KONDISI SOSIO-HISTORIS DIBALIK TEKS PENGHARAMAN RIBA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEGAWAI BANK KONVENSIONAL
Abstract
Tulisan ini berupaya menyingkap kondisi sosio historis dibalik hadirnya teks-teks riba dalam Al-Qur’an dan Sunnah serta implikasinya terhadap pegawai Bank Konvensional. Berdasar perspektif sabab nuzu>l ayat-ayat riba ternyata pelaku utama praktek ribawi pra dan pasca Islam adalah kaum Yahudi. Setelah ayat 275 turun, umat Yahudi yang sudah beriman menarik pokok harta dan meninggalkan sisa ribanya. Aktornya adalah empat bersaudara dari Bani Tsaqif yakni Mas’ud, Abdiyalail, Habib, dan Rabi’ah. Keempatnya kemudian menuntut pokok hartanya saja pada Bani Mugirah. Tapi Bani Mugirah mengeluh dan meminta dispensasi tambahan waktu sampai dapat kelapangan. Karena keempatnya enggan memberi tunda, turunlah ayat 280 agar mereka mau memberi tunda. Bila habis masa tunda dan mereka tetap kesulitan, ayat 280 meminta mereka merelakan saja utang itu sebagai sedekah. Dalam perspektif sabab wuru>d, konteks yang disentuh oleh teks hadis lebih banyak riba fadhl (jual-beli) meski juga ada riwayat yang menyentuh riba nasi’ah. Pelaku ribanya rata-rata adalah sahabat Anshar dan Muhajirin. Seperti konteks ayat di atas, setelah itu para Sahabat beraubat. Bila konteks tersebut dipakai melihat aktifitas perbankan modern sebenarnya bank dapat dioperasikan tanpa menggantungkan diri pada bunga. Bukankah empat bersaudara dari Bani Tsaqif yakni Mas’ud, Abdiyalail, Habib, dan Rabi’ah yang mengutangkan uang kepada Bani Mugirah mampu meninggalkan sisa riba mereka setelah ayat 278 dan 279 surah al-Baqarah turun? Bahkan, umat Yahudi yang sudah beriman pun segera menarik pokok harta dan meninggalkan sisa ribanya. Mewabahnya pendirian bank-bank syari’ah dewasa ini menjadi bukti meyakinkan tentang bisanya dilakukan pemisahan antara bunga dan bank. Implikasi lainnya adalah memberi waktu dan kesempatan pada para pegawai di bank Konvensional yang menganut sistem bunga saat ini untuk tetap bekerja di bank tersebut sambil berupaya mencari lapangan pekerjaan baru atau menunggu adanya mutasi atau pembukaan aplikasi syariah oleh bank tersebut merupakan isyarat hukum yang dapat diambil dari pendekatan historis tersebut dengan tetap taat pada prinsip hukum Islam yaitu kondisi darurat ditetapkan sesuai kadarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhammad Ra’fat Sa’id, Asbab Wurud al-Hadits; Tahlil wa Ta’si, (Mesir: Dar Akhbar al-Yaum, 1994), h. 102-103.
Majduddin Muhammad bin Ya’qub al-Fairuz Abadiy, al-Qamus al-Muhit (Beirut: Dar al-Fikr, 1999), h. 1158 dan 1099.
Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqayis al-Lugah.
Jilid. 2, (Beirut: Dar al-Jayl, 1991), h. 483.
Ilmiy Zadah Faidhullah al-Husniy al-Maqdisiy, Fathu al-Rahman li Thalibi
Ayati al-Qur’an, (Indonesia: Maktabah Dahlan, t.th), h. 171.
http/pusatbahasa.kemdiknas.go.id “Program KBBI offline versi 1.3.” edisi.
III.
Sayyid Sabiq, Fiqhu al-Sunnah, Jilid. 3(Cet. III; Beirut: Dar al-Kitab al-
Arabiy, 1977), h. 130.
Wahbah al-Zuhailiy, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuh, Juz. 5 (Cet. IV; Damaskus: Dar al-Fikr, 1996), h. 3698.
Mahmud Manshur, al-Riba fi al-Syari’ah al-Islamiyyah wa al-Qanun, (Cairo:
Dar Harra, t.th), h. 32.
Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkan Min al-Qur’an, Juz. 1 (Cet. I; Beirut: ‘Alam al-Kutub, 1986), h. 421.
Mohammdad Sayyed Tantawiy, al-Fiqh al-Muyassar. (Cet. I; Cairo: Dar al-
Sa’adah, 2001), h. 312
Bani Syarif maulana. Perspektif Ekonomi Islam Tentang Bunga Uang; Sebuah kajian Normatif Tentang Hutang Piutang Dalam Perbankan. Jurnal Himmah,
STAIN Palangkaraya, Vol. V, Edisi Mei-Agustus, 2004, h. 29.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemah
Dilengkapi Tajwid, (Jakarta: dharma art, 2015), h. 408.
Muhammad Abu Zahrah, Tahrim al-Riba> Tanzhim Iqtishadiy, (Saudi Arabia:
al-Dar al-Sa’udiyyah li al-Nasyr wa al-Tauzi’, t. th.), h. 18. Lihat pula, Muhammad
Ali al-Shabuniy, Rawa>’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 11 (Cet. I; Jakarta: Lentera Hati,
, h. 73.
Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.
(Cet. II; Cairo: Dar al-Kutub al-Misriyyah, 1964), h. 36. Lihat pula, Ibnu Katsir,
Tafsir al-Qur’an al-‘Adzhim, Juz. 6 (Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419
H), h. 286.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, h. 72. Lihat pula, Muhammad Abu
Zahrah, Tahrim al-Riba Tanzhim Iqtishadiy, h. 18.
Muhammad Abu Syuhbah, Bayan min Ulama al-Azhar fi Makkat al- Mukarramah li al-Radd ‘ala Muftiy Misr al-Ladziy Abaha al-Riba wa Ma’ahu Hulul li Musykilat al-Riba, (Cet. I; Cairo: Maktabat al-Sunnah, 1996), h. 89-93.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemah
Dilengkapi Tajwid, h. 103.
Dulsukmi Kasim, “Konsep Bunga Bank Dalam Fikih Islam; Studi Atas
Pemikiran Mohammad Sayyed Tantawiy.” Thesis (Makassar, PPS IAIN Alauddin,
, h. 62.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 2, h. 656.
Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.
, h. 202. Lihat pula, Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa>’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-
Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.
Ibn Jarir al-Tabary, Tafsir al-Tabary. Juz 3, (Cet. III; Beirut: Dar al-Kutub al-
‘Ilmiyyah, 1999), h. 434.
Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, I’lam al-Muwaqqi’in. Juz 2, (Cet. III; Kairo: Dar al-Hadits, 1997), h. 132-136.
Mohammad Sayyed Thanthawy, Mu’amalat al-Bunuk wa Ahkamuha al-
Syar’iyyah. Cet. XIV; Kairo: Dar al-Ma’arif, 1994., h. 79.
Samiang Katu, Penalaran Ta’lili Dalam Penerapan Hukum Islam. Jurnal
Zaitun; Pascasarjana IAIN Alauddin Makassar: Vol. I, No. 1, April 2002, h.83.
Majma’ al-Lugat al-‘Arabiyyah, al-Mu’jam al-Wasit.Juz I; (Cairo: Syarikat al-I’Ianat al-Syarqiyyah), 1985, h. Lihat pula, Muhammad Sa’id Ramadan al-Butiy,
Dawabit al-Maslahah fi al-Syari’ah al-Islamiyyah. (Cet, IV; Beirut: Mu’assasat al- Risalah, 1992), h. 27.
Muhammad Abu Zahrah, Usul al-Fiqh. (Cairo: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, t.th)h.
Wahbah Zuhaliy, Usul al-fiqh al-Islamiy. Juz I, (Damaskus: Dar al-Fikr,
, h. 646.
Salah Zaydan, Usul a-Fiqh (al-Qiyas). (Cet, II; t.tp: t.p, 1995), h. 36. Muhammad Ali al-Sayis (et.all), Tafsir Ayati al-Ahkam, Juz. 1 (Cet. II;
Beirut/Damaskus: Dar Ibnu Katsir, 1996) h. 291.
Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.
, h. 36.
Abu Abdurrahman Ahmad bin Syu’aib al-Khurasaniy al-Nasa’iy, Sunan al-
Nasa>’iy, Juz. 6 (Cet. II; Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyyah, 1986), h. 279.
Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.
, h. 37.
M. Dawam Raharjo, Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan
Konsep-Konsep Kunci, (Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1996), h. 600.
Muhammad bin Jarir al-Thabariy, Jami al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Juz. 9 (Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risalah, 2000), h. 392.
Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 2 (Cet. II; Jakarta: Lentera Hati,
, h. 214.
Wahbah al-Zuhailiy, at-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari’ah wa al- Manhaj, Juz. IV, (Cet. II; Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’asir, 1418 H), h. 82.
Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhariy al-Ja’fiy, Shahih al- Bukhariy, Juz. 6, (Cet. I; Damaskus: Dar Thauq al-Najah, 1422 H.), h. 33.
Wahbah al-Zuhailiy, at-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari’ah wa al- Manhaj, Juz. 3, h. 84-85.
Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhariy al-Ja’fiy, Shahih al- Bukha>riy, Juz. 3, (Cet. I; Damaskus: Dar Thauq al-Najah, 1422 H.), h. 101.
Muslim bin al-Hajjaj al-Naisaburiy, al-Musnad al-Shahih “Shahih Muslim”,
Juz. 3, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabiy, t.th), h. 1211.
Ali Jum’ah Muhammad, al-Kalimu al-Tayyib; Fatawa Asriyyah, (Cet. V; Cairo: Dar al-Salam, 2013), h. 134 -135.
Yusuf al-Qardawiy, Fatawa> Mu’asirah, Jilid. 1 (Cet. VIII; Kuwait: Dar al- Qalam, 2000), h. 609-611.
http://media.isnet.org/islam/Qardhawi/Kontemporer/KerjaDiBank.html. (Diakses tanggal 27 Juli 2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jhi.v20i1.8059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By:
Hukum Islam (Print- ISSN: 1411-8041) and (E-ISSN : 2443-0609)
Published by Faculty of Sharia and Law State Islamic University Of Sultan Syarif Kasim Riau
Mailing Adress: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
H. R. Soebrantas Street, No.155 KM 18, Kelurahan Tuah Madani, Kecamatan Tuah Madani
Pekanbaru - Riau, 28293
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.