Mengelola Organisasi Dakwah Dalam Situasi Pandemi Dengan Karakter Kewirausahaan

Ahmad Hidayat, Dedy Pradesa

Abstract


Tulisan ini berangkat dari fenomena panjangnya pandemi Covid-19 yang berdampak pada organisasi dakwah. Organisasi dakwah tidak hanya dituntut bisa beradaptasi, tetapi juga bangkit, dan berinovasi. Karakter kewirausahaan menjadi penting dihidupkan pada situasi demikian. Tujuan studi ini adalah menjelaskan bagaimana mengelola organisasi dakwah saat pandemi dengan karakter kewirausahaan.  Metode studi bersifat kualitatif pustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa persoalan pandemi tidak hanya terkait media dakwah, tetapi juga mentalitas SDM agar bisa bangkit dan berinovasi. Untuk itu nilai-nilai kewirausahaan sangat relevan bagi pengelolaan organisasi dakwah. Nilai kewirausahaan tidak hanya dibutuhkan organisasi pada situasi pandemi, tetapi juga setelahnya dan ketika organisasi sudah besar. Pengelolaan organisasi dakwah dengan karakter kewirausahaan adalah dengan menjadikan mindset dan sikap kewirausahaan sebagai nilai-nilai dan norma yang disepakati dalam organisasi dakwah. Pembangunan budaya dan kepemimpinan kewirausahaan menjadi kunci dalam proses pengelolaan tersebut.


Keywords


Organisasi Dakwah, Kewirausahaan, Budaya dan Kepemimpinan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Affandy, S. (2018). Paradigma Etis dan Metodologis bagi Dakwah Strategis. Jurnal Kajian dan Pengembangan Manajemen Dakwah, 08(01), 1–26.

Akbar RA dan Sihab BA. (2020). Kepemimpinan Kewiraushaan Dalam Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Leadership & Organization Development Journal, 12(7), 28–31.

Al-Warisyi, I. (2002). Dakwah Illahiah - Jalan Dakwah Tujuh Rasul Allah dalam Memperbaiki Masyarakat Jahiliyah. Surabaya: Yayasan Al-Kahfi.

Alimuddin, A., SUpriadi, A., Enas, U., Aziz, F., & Dewi, K. T. sari. (2021). Kewirausahaan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan Rekayasa Akademik Melahirkan Entrepreneurship (M. Rifai, Ed.). Medan: Perdana Publishing.

Cahayani, A., & Gunawan, A. S. (2021). Important Entrepreneurial Characteristics to Survive in the Covid-19 Pandemic Era ( Case Study on Alumni Business Administration Program of Atma Jaya Catholic University of Indonesia ). 686–694.

Darwis, M. (2017). Entrepreneurship dalam Perspektif Islam: Meneguhkan Paradigma Pertautan Agama dengan Ekonomi. Iqtishoduna, 6(1), 190–221.

Dewi Purwanti. (2014). Dakwah dan Kewirausahaan (Studi Kasus di PT . Pustaka Rizki Putra Semarang). UIN Walisongo Semarang.

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal Dan Strategi Bertahan Umkm Dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha Di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240.

Fauzi, A., & Maghfiroh, E. (2020). Problematika Dakwah Ditengah Pandemi Covid-19. Al-Hikmah, 18(1), 23–32. Diambil dari http://alhikmah.iain-jember.ac.id/

Gunawan, A. W. (2007). The Secret Of Mindset. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, J. (2020). Tantangan Dan Arah Dakwah Di Tengah Ancaman Pandemi Covid-19. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 3(2), 46–60. Diambil dari https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/7919

Husna, A. N. (2018). Konseptualisasi Karakter Wirausaha : Studi Literatur. The 7th University Research Colloquium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 315–324.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2021). Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus DIsease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Jakarta.

Kementrian Agama RI. (2007). Bukhara Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Syaamil Quran.

Kesuma, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Market Orientation dan Innovation Product Terhadap Market Performance Saat Pandemi Covid-19. Journal of Kinerja, 18(2), 239–247.

Kurniawan, A. W. (2013). Konseptualisasi Entrepreneurial Leadership. Senima 3, (Senima 3), 450–454. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kusdi. (2011). Budaya Organisasi: Teori, Penelitian, dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Lubis, M. R., Ismail, Marpuah, Rabitha, D., Malihah, F., Adnan, N., & Abdaloh, D. (2020). Dinamika Aktivitas Keagamaan di Masa Pandemi (L. Hakim & Ismail, Ed.). Jakarta: Litbangdiklat Press Kemenag RI. Diambil dari https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/assets_front/pdf/1613365778Dinamika_Aktivitas_Keagamaan_di_Masa_Pandemi.pdf

Mukoffi, A., & As’adi. (2021). Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Kecanggihan Teknologi terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Paradigma Ekonomika, 16(2), 235–246.

Nasrudin, M. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat (Studi Di Kampung Sidoluhur Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah) (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung). Skripsi, UIN Raden Intan Lampung. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/15727/1/SKRIPSI BAB 1%265.pdf

Nursalikah, A. (2020). MUI: Platform Digital Sarana Utama Berdakwah Saat Pandemi. Diambil 24 September 2021, dari Republika.co.id website: https://www.republika.co.id/berita/qh5py4366/mui-platform-digital-sarana-utama-berdakwah-saat-pandemi

Nursanti. (2014). Peranan UIN Alauddin Makassar dalam Mengembangkan Sikap Mental Kewirausahaan Mahasiswa. UIN Alauddin Makassar.

Palomargareta, G., & Amrullah, M. (2021). Da ’ wah of the Muhammadiyah Student Association in Tanggulangin District during the Covid 19 Pandemic [Dakwah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kecamatan Tanggulangin di Masa Pandemi Covid 19]. Proceedings of The ICECRS, 10. Diambil dari https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1177

Prakoso, B., Anwar, H., & Mualimin. (2021). Merespon Covid-19: Manajemen Dakwah Masjid Raya Darussalam Palangkaraya Masa Pandemi. Anida: Jurnal Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 21(1), 1–20.

R. Agoes Kamaroellah. (2014). Pengantar Budaya Organisasi (Konsep, Strategi Implementasi, dan Manfaat). Surabaya: Pustaka radja.

Ripin, M. N., & Yusof, Z. M. (2018). Keusahawanan Dakwah berdasarkan Kisah Anbiya dalam Al-Quran. UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 5(1), 14–29.

Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Saputra, M. N. A. (2021). Karakter Entrepreneur dalam Islam. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 25–48. Diambil dari http://www.wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/149

Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., & Rahmawati, S. T. (2021). Kegiatan & Program Dakwah selama Pandemi (Studi Lapangan Masjid Jami ’ Al Azhar Jakapermai , Kota Bekasi ,. Prosiding Kegiatan dan Program Dakwah Masjid Al-Ahzar, 1–8.

Setiawan, J. L. (2008). Pembangunan Bangsa melalui Pembangunan Karakter Entrepreneurship: Peran Psikologi, Pendidikan dan Masyarakat. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v4i2.16883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.