ANALISIS KENDALI MUTU DALAM PADA PRODUKSI KANGTONG PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DI PT. X

Azra Hazirah, Fajar Fadhilah Mondri, Iffa Ikhwatunnisa, Syarifah Hidayah

Abstract


Saat ini dunia industri memegang peran penting dalam era produksi di Indnesia. Dalam menghadapi persaingan dunia industri yang ketat, perusahaan saling berlomba – lomba dalam memberikan pelayanan dan kualitas yang baik dari produksinya. Hanya perusahaan yang mempunyai daya saing tinggi yang dapat bertahan di dalam usaha meningkatkan keuntungan. Dalam dunia perindustrian, kualitas atau mutu produk dan produktifitas adalah kunci keberhasilan bagi berbagai sisitem produksi. Keduanya merupakan kriteria kinerja perusahaan yang sangat penting bagi perusahaan yang berorientasi keuntungan. PT. X adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri dan perdagangan, yang memproduksi kantung plastik berdasarkan pesanan atau PO (preorder). Dalam perusahaan ini memiliki beberapa divisi yang dibagi untuk aktivitas produksinya. PT. X . Berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan, dengan meningkatkan kualitas produk dengan cara melakukan pengawasan dalam setiap tahap produksi. Pengendalian kualitas yang baik dalam sebuah perusahaan akan mengurangi jumlah kerusakan pada setiap tahap produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian kualitas produksi dalam upaya mengurangi jumlah kerusakan produk pada PT. X . Metode penelitian yang digunakan metode SQC (Statistical Quality Control), dilakukan pada pada PT.X , jenis data yang diteliti adalah jenis data kuantitatif, yang merupakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh dari observasi langsung dan wawancara dari laporan – laporan manajemen perusahaan sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang isisnya berupa teori pendukungnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode SQC (Statistical Quality Control), dapat diterapkan pada pada PT. X  guna mengurangi jumlah kerusakan produk, di mana berdasarkan hasil diagram sebab akibat dapat diketahui penyebab utama terjadinya produk rusak berasal dari faktor manusia dan mesin , hasil ini memerlukan tindakan lebih lanjut dari perusahaan untuk meminimumkan jumlah produk yang rusak. 

References


Tampai, Y. S., Sumarauw, J. S., & Pondaag, J. J. (2017). Pelaksanaan quality control pada produksi air bersih di PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Andespa, I. (2020). Analisis Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Pada Pt. Pratama Abadi Industri (Jx) Sukabumi. E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, 2, 129.

Herdiansah, A., Borman, R. I., & Maylinda, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 13-24.

Hairiyah, N., Amalia, R. R., & Luliyanti, E. (2019). Analisis statistical quality control (SQC) pada Produksi roti di Aremania Bakery. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 41-48.

Hairiyah, N., Amalia, R. R., & Luliyanti, E. (2019). Analisis statistical quality control (SQC) pada Produksi roti di Aremania Bakery. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 41-48.

Elmas, M. S. H. (2017). Pengendalian kualitas dengan menggunakan metode statistical quality control (SQC) untuk meminimumkan produk gagal pada toko roti barokah bakery. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 15-22.

Supardi, S., & Agus Dharmanto, A. D. (2020). Analisis Statistical Quality Control Pada Pengendalian Kualitas Produk Kuliner. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, 6(2), 199-210.

Ramdani, L. M., & Al Faritsy, A. Z. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Produksi Base Plate R-54 Menggunakan Metode Statistical Quality Control Dan 5S. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(2), 85-97.

Absa, A. S. M., & Suseno, S. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Eq Spacing Dengan Metode Statistic Quality Control (SQC) Dan Failure Mode And Effects Analysis (FMEA) Pada PT. Sinar Semesta. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 183-201.

Hatani, L. (2008). Manajemen pengendalian mutu produksi roti melalui pendekatan statistical quality control (SQC). Jurnal Jurusan Manajemen FE UNHALU, 1(1).

Runtuwene, V. E., Massie, J. D., & Tumewu, F. (2017). Quality control analysis using statistical quality control at PT Massindo Sinar Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(02).

Susetyo, J. (2018). Pengendalian Kualitas Produk Kayu Lapis Menggunakan Metode Six Sigma & Kaizen Serta Statistical Quality Control Sebagai Usaha Mengurangi Produk Cacat. Jurnal Rekavasi, 6(2), 60-123.

Setiabudi, M. E., Vitasari, P., & Priyasmanu, T. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENURUNKAN JUMLAH PRODUK CACAT DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA UMKM. WARIS SHOES MALANG. Jurnal Valtech, 3(2), 211-218.

Mulyono, K., & Apriyani, Y. (2021). Analisis Pengendalian Qualitas Produk Dengan Metode Sqc (Statistical Quality Control). JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri, 2(1), 41-50.

Fadhilah, H. A., & Wahyudi, W. (2022). Analisa Pengendalian Kualitas Produk Packaging Karton Box PT. X dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC). Jurnal Serambi Engineering, 7(2).

Nurdinia, A., Salmia, L. A., & Kiswandono, K. (2021). PENGENDALIAN KUALITAS KERAJINAN KAYU DENGAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA UD. DUA PUTRA PUTRI. Jurnal Valtech, 4(1), 7-12.

Rahayu, P. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DI PLANT D DIVISI CURING PT. GAJAH TUNGGAL, Tbk. Jurnal Teknik, 9(1).

Qonita, N., Andesta, D., & Hidayat, H. (2022). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada Produk Kerupuk Ikan UD. Zahra Barokah. Jurnal Optimalisasi, 8(1), 67-75.

Arianti, M. S., Rahmawati, E., & Prihatiningrum, R. R. Y. (2020). Analisis pengendalian kualitas produk dengan menggunakan statistical quality control (SQC) pada usaha amplang karya bahari di Samarinda. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(2), 1-13.

Oktavia, A. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Pendekatan Statistical Quality Control (SQC) di PT. Samcon. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 11(2), 106-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/icopss.v2i2.28190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

Journal ICoPSS : Indonesian Council of Premier Statistical Science

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Website: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/icopsic
Official Email: ICoPremierStat@uin-suska.ac.id
Address: Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293
 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.