Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja Sama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran bisnis haji dan umroh di PT Firdaus Mulia Abadi, dengan fokus pada upaya mempertahankan keunggulan kompetitif dan memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin kompleks. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dengan manajemen PT Firdaus Mulia Abadi, observasi, dan analisis dokumen terkait strategi pemasaran yang telah diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Firdaus Mulia Abadi telah mengadopsi strategi pemasaran yang berfokus pada komunikasi yang efektif dengan konsumen, peningkatan layanan berkualitas, dan penggunaan teknologi modern. Implementasi strategi pemasaran tersebut memberikan dampak positif terhadap kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT Firdaus Mulia Abadi, memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap perusahaan ini dan merasakan manfaat dari ibadah yang mereka lakukan. Selain itu, perusahaan ini juga berhasil membedakan diri dari pesaing dengan menawarkan nilai tambah yang unik, seperti penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi, P. F. M. (2023). Company Profile. www.firdaustour.com Youtube
Abdul, R., Haura, A., Sari, D. P., & Faluthamia, M. A. (2022). Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji dan Umrah IB pada BTN KCPS Tangerang. Madani Syariah, 5(1), 43–58. https://stai-binamadani.e-journal.id/madanisyariah
Awaludin, A. A., & Hakim, A. K. (2023). Analisis Strategi Survival Pada Bisnis Travel Haji dan Umrah Saat Pandemi Covid-19 Di Shafira Tour & Travel. Jurnal Of Islamic Management, 3(1), 4.
Fahluroji, A. A. (2015). Strategi Pemasaran Program Umroh dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Jamaah pada esq tours and travels 165. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fazri, A., Faisal, M., & Maulina, P. (2022). Manajemen Islam dalam E-Commerce: Studi Tentang Strategi Komunikasi Profetik. Idarotuna, 4(2), 98. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i2.16853
Fitri, H. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Hidayah, D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran PT. Asyesa (Hasanah Tour & Travel) Cabang Tanah Datar. Institusi Agama Islam Negeri Batusangkar.
Hidayat, A., & Pradesa, D. (2022). Mengelola Organisasi Dakwah Dalam Situasi Pandemi Dengan Karakter Kewirausahaan. Idarotuna, 4(2), 112. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i2.16883
Jaya, A. P. (2022). Strategi Pemasaran Produk Umrah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Jamaah pada Travel Rizkia Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Jayanti, S. H., Nizaruddin, & Hotman. (2021). Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan pada Jemaah Umrah (PT Garislurus Lintas Semesta Travel Umrah dan Haji Plus. 1(1), 77.
Maharani, M. U., Sadiah, D., Mujib, A., & Mulqiyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Biro Perjalanan Haji dan Umroh dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah. MABRUR: Academic Journal of Hajj and Umra, 1(6), 87. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/mabrur%0AStrategi
Maharani, M. U., Sadiah, D., & Mulqiyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Biro Perjalanan Haji dan Umroh dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah. MABRUR, 1(6), 85–106.
Moh. Hafid, A., & Hasan, K. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis Pasar di PT. Ash Shofwan Grup Tour Haji dan Travel. Jurnal Al-Idārah, 4(1), 140.
Mukhtar, M. L., Hayati, C., & Fatchurrohman, M. (2021). Strategi Pemasaran Travel Haji dan Umrah PT Nur Ramadhan Wisata Cabang Surabaya dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat. Jurnal Ekomania, 7(2).
Nazaruddin, H. M. N., Hidayat, R., & Andreas, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan dalam Upaya Peningkatan Kualitas Daya Saing Biro Perjalanan Haji dan Umrah Prospektif Ekonomi Syari’ah. 8(1), 104.
Noviyanti, D. (2015). Pentingnya Implementasi Strategi Pemasaran Bagi Travel Haji dan Umroh di Banjarmasin. Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 28.
Nurfauzia, V., & Fikriyah, K. (2020). Implementasi Strategi Pemsaran pada Biro Perjalanan Umrah dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 89. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p82-95
Rafli, A. (2020). Strategi Pemasaran Tour dan Travel Haji dan Umrah Dalam Menarik Minat Calon Jama’ah pada PT. AL-Multazam Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.
Rifai, M. S., Hastuti, S. W. M., & Daroini, A. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Real Estate Di PT Mitra Karya Makmur Jaya Tulungagung Mohammad. Otonomi, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Sahbana, P. M. (2020). Strategi Pemasaran PT Muhibbah Mulia Wisata Tour dan Travel Pekanbaru dalam Meningkatkan Jumlah Calon Jamaah Haji Khusus di Kota Pekanbaru (Vol. 1). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sri Irsanti, H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Calon Jamaah Umrah di PT. Saudi Amanah Wisata Makassar Tahun 2022. UIN Alauddin Makassar.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vivi Nurul Afidah, & Romli, S. (2019). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji dan Umrah Merekrut Jamaah di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 1(3), 198.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.24600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id
Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.