Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Video Comment pada Siswa Sekolah Dasar

elvina - -, Rinja Efendi, Delia Putri, Safrudin -

Abstract


Keterampilan berbicara sangat penting bagi siswa, karena dengan terampil berbicara dapat bermanfaat bagi siswa untuk masa akan datang. Kenyataan yang ditemui di lapangan, siswa kurang terampil berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Beberapa faktor penyebab yakni: siswa kurang percaya diri, siswa kurang berani menyampaikan pendapat karena takut salah, kesulitan siswa menggunakan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dimaksud sehingga kurang tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi video comment pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Jumlah subjek pada penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan lembar indikator keterampilan berbicara. Siklus I jumlah siswa taraf keberhasil “Sangat baik”, 2 siswa dengan persentase 10%, taraf “baik” terdapat 4 siswa persentase 20%, “cukup” terdapat 10 siswa persentase 50%, “kurang” ada 4 siswa persentase 20%. Siklus II taraf keberhasil “sangat baik” terdapat 6 siswa persentase 30%, taraf “baik” terdapat 14 siswa persentase 70%, dan tidak ada siswa pada taraf “cukup dan kurang”. Siklus III taraf keberhasilan “sangat baik” terdapat 17 siswa persentase 85%, pada taraf “baik” terdapat 3 siswa persentase 15%, dan tidak terdapat siswa pada taraf “cukup dan kurang”. Sedangkan pada aktivitas siswa yakni 19 dengan rata-rata 67,85%. Pada siklus ke dua terlihat jumlah skor 24 dengan rata-rata 85,71%. Selanjutnya dilihat pada siklus ke tiga dengan jumlah skor 27 dengan rata-rata 96,42%. Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan penelitian peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi video comment ini  berhasil karena hasil yang diperoleh meningkat setiap siklusnya.

Full Text:

PDF

References


Elvina. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Proses Keterampilan Membaca Intensif Dengan Strategi Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test (PQRST). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume III Nomor 1, Juni 2018.

Halidjah, Siti. 2010. Evaluasi Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Dasar FKIP-UNTAN Pontianak.

Ilsa, Aulya dkk. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi PowerDirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 288-300.

Maisyarah. Putri & Sri Wahyuni. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Vol V. No. 1, September 2020, hlm. 27 – 35.

Mustadi, Ali & Dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogayakarta: UNY Press.

Kumalasari, Sofia dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Time Token Berbasis Media Poster Siswa Kelas V SDN 1 Rumak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Mataram.

Nasution, Robiatul Adawiyah. 2019. Penerapan Metode Poster Comment Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Kota Bengkulu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.

Putri, Delia dan Elvina. 2019. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar: melalui Metode Game’s”. Jawa Tengah: CV. Penerbit Qiara Media.

Santosa, Puji. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arif S & Dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sutisna & Habudin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Menggunakan Metode Poster Comment. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten.

Sukatmi. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Media Gambar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sumantri, Syarif Mohamad. 2016. Startegi Pembelajaran Teori Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sucilestari, Ramdhani & Kurniawan Arizona. 2019. Kelas Inspirasi Berbasis Media Real Melalui Pendekatan Lesson Study. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15 (1), 2019 : 23-34. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Mataram, Indonesia.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuanta, Friendha. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN 2685-7642 | e-ISSN 2685-8207 Vol.1 No.2 Desember 2019 | Hal 91-100.

lms-paralel.esaunggul.ac.id pertama kali diindeks oleh Google pada September 2020. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/mod/resource/view.php?id=95640




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.