E-MARKETING AKUN INSTAGRAM @INFO.BARANGBEKASPEKANBARU SEBAGAI PLATFORM BARANG BEKAS DI KOTA PEKANBARU

Muhammad Yandra, Assyari Abdullah

Abstract


Tingginya penggunaan media sosial instagram dengan jumlah pengguna mencapai 84,8% dari total populasi penduduk di Indonesia mampu menunjang kegiatan e-marketing. Paid promote merupakan model bisnis e-marketing yang menyediakan promosi brand/jasa. Salah satu akun instagram yang memanfaatkan peluang sebagai tempat penyedia jasa paid promote adalah akun instagram @info.barangbekaspekanbaru. Tujuan penelitian ini yaitu unutk mengetahui bagaimana e-marketing yang dilakukan akun instagram @info.barangbekaspekanbaru sebagai platform paid promote barang bekas di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun instagram @info.barangbekaspekanbaru berhasil menggunakan paid promote sebagai strategi e-marketingnya dengan memenuhi 7 elemen dalam bauran pemasaran. Instagram menjadi platform e-marketing yang dilakukan dengan menggunakan beberapa fiturnya untuk mempromosikan barang bekas dalam bentuk foto dan video serta dengan deskripsnya. Sehingga menciptakan kesadaran merek dan menumbuhkan minat terhadap penggunaan paid promote barang bekas di Kota Pekanbaru.


Keywords


E-Marketing, Instagram, Paid Promote

Full Text:

PDF

References


About Instagram. (t.t.).2022, https://about.instagram.com/features/reels

Akbar, A. (2023, Mei). Wawancara Informan Tambahan [Komunikasi pribadi].

Arifah, N. P., & Mustikarini, C. N. (2016). Paid promote sebagai media promosi produk Delicy dalam meningkatkan konsumen potensial. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(3), 307–313.

Fahmi, M. N. (2019). Endorse dan paid promote Instagram dalam perspektif hukum Islam. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 1(1), 1–27.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Gunelius, S. (2011). Content Marketing For Dummies. John Wiley & Sons.

Gustria Winda, W. (2023, Mei). Wawancara Informan Tambahan [Komunikasi pribadi].

Indra Gunawan, W. (2023, Mei). Wawancara Informan Tambahan [Komunikasi pribadi].

Jenis-Jenis Pemasaran Online. (2023). Dreambox. https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/pelajari-jenis-jenis-pemasaran-online-untuk-merintis-usaha/

Juni Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. CV Pustaka Setia.

Kemp, S. (2022, Februari 15). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kom, S. S. S. (2013). Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula: Untuk pemula. Lembar Langit Indonesia.

Kotler, P., & Amstrong. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. Pearson Education.

Kurniawan, S. C., & Riyanto, S. (t.t.). Implementasi Aplikasi Pengelolaan Penjualan Barang Bekas Online Berbasis Android Pada Tian Shop-Madiun. 7.

Kusmiati, M. (2021). Komunikasi Pemasaran Instagram @7islami_news Sebagai Media paid Promote Dalam Meningkatkan Konsumen Potensial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mkwizu, K. H. (2020). Digital marketing and tourism: Opportunities for Africa. International Hospitaly Riview, 34.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Remaja Rosdakarya.

Naldi, E. (2023, Mei). Wawancara Informan Utama [Komunikasi pribadi].

Nugrahani, M.Hum., Dr. F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Peneltian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Paid Promote; Pengertian, Cara kerja, dan Manfaatnya. (t.t.). Kumparan. Diambil 20 Januari 2023, dari https://kumparan.com/berita-bisnis/paid-promote-pengertian-cara-kerja-dan-manfaatnya-1zDeptUGStI/full

Philip, K., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 ed.). Pearson Education.

Prayoga, Y. (2023, Mei). Wawancara Informan Tambahan [Komunikasi pribadi].

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. 7(1).

Rahmadani, N. (2021). Digital Marketing Selebgram @hannanadya Dalam Melakukan Endorse dan Paid Promote Pada Olshop Havefunstore. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ramadhan, M. F. (2023, Mei). Wawancara Informan Tambahan [Komunikasi pribadi].

Riyadi, H. (2022). Pengertian Instagram Beserta Sejarah dan Fungsi Instagram yang Wajib Diketahui Pengguna Internet. https://www.nesabamedia.com/pengertian-instagram/

Santoso, A. P., Baihaqi, I., & Hakim, J. A. R. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. 6(1), 5.

Yulianita, N., & Karim, I. Y. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i2.23536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id