Manajemen Islam dalam E-Commerce: Studi Tentang Strategi Komunikasi Profetik

Anhar Fazri, Muhammad Faisal, Putri Maulina

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia, khususnya dalam bidang sosial ekonomi. Perubahan transaksi dalam bidang ekonomi saat ini sudah beralih ke dalam e-commerce. Namun, di sisi lain, e-commerce menghadapi persoalan baru, terutama terkait strategi komunikasi dalam memasarkan produk-produknya. Tulisan ini berupaya menghadirkan alternatif manajemen Islam, terutama pada aspek komunikasi profetik. Komunikasi profetik menjadi komponen penting dalam memasarkan produk secara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian pustaka (Library Research) berupa buku-buku dan sumber referensi online seperti website. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa konsep komunikasi profetik belum sepenuhnya diimplementasikan dalam beberapa transaksi e-commerce. Namun, dalam transaksi e-commerce tertentu, seperti Shoppe misalnya, mereka telah mengimplementasikan beberapa konsep komunikasi profetik seperti bersedia melayani dan menerangkan transaksi kepada konsumen melalui interaksi online (chat).

Keywords


Communication Strategy, E-Commerce, Al-Quran and Hadith

Full Text:

PDF

References


Agustin, H. (2018). Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2045

Anantyasari, M., & Hamdani, M. K. (2021). Komunikasi Profetik dalam Manajemen Pemasaran Pada Jual-Beli Online Perspektif Syariah. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 19(1), 30–42.

DailySocial.id. (2021). Memahami Apa itu E-commerce dan Perkembangannya di Indonesia. DailySocial.Id. https://dailysocial.id/post/memahami-apa-itu-e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia

Fauziah, F. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” dalam Meningkatkan Penjualan. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 45–53.

Harahap, S. (2017). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 11(3), 287–301.

Hidayah, A. (2019). Jual Beli E-Commerce Dalam Persfektif Hukum Islam. Solusi, 17(1), 84–93.

Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Mizan.

Kasmi, A. N. C. (2017). Penerapan E – Commerce Berbasis Business To Consumers untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual, 15(2), 109–116.

Khusnul Khotimah. (2019). Urgensi Komunikasi Profetik Pustakawan Pada Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Komunika, 2(2), 82–110.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1–9.

Melgiana Medah. (2009). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Partner, 16(1), 74–81.

Muttaqin, A. (2011). Transaksi E-Commerce dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam. Ulumuddin, 7(1), 459–467.

Nadeem, S. (2011). Islamic Principles of Marketing. Paper Presentation.

Putra Boediman, E., & Lubis, A. (2016). Prinsip-Pinsip Islam Dalam Aktifitas Komunikasi Pemasaran Di Agen Perjalanan.

Putra, H. S. A. (2019). Pradigma Profetik Islam: Epistemologi Etos dan Model. Gadjah Mada University Press.

Riyadi, F. (2015). Urgensi Manajemen Dalam Bisnis Islam. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 65–84.

Rohman, A. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Inteligensia Media.

Srisusilawati, P., Ibrahim, M. A., & Ganjar, R. (2019). Komunikasi Pemasaran Syariah dalam Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 9(1), 65–71.

Sugeng, S. (2017). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 4(1), 143–156.

Syahputra, I. (2007). Komunikasi Profetik (Konsep dan Pendekatan). Simbiosa.

Tanjung, Y. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Integritas, 2(1), 32–42.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 3(1), 4-1–25. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/827




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v4i2.16853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.