Author Guidelines
JUDUL ARTIKEL MAKSIMAL 14 KATA
Penulis 1, Penulis 2, dan Penulis 3
Nama institusi penulis (jika berbeda instituisi, tuliskan institusi setiap penulis)
Alamat lengkap institusi beserta nomor telepon
Alamat surel penulis pertama
Informasi Artikel: DOI: (diisi editor) ISSN: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/gurindam/index |
Abstrak: Judul artikel dalam bahasa Indonesia. Abstrak berbahasa Indonesia yang ditulis dengan ringkas: berkisar 80—100 kata Abstrak ditulis dengan spasi satu. Abstrak berisi judul penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian, dan simpulan. Berikan 3-5 kata kunci yang menggambarkan subtansi artikel. Diketik dengan spasi satu, Time New Roman 12.
Abstract: Judul artikel dalam bahasa Inggris. Abstrak berbahasa Inggris yang ditulis dengan ringkas: berkisar 80—100 kata Abstrak ditulis dengan spasi satu. Abstrak berisi judul penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian, dan simpulan. Berikan 3-5 kata kunci yang menggambarkan subtansi artikel. Diketik dengan spasi satu, Time New Roman 12.
Kata kunci: 3-5 kata kunci yang mencerminkan subtansi artikel
Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, urgensi permasalahan, hasil kajian pustaka utama yang menjadi landasan penelitian, hasil-hasil riset sebelumnya yang relevan dengan kajian penelitian, dan tujuan penelitian. Penulis sangat disarankan menggunakan referensi artikel jurnal bereputasi dari terbitan terbaru dan dari artikel yang terbit di Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra untuk dijadikan landasan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan disajikan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, tidak dibagi bagian perbagian yang ditulis dengan model pembaban laporan penelitian/skripsi/tesis disertasi. Panjang bagian pendahuluan 15—20 % dari total naskah.
Pendahuluan ditulis dengan Times New Roman 11, spasi 1.
METODE
Metode penelitian berisi penjelasan metode yang digunakan peneliti untuk menghasilkan temuan. Bagian ini harus menunjukkan prosedur ilmiah secara runtut yang dilakukan penulis hingga menghasilkan kesimpulan. Metode berisi pendekatan dan metode penelitian, sumber data/populasi dan sampel, cara pemilihan sampel/penentuan sumber data, instrumen dan metode pengumpulan data, dan teknik analisis data. Bagian ini berisi uraian prosedur dan langkah-langkah penelitian yang bersifat khas sesuai dengan topik yang dikaji. Panjang bagian metode berkisar 10—15 % total panjang naskah. Metode ditulis dengan Times New Roman 11, spasi 1.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian hasil penelitian ini berisi paparan hasil analisis data. Paparkan hasil penelitian sesuai tujuan/masalah yang dikaji dan prosedur yang diuraikan pada bagian metode. Hasil analisis data yang disajikan berbentuk pola, karakteristik, analisis statistik, pengujian hipotesis, dan lainnya sesuai karakteristik penelitian. Sertakan tabel, diagram, gambar, atau kutipan yang diperlukan agar visualisasi hasil penelitian mudah dipahami pembaca. Metode ditulis dengan Time New Roman 11, spasi 1.
Model tabel dapat dilihat pada contoh. Tabel dibuat hanya dengan tiga garis horizontal penuh. Hindari penggunaan “tabel di atas”, “tabel di bawah”, “tabel berikut”, tetapi langsung menunjuk ke nomor tabel (Tabel 1).
Tabel 1. Judul Tabel dengan Bold, Spasi 1, Fon 10
| Paired Differences | t | df | Sig. (2-tailed) |
Mean | Std. Deviation | Std. Error Mean | 95% Confidence Interval of the Difference | Mean | Std. Deviation | Std. Error Mean |
Lower | Upper | Lower | Upper | Lower | Upper | Lower | Upper |
Pair 1 | Kelas Eksperimen - Kelas Kontrol | 41.15200 | 10.00380 | 2.00076 | 37.02264 | 45.28136 | 20.568 | 24 | .000 |
| | | | | | | | | |
Tabel 2. Perbandingan Hasil Pembelajaran Kelas Kontrol dan Kelas Eksprimen (Jika Ada)
Aspek yang dibandingkan | Kelas Kontrol | Kelas Eksprimen |
Mean (nilai rata-rata) | 41.50 | 82.65 |
Nilai terendah Minimum | 17.50 | 76.60 |
Maximum | 53.30 | 90.00 |
Ketuntasan dengan nilai 70 ke atas | 0% | 100% |
Kemampuan Mengapresiasi Cerpen dengan Strategi Membaca Global
Jika ada sub judul di hasil, tuliskan dengan huruh kapital, huruf kecil dengan bold. Seperti bagian yang lain, tidak diberikan nomor, huruf, atau bullet.
Bahasa asing, bahasa daerah, dan istilah tidak baku dicetak dengan huruf miring.
