ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL NILAI-NILAI DAKWAH PADA KISAH PENYEMBELIHAN ISMAIL AS

Ginda Harahap

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta tentang nilai-nilai komunikasi dakwah yang menjadi muatan dari kisah penyembelihan Ismail as, oleh ayahnya Ibrahim as, dalam buku Tarikh Islam yang menjadi referensi wajib bagi siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah atau MDTA di Kota Pekanbaru.  Penelitian ini bercorak Library research, dengan pendekatan analisis semiotika komunikasi. Dalam  pengumpulan data, sebagaimana  penelitian kepustakaan digunakan, kartu kutipan, kartu Ihtisar, dan kartu ulsasan, untuk memudahkan pengklasifikasian dan pengkodean data. Tahapan analisis data yang dilakukan, reduksi data, display data, Veryfycation (penarikan kesimpulan secara induktif. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa, pada Medan Wacana (Field of discourse)  penyajian kisah penyembelihan ini dibumbui dengan kata-kata yang merupakan imajinasi penulis, dan pada bagian Pelibat wacana  (Tenor of discourse ) ditemukan pelakunya adalah Ibrahim as, Ismail as, dan Hajar. Sementara itu pada Sarana Wacana  (Mode of discourse) ditemukan penggunaan gaya bahasa yang bervariasi seperti gaya bahasa “klimaks”,  “disfemisme” dan  hyperbola. Kesimpulan akhirnya penyajian  kisah tersebut menggunakan gaya bahasa yang kurang sesuai dengan aspek psikologis anak-anak, dan  penyajian kisah tersebut tidak banyak memuat  nilai-nilai komunikasi dakwah..

 

Kata kunci: Semiotika sosial, Nilai-nilai Komunikasi Dakwah, penyembelihan Ismail.

 

Abstract

This study aims to find facts about the values of da'wah communication that are contained in the story of the slaughter of Ismail as, by his father Ibrahim as, in the book Tarikh Islam which is a mandatory reference for students of Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah or MDTA. This study is a library research, with a communication semiotic analysis approach. In data collection, as in library research, quotation cards, summary cards, and review cards are used, to facilitate data classification and coding. The stages of data analysis carried out, data reduction, data display, Verification (drawing conclusions inductively). From the research conducted, it was found that, in the Field of Discourse, the presentation of the story of the slaughter was spiced with words that were the author's imagination, and in the Tenor of discourse section, the perpetrators were Ibrahim as, Ismail as, and Hajar. Meanwhile, in the Mode of Discourse, the use of various language styles was found, such as the "climax", "dysphemism" and hyperbole. The final conclusion is that the presentation of the story uses a language style that is less appropriate to the psychological aspects of children, and the presentation of the story does not contain many values of da'wah communication.

 

Key words : Social semiotics, the values of da'wah communication, the slaughter of Ismail.


Keywords


Semiotika sosial, Nilai-nilai Komunikasi Dakwah, penyembelihan Ismail

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, (2002) Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, AnalisisSemiotika, Analisis Framing, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arbi, A. (2012). Psikologi komunikasi dan tabligh. Penerbit AMZAH.

Baitin Purba. MA. (2022). Tarikh Islam (Tim Editor (ed.); pertama). Pustaka Mafatih.

Eric bin Kisam (2017) Ishmael dalam narasi kitab suci Yahudi dan Islam (Part VI) – Dimana Lokasi Hijr Al-Hijaz dan Al-Jafar dalam Targum Saadia?

https://yeshivainstitute.wordpress.com/2017/03/20/ishmael-dalam-narasi-kitab-suci-yahudi-dan-islam-part-vi-dimana-lokasi-hijr-al-hijaz-dan-al-jafar-dalam-targum-saadia/

Fitria, R., & Aditia, R. (2019). Prospek dan Tantangan Dakwah Bil Qalam sebagai Metode Komunikasi Dakwah. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(2), 224. https://doi.org/10.29300/syr.v19i2.2551

Fitria, R., & Aditia, R. (2020). Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(1), 2–4.

Ginda Harahap. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29, 143–160.

Muhtadi, A. S. (2016). Komunikasi Dakwah Teori, Pendekatan, dan Aplikasi.

Suhandang, K., & Kuswandi, E. (2013). Ilmu Dakwah: Perspektif Komunikasi.

wahjuwibowo MSi, I. S. (2019). Semiotika Komunikasi Edisi III: aplikasi praktis untuk penelitian dan skripsi komunikasi. Rumah Pintar Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v9i2.33109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

      

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : madani@uin-suska.ac.id