Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Wacana pada Media Tulis Poster Berbasis Digital

Annisa Fitria Rahma, Kusumaning Sekar Fadya Azzahra, Rizkyqa Nor Febriani, Rostini Komala Dewi, Tian Bayu Pratama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa di bidang wacana pada media tulis poster berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang melalui dua tahap yaitu tahap pengumpulan data dan analisis data. Subjek penelitian yang dipilih yaitu poster yang ada pada media berbasis digital. Adapun objek yaitu analisis kesalahan berbahasa Indonesia di bidang wacana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukan sebanyak 2 data kesalahan penggunaan pengacuan, 1 data kesalahan penyulihan, 1 data kesalahan ketidakefektifan, 1 data kesalahan penggunaan konjungsi, 1 data kesalahan menyimpang dari kaidah kebahasaan, dan 1data kesalahan ketaksaan.

 

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, wacana, media tulis, poster digital


Full Text:

PDF

References


Adelia, & Irma, N.C (2020). KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional ”Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Poster Aksi Unjuk Rasa RUU KUHP Dan RUU KPK di Media Massa Online”. Vol. 2, No. 1, hlm 13 — 20.

Baity,N, Soleh,R.D, & Winarsih, E ( 2021). Widyakastra “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Linguistik Pada Surat Resmi di Universitas PGRI Madiun”. Vol. 9, No. 2, hlm 25— 32.

Hanafiah, W (2014). Epigram “Analisis Kohesi Dan Koherensi Pada Wacana Buletin Jumat”. Vol. 11, No. 2, hlm 135 — 152.

Haer, A ( 2014). “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Wacana Berita Harian Suara NTB dan Kaitannya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”, (skripsi) karya Haer Atina di prodi Bahasa dan Seni UM.

Mahsun (2007) “Metode Penelitian Bahasa : tahapan strategi, metode, dan tekniknya Edisi Revisi”. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Moleong, L.J (2021) “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: PT.REMAJA ROSDAKARYA.

Sudaryanto (2015) “Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Penerbit Universitas Sanata Dharma Anggota APPTI.

Tomo,D.R, Damayanti, D.A, Rofifah, O.D, & Arifana, M.W (2020). Bahtera Indonesia “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia di Bidang Wacana dalam Iklan Produk-Produk Indonesia”. Vol. 5, No. 2, hlm. 192—203.

Triastuti, W (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Piyungan Tahun Ajaran 2017/2018” , (skripsi) karya Wulan Triastuti di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UPY.

Yanti,D.A, Hatminingsih, Khairunnisa, & Pratiwi Sintia (2020). Piktorial “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Wacana Media Sosial Lawan Covid-19”. Vol. 2, No. 2, hlm 160 — 166.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v2i2.18393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.