Optimalisasi Koperasi sebagai Instrumen Pemberdayaan masyarakat desa

Ginda Ginda

Abstract


Artikel ini ditulis untuk membagi informasi tentang urgensi  institusi koperasi sebagai salah satu lembaga pemberdayaan ekonomi ummat khususnya di masyarakt pedesaan. Karakteristik koperasi yang demikian spesifik dengan keunggulan dimensi kolektivitas, dan  prinsip self help, self management dan self control  serta   prinsip dual identity (masyarakat sebagai pemilik dan nasabah/pelanggan) menjadikan koperasi relevan dengan kehidupan sosial masyakat desa. Prinsip-prinsip dasar koperasi ini  sekaligus menjadi   modal penting  dan merupakan  pintu masuk  dalam struktur ekonomi desa dan menjadikan koperasi sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat desa yang efektif, efisien, dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi koperasi.


Keywords


Kata Kunci : Optimalisasi, Koperasi, pemberdayaan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Bashith, 2008 Islam dan Manajemen Koperasi, Malang, UIN Malang Press. Camelia Fanny Sitepu, Hasyim, (2018) Perkembangan Ekonomi Koperasi di Indonesia, Niagawan, Vol.7 No.2 Juli , p-ISSN: 2301-7775 e-ISSN: 2579-8014.

Ginda. Harahap, 2017, Koperasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Depok, Jakarta, PT.Radjawali Perss

Hendar dan Kusnadi, 1999, ekonomi Ekonomi Untuk Perguruan tinggi,Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Muhammad Hatta, 1997, membangun Koperasi dan Koperasi Membangun, Kumpulan pidato Koperasi, Jakarta, Inti dayu Press.

Nihayatus Sholichah & Mesak Paidjala (2017), Peran Koperasi dalam RangkaPemberdayaan ekonomi Masyarakat Terpapar Pada Kawasan Rawan bencana di Wilayah kabupaten Tuban, Asketik, Vol.1 No. 1 Juli Universitas Dr.Sutomo Surabaya.

Oos M Anwas, 2013, Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global ,Bandung: Alfabeta. Pandji anorogo, 1995, Manajemen Koperasi , Teori dan Praktek, Jakarta, Pustaka

Jaya.

Totok Mardikanto, 2013, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik Bandung: Alpabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v5i2.11686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

      

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : madani@uin-suska.ac.id