Analisis Perbedaan Bahasa Melayu Riau Klasik dan Bahasa Melayu Riau Modern di Kampar

Vera Sardila, Nuraini Nurani, Nurul Faiza, Nur Silvia, Nazhratun Ainiyah

Abstract


Terdapat dua versi bahasa Melayu Riau di Kampar yaitu bahasa Melayu Riau klasik dan bahasa Melayu Riau modern. Penelitan ini menganalisis perbedaan yang merujuk pada aspek kosakata, tata bahasa, dan penggunaan dalam masyarakat. Penelitan dilakukan melalui tinjauan kajian linguistik dengan partisipasi aktif masyarakat Kampar dari yang menggunakan bahasa Melayu klasik hingga modern. Penelitian ini menggunakan metode obesrvasi lapangan, pengumpulan data dan perbandingan data. Hasil penenlitian diharapkan memberikan pemahaman yang komperehensif mengenai evolusi bahasa di Kampar dan dampaknya terhadap identitas dan budaya masyarakat. Penelitian ini penting untuk memahami evolusi bahasa dan menjaga keberlanjutan budaya di era globalisasi.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, R. (2023). Dialek Dan Campur Kode Ujaran Bahasa Masyarakat Desa Pulau Belimbing Kabupaten Kampar. Journal of Languange Education, Linguistic, and Culture, 3(1):1-7.

Burhanudin, B. (2021). Bahasa Sakai Sebagai Variasi Melayu: Tinjauan Aspek Linguistik Diakronis. Jurnal Kajian Bahasa. 10(2) 326-340.

Ermawati, H. (2019). Nomina Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar: Tinjauan Bentuk Morfologis. Jurnal Pendidikan: Gerakan Aktif Menulis, 7(2): 1-15

Elvina, S. (2018). Variasi Leksikal Tiga Isolek Dalam Keluarga Bahasa Melayu Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, dan Pembelajaran. Riau: UNRI.

Faizah, H. (2012). Kategori Fatis dalam Bahasa Melayu Riau Dialek Kuok. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Sastra, dan Pembelajaran.

Keraf, G. (1994). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende Plores: Nusa Indah

Martius, (2012). Studi Fonemis Antara Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar dan Bahasa Indonesia. Jurnal Sosial Budaya, 9(2): 1-17.

Putri, R.D. (2022). Struktur Frasa Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar di Desa Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi. Riau: UIR

Rahayu, S. (2022). Struktur Kalimat Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan. 1(3): 1-8.

Satrio, R. & Bahri, S. (2017). Eksistensi Bahasa Melayu di Kota Pekanbaru. Riau: UNRI

Sukma, L.M., dkk. (2023). Fungsi Modalitas Epistemikdalam Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar Desa Senama Nenek. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Riau: UNRI

Sakeeyah, D. (2019). Perbandingan Kosakata Dasar Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar dengan Bahasa Melayu Patani Dialek Yala Selatan Thailand. Skripsi. Riau: UIR.

Sekaran, U. dan Bougie, R. (2016). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keterampilan. Edisi ke-7, Wiley & Sons, West Sussex.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v4i1.28630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.