STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS KORAN HARIAN RIAU POS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL
Abstract
Media massa konvensional di era digital mulai mengembangkan konvergensi media untuk mempertahankan eksistensi termasuk Koran Harian Riau Pos yang telah mengembangkan website RiauPos.co untuk menyelaraskan diri di era digital. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bisnis Koran Harian Riau Pos mempertahankan eksistensi di era digital setelah melakukan konvergensi media. Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu (1) bagaimana dimensi konvergensi Koran Harian Riau Pos di era digital, (2) bagaimana penerapan konvergensi sebagai strategi Koran Harian Riau Pos dalam mempertahankan eksistensi di era digital, (3) bagaimana peluang dan tantangan Koran Harian Riau Pos di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Koran Harian Riau Pos berhasil mempertahankan eksistensinya di era digital dengan adanya dinamika yang terjadi dan penerapan konvergensi media sebagai strategi media cetak Riau Pos tetap bertahan di era digital. RiauPos.co lahir sebagai bentuk konvergensi dari Koran Harian Riau Pos. Kemudian disusul dengan media sosial dan e-paper sebagai pelengkap multiplatform Koran Harian Riau Pos sehingga pembaca bisa menjangkau informasi lebih mudah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. 3rd ed. Jakarta: Raja Grafindo.
Komunikasi, Pakar. 2015. “Strategi Komunikasi: Pengertian Dan Ruang Lingkup.” Retrieved (https://www.komunikasipraktis.com/2015/10/strategi-komunikasi-pengertian-%09dan.html).
Morrisan. 2011. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi “Edisi Revisi.” Jakarta: Kencana.
Pransiska, Yulmi, Sumaina Duku, and Hasril Atieq Pohan. 2023. “Strategi Gatra Sumbagsel Dalam Mempertahankan Eksistensi Media Informasi Di Era New Media.” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) 3(2):421–29.
Purnamentari, Luh Yuli, I. Nengah Suandi, and Ni Made Rai Wisudariani. 2019. “Analisis Jenis, Bentuk, Dan Fungsi Tindak Tutur Berita Utama Pada Koran Bali Post.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 8(1):13–22. doi: 10.23887/jjpbs.v8i1.20239.
Ramansyah, Muh. Syaiful. 2022. "Konvergensi Media Gorontalo Post Sebagai Strategi Untuk Bertahan Di Era Digital
Rasyid, Anuar. 2019. Buku Ajar Metode Penelitian Komunikasi. Pekanbaru: UR Press Pekanbaru.
Reily, Michael. 2017. “Nielsen: Pembaca Media Digital Sudah Lampaui Media Cetak.” Retrieved (https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a5623eb608/nielsen-%09pembaca-media-%09digital-%09sudah-lampaui-media-cetak).
Saptoyo, R. D. A. 2022. “Survei Reuters: 68 Persen Masyarakat Indonesia Mengakses Berita DariMedsos.”Retrieved (https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/17/153126682/survei-%09reuters-68-%09persen-masyarakat-indonesia-mengakses-berita-dari).
Quinn, Stephen, 2004 Convergence: The Journal Research Into New Media Technologies. London: Sage Publication Inc. Vol.10
Zurani, Ikhma. 2020. “Dominasi Perempuan Pebisnis Dalam Rumah Tangga.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 19(1):72. doi: 10.32509/wacana.v19i1.1008.
Zurani, Ikhma, Tengku Firli Musfar, and Dedi Kusuma Habibie Habibie. 2022. “Peningkatan Kapasistas Kewirausahaan Di Bidang Digital Marketing.” Management Studies and Entreprenueurship Journal 3(5):3118–32.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i2.24651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id