PERAN BADAN PEMBINAAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Muslim Junhadi, Junhadi Junhadi

Abstract


Pengembangan status dari Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Pekanbaru (IAIN Susqa Pekanbaru) menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, memberikan perubahan bagi lambaga ini. Hasil dari pengembangan dari institut menjadi universitas berdirinya fakultas-fakultas baru yang sifat pengembangan ilmunya dikenal sebagai “ilmu umum”. Salah satu fakultas tersebut ialah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (Fekonsos), dimana mayoritas mahasiswanya berlatar belakang pendidikan non-madrasah. Kondisi ini menuntut Fekonsos lebih fokus melakukan pembinaan di bidang keagamaan, agar tercipta integrasi keilmuan seperti apa yang dicita-citakan oleh UIN Suska Riau. Berdirinya Badan Pembinaan Keagamaan (BPK) Fekonsos sebagai jawaban atas persoalan yang dihadapi, BPK berperan dalam melakukan pembinaan yang meliputi pembinaan tauhid, ibadah, akhlak, muamalah dan menjalankan sunnah. Pembinaan terus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan baik berupa pembinaan yang teritegritas dalam keseharian maupun kegiatan temporer yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.


Keywords


Keagamaan, tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, sunnah

Full Text:

PDF

References


Afif Abdullah Fattah Thabbarah. 1986. Dosa Dalam Pandangan Islam: Risalah Bandung

Azhari Ahmad Mahmud. 2014. Jangan Tinggalkan Sunnah!: Pustaka Ibnu Umar

Daradjat, Zakiah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

_____________, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1995.

Hafid Abdullah. Kunci Fiqh Syafi’i : Asy-Syifa Semarang

Henrizal Hadi Wahab. 2013. Buku Panduan Pembinaan Keagamaan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fekonsos UIN Suska Riau.

Muhammad bin A.W. Al-‘Aqil. 2009. Manhaj Aqidah Imam Asy-Syafi’i: Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Muhammad Nashiruddin Al-Albani. 2005. Sifat Sholat Nabi SAW : Gema Risalah Press




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v8i2.4409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :