Inovasi Digital dalam Sektor Publik: Studi Deskriptif Tentang Value Added Inovasi Pelayanan Kesehatan
Abstract
Keseriusan sektor swasta dalam melakukan pengembangan dan implementasi berbagai inovasi telah menjadi virus yang mulai menyebar pada sektor publik. Berbagai instansi publik saat ini telah berupaya mengembangkan berbagai jenis inovasi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Tetapi sangat disayangkan, sektor publik di Indonesia masih cenderung mengembangkan berbagai inovasi yang berbasis digital. Meskipun demikian, berbagai inovasi tersebut mampu memberikan kebermanfaatan baik bagi instansi publik maupun masyarakat sebagai kelompok sasaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis value added pada inovasi pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui observasi langsung, wawancara terstruktur, dan dokumentasi pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kota Yogyakarta. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) merupakan digital inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang telah diterapkan diseluruh puskesmas yang ada di Kota Yogyakarta. Aplikasi tersebut dikembangkan sejak tahun 2012. Setidaknya dari implementasi SIMPUS di Kota telah memberikan value added baik bagi Dinas Kesehatan, puskesmas dan masyarakat yaitu a) peningkatan kualitas pelayanan, dan b) peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akturan, Ulun dan Tezcan, Nuray. (2010). The Effects of Innovation Characteristics on Mobile Banking Adopsion. Roma : Global Conference on Business & Economics
Bekkers, V., Edelenbos, J., dan Steijn, B. (2011). Innovation in the Public Sector. New York : Palgrave Macmillan
de Vries, H., Bekkers, V dan Tummers, L. (2014). Innovation In The Public Sector : A Systemtic Review Ang Future Research Agenda. LIPSE Publication
Eprilianto, Deby Febriyan, dkk. 2019. Mewujudkan Integrasi Data melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Digital. Journal of Public Sector Innovations Volume 4 No 1 (2019)
Harley, J., Sorensen, E dan Torfing, J. (2013). Collaboration Innovation : A Variable Alternative to Market Competition and Organizational Entrepreneurship. International Journal of Public Administration Review
Indonesian Digital Society Award. 2015. Pemenang Indonesian Digital Society Award Tahun 2015. (http://idsa.co.id/index.php?bc56c84e47c257dd04d1a0b9958211b424a7444d055bd96e00011c18f444f41718dd4684820fcb2bfd76a692bfbbb25eebaa23568677bc301147ac766c82d53e) diakses pada 10 Januari 2020 pukul 16.12 WIB
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government
Kepmenkes Nomor 004/Menkes/SK/I/2003 tentang Kebijakan Dan Strategi Desentralisasi Bidang Kesehatan
Kepmenkes Nomor 837 tahun 2007 tentang Pengembangan Jaringan Komputer Online SIK Nasional
Kepmenkes Nomor 932/Menkes/SK/VIII/2002 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengambangan Sistem Laporan Informasi Kesehatan Kabupaten/Kota
Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah
Khabibah, N. (2013). E-government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus BPS Provinsi D.I. Yogyakarta. Laporan Penelitian. Universitas Gadjah Mada
Kohli, Rajiv dan Melville, Nigel P. 2017. Digital Innovation : A review and Synthesis. Information System Journal 2019 ; 29
Nazari, F., Khosravi, F dan Babalhavaeji, F. (2013). Applying Rogers’s Diffusion of Innovation Theory to the Acceptance of Online Databases at University Zona of Iran. Malaysian Journal of Library and Information Science
Osborne, S., dan Brown, L. (2011). Innovation, Public Policy and Public Service Delivery in the UK : the Word that Would be King?. International Journal of Public Administration
Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 12 Tahun 2012 tentang Fungsi, Rincian Tugas dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
Pratama, Muhammad Rizki. 2013. Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat di Kota Kediri)
Robinson, Les. (2009). A Summary of Diffusion of Innovation. (http://www.enablingchange.com.au/Summary_Diffusion_Theory.pdf) diakses pada tanggal 2 Januari 2019 Pukul 09.00 WIB)
Setniykar, Stanca., dan Veronika, P. (2013). Private and Public Sector Innovation and the Importance of Cross-Sector Collaboration. SAGE Publication
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Taboli, H et.al. (2014). Factors Affecting the Adoption og E-government by the Senior Citizens (Case Study : Senior Citizens in Zahedan). Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v13i1.14357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Counter:
Indexed by :