi, 2(2), 12–17.
Wirawan, A., Putra, M. W. H., & Sulaeman. (2022). Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi dan Jumlah Penerimaan Zakat di Indonesia: Implikasi Kebijakan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi. Jurnalfebi, 4(1).
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Zenone, M., Snyder, J., Belisle-Pipon, J. C., Schalkwyk, M. van, & Maani, M. (2023). Advertising Alternative Cancer Treatments and Approaches on Meta Social Media Platforms: Content Analysis. JMIR Infodemiology, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.25091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id