Dakwah Anti Riba di Youtube: Analisis Vlog Akun “Pecah Telur”

Suardi Suardi

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pesan dakwah dalam akun Youtube Pecah Telur. Dilihat dari segi pengkategorian pesan yang terbagi dalam kategori isi dan bentuk. Kategori isi meliputi akidah, syariah dan akhlak. Sedangkan kategori bentuk penyajian meliputi informatif, persuasif dan koersif. Untuk mengungkap fenomena tersebut, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam akun Youtube ini terdapat pesan dakwah. Peneliti menemukan tiga bentuk penyajian pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif, bentuk penyajian persuasif dengan kata ajakan dan himbauan yang lebih dominan dibandingkan bentuk penyajian yang lainnya. Selanjutnya kategori isi, pesan tentang akhlak lebih dominan dibandingkan pesan syariah dan akidah terutama dalam hal anti riba.


Keywords


Pesan; Dakwah; Anti Riba; Youtube

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A, JN Mahameruaji, E Rosfiantika. (2018). Si Doel Anak Sekolahan, Sinetron Indonesia Paling Fenomenal (Tinjauan Ilmu Komunikasi Atas Sinetron Si Doel Anak Sekolahan). ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(2), 209-219.

Aminuddin. (2013). Dakwah Di Indonesia dan Eksistensinya Pada Era Modern. Al-Munzir, 6(1), 8-14.

Arbi, Armawati. (2003). Dakwah Dan Komunikasi. UIN Jakarta Press.

Aziz, Moh. Ali. (2004). Ilmu Dakwah. Kencana.

Aziz, Muhajir Sulthonul. (2020). Aktualisasi Nilai Dakwah Dalam Konten Stand Up Comedy Di Youtube. Wasilatuna: Jurnal Komunikasi, 3(2), 36-50.

Cahyono, Guntur dan Nibros Hassani. (2019). Youtube: Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran. Al-Hikmah, 13(1), 23-38.

David, Eribka Ruthellia, Mariam Sondakh, and Stefi Harilama. (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 6(1).

Djati Kurnia Yahya, Yuangga, Syamsul Hadi Untung, and Indra Ari Fajari. (2020). Da’wah Di Youtube: Upaya Representasi Nilai Islam Oleh Para Content-Creator. Anida, 20(1), 1-22.

Effendy, Onong. (2015). Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Fakhruroji, Moch. (2019). Dakwah Di Era Media Baru. Simbiosa Rekatama Media.

Fitria, Dita, Siti Sumijaty, Encep Taufik Rahman. (2021). Dakwah Kuliner (Analisis Pesan Dakwah Dalam Channel Youtube Hobby Makan). Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(2), 143–57.

Hajar, Ibnu. (2018). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar (Analisis Sosial Media). Jurnal Al-Khitabah, 5(2), 79-94.

Hamdan, Hamdan, and Mahmuddin Mahmuddin. (2021). Youtube Sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 63–80.

Hootsuite. (2021). “Top 100 Youtubers Channels in Indonesia - Socialblade Youtube Stats | Youtube Statistics.” We Are Social. https://socialblade.com/Youtube/top/country/id (February 21, 2022).

Ilahi, Wahyu & Kamsyah, A. (2010). Komunikasi Dakwah. Remaja Rosda Karya.

Ipandang, Ipandang, and Andi Askar. (2020). Konsep Riba Dalam Fiqih Dan Al-Qur’an : Studi Komparasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 19(2): 1080–90.

PecahTelur - Youtube. https://www.Youtube.com/c/pecahtelur (February 22, 2022).

Rakhmat J. (2012). Teori-Teori Komunikasi: Perspektif Mekanistis, Psikologis Dan Pragmatis . Remaja Rosda Karya.

Ramdani, Lukman et al. (2017). Pesan Dakwah Dalam Buku Humor Karya Mustofa Bisri. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1), 46-67.

Saputra, Andi. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses And Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 207-216.

Sugiono, Shiddiq, and Irwansyah Irwansyah. (2019). Vlog Sebagai Media Storytelling Digital Bagi Tokoh Publik Pemerintahan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23(2): 115–34.

Tirto.id. “7 Dari 10 Youtubers Yang Populer Di Indonesia, Muncul Dengan Konten Bergenre Video Blogging Atau ‘Vlog,.’”

Widjaja, A W. (1986). Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Bina Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v3i3.16498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.