OPTIMALISASI STRATEGI BERBASIS SOAR UNTUK PENINGKATAN PARTISIPASI KEAGAMAAN DAN SOSIAL REMAJA MASJID: STUDI KASUS IRMI AL-ITTIHAD PEKANBARU
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Strategi Organisasi IRMI dalam meningkatkan Kegiatan Keagamaan dan Kegiatan Sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan Analisis SOAR untuk merumuskan strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal organisasi. Pembahasan hasil penelitian ini adalah mendapatkan strategi untuk direkomendasikan kepada IRMI yang berupa rekmendasi strategi Strength-Aspiration (SA) Mengelola secara maksimal, citra baik, prestasi, program, bakat dari segi sumber daya manusia, yang sudah ada untuk menarik minat remaja, perhatian donatur serta Aparatur Sipil Negara daerah sekitar. Strategi Opportunities-Aspiration (OA) Menambah program kegiatan bidang yang ada, menambah bidang yang baru agar Kegiatan IRMI lebih menarik. Strategi Strength-Result (SR) Menjaga kolaborasi dan kerja sama dengan organisasi remaja masjid lain yang terjalin baik sehingga relasi, inovasi, kreasi dan kualitas meningkat. Strategi Opportunities-Result (OR) Menggunakan jangkauan luas media sosial sebagai pemanfaatan untuk peningkatan kualitas-kuantitas program, fasilitas, dan semua sumber daya. Jadi Rekomendasi di atas akan direkomendasikan kepada IRMI untuk meningkatkan kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial di Masjid It-tihad Kota Pekanbaru.
Kata kunci: Strategi, Organisasi, SOAR.
Abstract
The aim of this research are To find out the strategy of IRMI in increasing Religious and Social Activities. The research method is descriptive qualitative. The data analysis carried out by using the SOAR Analysis approach to formulate strategy that was appropriate to the internal and external conditions of the organization.The results of this research get strategies to be recommended to IRMI in the form of a recommendation for Startegy of Strength-Aspiration (SA) to manage optimally, good image, achievements, programs, talents in terms of existing human resources to attract the interest of teenagers, donors’ attention and the State Civil Apparatus in the surrounding area. Strategy of Opportunities-Aspiration (OA) add a new activity program and make activities more interesting for It tihad youth mosque activities. Strategy of Strength-Result (SR) maintaining good collaboration and cooperation with other mosque youth organizations into good relationships, innovation, creation and quality improvement. Strategy of Opportunities-Results (OR) use wide reach of social media as a means of improving the quality-quantity of programs, facilities and all resources. All strategies above will be recommended for IRMI Activist to increase religious and social activities at the It-tihad Mosque in, Pekanbaru
Keywords: Strategy, Organization, SOAR
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar. (2024). Wawancara Bersama Seksi Pendidikan IRMI.
Alif, M. (2024). Wawancara Bersama Ketua organiasasi IRMI.
Arlina, A., Azhari, R. A., Sari, L. E., Aulaz, I., Rafi, M., & Nuhdin, N. (2023). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Pengamalan Agama di Masjid Burhanuddin Medan Estate. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2963–2967. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1978
Cahya, N. C. (2024). Wawancara Bersama Remaja Non Anggota IRMI.
Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Fatah, A. (2018). REMAJA IDEAL PILAR PERADABAN (Telaah Moralitas, Religiusitas, dan Hasil Penelitian).
Fauqiyah, E. (2010). Hubungan Religiusitas dengan Happines pada Remaja Panti Asuhan. Skripsi.
Fida, W. N. (2021). Strategi Kepemimpinan Remaja Masjid Nurul Huda dalam Meningkatkan Keaktifan Kegiatan Keagamaan terhadap Perubahan Perilaku Sosial Remaja. Journal Social of Islamic Education Policy, 2(2).
Fitriani, M., Maghfiroh, N., Janari, D., Ridwan, M., Purnomo, A., Jurusan, ), Industri, T., & Industri, F. T. (n.d.). Analisis SWOT untuk Digitalisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Kerajinan Bambu.
Hablul, M. H., Suharman, & Rini, P. A. (2018). Religiusitas Kontrol Diri & Agresivitas Verbal Remaja. Psikologi, 27(2).
Haris, M. (2024). INTERAKSI SOSIAL DAN JARINGAN EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DALAM KONTEKS PERUBAHAN EKONOMI LOKAl. Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 9(1), 84–98.
Haris, M., Adilah, A. R., & Laksana, B. I. (2023). TIGA STRATEGI KOMUNITAS GENKOMPAK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING GENERASI MUDA. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 14(2), 123–133.
Indrayana, S. (2024). Wawancara Bersama Bapak Sekretaris Masjid.
Kasmir, B. U. (2024). Wawancara Bersama Ketua RT.001.
Lestari, mutiara dewi. (2021). Pengaruh Kegiatan Remaja Islam Masjid (RISMA) Terhdap Prilaku Beragama dan Sikap Toleran di Masjid Mukhlisin Kelurahan Panorama Kota Bengkulu.
Mas’od, M. M., Anshori, A. M., Haris, M., Zahrina, S., & Kunci, K. (2024). PEMAHAMAN REALITAS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT MELALUI RISET AKSI PARTISIPATIF. Jurnal Dakwatul Islam, 9(1). https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/DakwatulIslam
Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Nurhidayat. (2021). Strategi Dakwah Remaja Masjid Al Hidayah dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan di Desa Bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi Manajamen Dakwah UIN Alauddin Makasar.
Sesarani, C. (2024). Wawancara Bersama Anggota Organisasi IRMI.
Soraya, A. (2024). Wawancara Bersama Remaja Anggota IRMI.
Strauss, A. , & C. J. (2003). Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Subangkit, A. (2017). Organisasi Sosial Remaja Masjid dalam Perspektif Teori Interaksi Sosial (Studi Kasus Remaja Masjid Dusun Turirejo, Desa CangkringMalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan). Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, Skripsi.
Suciati, R., Utami, K., & Jaya, B. P. M. (2021). Analisa SWOT Strategi Digitalisasi pada Era New Normal untuk Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera, Indonesia. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 63–83. https://doi.org/10.37470/1.23.1.178
Tsani, M. R. (2022). Strategi Dakwah Melalui Media Sosial Instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak. Skripsi Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Wibowo, J. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Ikan dalam Proses Panen. Jurnal Kualitas Produk Perikanan, 8(2), 89–102.
Winarti, A. (2024). Wawancara Bersama Remaja Non Anggota IRMI.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v10i1.33587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : madani@uin-suska.ac.id