PENGELOLAAN INFORMASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI HUMAS SUSKA TV

Ana Yulianti, Anggie Nelis Ronalita Lubis, Anggun Oktaviani, Dicky Maulana Akbar, Indah Novianti, Toni Hartono

Abstract


Media sosial telah menjadi salah satu instrumen yang digunakan sebagai sumber informasi yang dipercaya dan dekat dengan publik. Pengelolaan informasi di media sosial instagram sangat penting dalam rangka menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan informasi di media sosian Instagram sebagai media publikasi humas Suska TV. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori New Media yang dikemukakan oleh Pierre Levy. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengelola informasi untuk publikasi di instagram, humas Suska TV melakukan tahapan berupa penyaringan informasi, pembagian tugas dan jadwal publikasi, publikasi kegiatan, serta evaluasi kegiatan. Aktivitas publikasi yang dilakukan mengenai berbagai kegiatan atau informasi seputar kampus yang dikemas dalam bentuk berita, konten program infotainment, hingga konten dalam bentuk story Instagram.


Keywords


Pengelolaan, Humas, Publikasi, Instagram

Full Text:

PDF

References


Achmed, H., Setianti, Y., & Puspitasari, L. (2019). Pengelolaan Instagram @Humas_Sumedang Sebagai Media Komunikasi Dan Media Informasi Oleh Humas Sekretariat Daerah Sumedang. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 329–340.

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 146–160.

Baskara, T., & Fajar Rizki, M. (2019). Proses Publikasi Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan Pada Akun Media Sosial Instagram. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 19–26. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1229

Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online. John Wiley & Sons.

Carlina, G., & Paramita, S. (2017). PR Crisis Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 9(1), 81–86. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.211

Fatimah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 104–109. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.339

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.

Fitrianingsih, B., & Kholik, A. (2021). Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan dalam Membangun Citra Positif melalui Instagram. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 43–53.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.

Gampar, G., & Rinata, A. R. (2019). Peran Humas UNITRI dalam Mempublikasikan Informasi Kepada Publik Melalui Media Internal dan Eksternal. Jurnal Ilmu Sosial Dan IlmuPolitik, 8(4), 282–287.

Hayati, S., Rahmat, A., & Aidin, N. (2019). Strategi Publikasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 1 Jakarta dalam Menjaga Stabilitas Reputasi Perusahaan. Jurnal Visi Komunikasi, 18(02), 34–41. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom/article/view/9613/3693

Hazanah, L., Setiana, W., & Astuti, D. R. (2020). Implementasi Human Relations melalui Kegiatan Informal. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 81–100. https://doi.org/10.15575/reputation.v2i1.51

Herlina, N. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. JOM FISIP, 4(2), 1–12.

Lestari, S. Y., Komariah, N., & Rizal, E. (2016). Pengelolaan Informasi Sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 59–68.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–13.

Mandala, R. (2006). Evaluasi Kinerja Sistem Penyaringan Informasi Model Ruang Vektor. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 1–6.

Maryolein, S., Hapsari, N. D., & Oktaviani, R. C. (2019). Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium. Avant Garde, 7(1), 19–41.

Mayasari, S., & Indraswari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9(2), 190–196. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4326

Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2022). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359

Permasih, I., Abidin, Y. Z., & Ma’arif, A. A. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/584/98

Permini, N. L. P. E., & Atmaja, I. M. W. (2022). Peran Humas Dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah di Kabupaten Bandung. Jurnal MODERAT, 8(3), 620–632.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6

Rohmiyati, Y., Christiani, L., & Irhandayaningsih, A. (2020). Filter Informasi dalam Proses Penyebaran Informasi pada Pengguna Facebook Kategori Usia Remaja di Kota Yogyakarta. ANUVA, 4(1), 119–132.

Salaka, S. (2016). Evaluasi Kegiatan Media Relations PT. Pembangkitan Jawa-Bali Tahun 2015. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1–12.

Setyoko. (2015). Peran Dan Strategi Humas (Public Relation) Di Institusi Perguruan Tinggi Vokasi. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa …, 11(1), 41–45. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/orbith/article/view/370

Silalahi, U. (2010). Metode penelitian sosial. PT Refika Aditama.

Sundari, D., & Hartono, T. (2020). Aktivitas Humas Pengadilan Agama Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 79. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.9907

Syafaat, M., & Wahyudin, D. (2020). Analisis Implementasi Digital Public Relations Pada Konten Instagram @Alaminuniversal. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 1–12. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom

Syukran, M., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan. (2022). Konsep Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Perwujudan Kepentingan Manusia. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 9(1), 95–103.

Toding, B. (2017). Hubungan Tugas Kehumasan Dengan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Biro Humas Dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. E-Journal Ilmu Komunikasi, 5(1), 207–220. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/02/JURNAL (02-24-17-02-43-53).pdf

Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Yossa, S., & Zunaidah. (2013). Analisis Pengaruh Kemampuan Karyawan, Pembagian Tugas, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 11(4), 263–286.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.24076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id