Pendekatan Komunikatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru

Nursalim Nursalim, Bustomi Bustomi

Abstract


Penelitian ini merujuk pada penerapan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas VII SMPN kota Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana siswa kelas VII dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif  dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas VII SMPN Kota Pekanbaru. Kajian penelitian ini penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian siswa kelas VII SMPN 20, 40, dan 6 Kota Pekanbaru. Prosedur pengumpulan data dari hasil tes dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMPN Pekanbaru dengan nilai sebesar 72% kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Asiah. (2016). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319

Fadli, R. M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Jamaliah, Fauziah, & Farizawati. (2017). the Implementation of Communicative Approach in. Proceedings of the Fifth International Seminar on English Language and Teaching, 217–228.

Kentarsih Rabawati, M. Sutama, M. G. (2013). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 11.

Mariza, M., & Mardiah, M. (2020). Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.130

Muis, M., & Alfin, J. (2023). Implementasi Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 2 MI Persmin Wonokromo, Surabaya. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 117–129. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4162

Nursalim. (2023). Bahasa dan Sastra Indonesia. Cahaya Firdaus Publishing and Printing.

Simbolon, I. (2023). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9 (4), 356–363.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v5i1.34245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.