Kemampuan Mengapresiasi Puisi dengan Analisis Semiotik
Jika ada sub judul di hasil, tuliskan dengan huruh kapital, huruf kecil dengan bold. Seperti bagian yang lain, tidak diberikan nomor, huruf, atau bullet.
PEMBAHASAN
Pembahasan menjadi aspek terpenting dari keseluruhan bagian penelitian dan selayaknya diberi ruang paling besar. Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang telah diuraikan. Apa makna analisis data yang telah dihasilkan pada bagian hasil? Bagian pembahasan ini merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga author sehingga penulis diminta memberikan pembahasan yang lengkap dan jelas.
Pembahasan harus menunjukkan kebaruan dan temuan signifikan dari penelitian yang dilakukan. Pembahasan dilakukan dengan (1) menafsirkan temuan-temuan penelitian, (2) mengintegrasikan temuan dalam struktur ilmu pengetahuan, (3) menungkap temuan-temuan baru (teori baru atau modifikasi teori yang sudah ada), dan (4) penjelasan implikasi temuan secara teori dan praktis.
Gunakan hasil penelitian terbaru dai jurnal bereputasi untuk membahas temuan penelitian. Panjang paparan hasil penelitian dan pembahasan antara 50—60 % total panjang artikel. Bagian pembahasan ditulis dengan Time New Roman 11.
Hal lain dalam penulisan naskah yang hendaknya dicermati.
Tata cara penyajian kutipan, tabel, gambar, ilustrasi, statistik, dan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References. Manuscript berbahasa Indonesia ditulis dengan mengacu kepada tata tulis dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
PENUTUP
Bagian simpulan berisi temuan penelitian dan intisari hasil pembahasan. Tuliskan secara padat temuan subtansial penelitian yang dilakukan. Kesimpulan harus didukung data dan tidak bersifat spekulatif. Simpulan konsisten dengan tujuan/masalah yang dikaji.
Berikan rekomendasi tindak lanjut hasil penelitian dan penelitian lanjutan yang diperlukan. Saran yang besifat common sense tidak perlu dituliskan. Jika diperlukan saran, tuliskan secara spesifik.
Kesimpulan dipaparkan dalam bentuk paragraf. Panjang simpulan antara 5—10% total panjang naskah.
Sumber rujukan menggunakan pustaka mutakhir. Sumber rujukan minimal 80 % terbitan 10 tahun terakhir. Tuliskan hanya daftar pustaka yang dirujuk di sini dan pastikan semua yang dirujuk di naskah terdaftar di daftar pustaka.
Rujukan yang diutamakan adalah sumber primer berupa manuscript dalam jurnal dan hasil penelitian, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi. Manuscript yang dimuat di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional sangat disarankan/diprioritaskan untuk dijadikan rujukan.
Tata cara penulisan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References. Daftar pustaka ditulis dengan Times New Roman 10.
Sebelum mengirim artikel, periksa kembali, apakah rujukan dari jurnal sudah cukup memadai.
Beberapa contoh penulisan rujukan:
Buku:
Kusumanegara, A. 2021. Diskursus Akademik: Perspektif Studi Bahasa Kritis. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Terjemahan:
Anderson, L.W. & Krattwohl, D. R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Manuscript dalam antologi/chapter:
Sugono, D. 2007. Perencanaan Bahasa Indonesia dan Memasuki Globalisasi. Dalam Anshari dan Mahmudah (Eds.), Budi Bahasa (hlm.1—14). Makassar: Badan Penerbit UNM.
Manuscript dalam jurnal:
Kusumanegara, A. 2020. Derivasi Generatif pada nomina Bahasa Bugis: Sebuah Benang Merah pada Bahasa Melayu. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2 (1): 232-237.
Manuscript dalam jurnal elektronik dengan DOI:
Sultan, Rofiuddin, A., Nurhadi, Priyatni, E. T. 2017. The Development of Critical Reading Learning Model to Promote University Students’ Critical Awareness. New Educational Review, 48(2):76–86, doi: 10.15804/tner.2017.48.2.06
Manuscript dalam koran:
Kusumanegara, A. 28 Oktober 2017. Polemik Kata Pribumi: Pemahaman yang Tidak Membumi, Republika.
Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan:
Erdayani, R. 2019. Representasi Guru dalam Rubrik Humaniora Harian Kompas: Analisis Wacana Kritis. Tesis. Yogyakarta: PPs UGM.
Makalah seminar, diskusi, lokakarya, penataran:
Susanti, R.H. 2017. The Impacts of Abusive Environment on Psychological Development of Children Depicted in Sheila: A Character from Torey Hayden’s ‘One Child’. Makalah disajikan dalam Asian Academic Society International Conference, 8—10 November 2018.
Internet (manuscript dalam jurnal online):
Widodo, A. 2006. “Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains”. Online. Jilid 4 Nomor 2, http://upi.edu, diakses: 20 Maret 2012.