Segmentation of Mentoring Customer Characteristics Using the K-Means Method and Hierarchical Clustering for Customer Relationship Management (CRM)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi T, “Siaran Pers BONUS DEMOGRAFI 2030-2040: STRATEGI INDONESIA TERKAIT KETENAGAKERJAAN DAN PENDIDIKAN,” 2017.
N. Falikhah, “BONUS DEMOGRAFI PELUANG DAN TANTANGAN BAGI INDONESIA,” 2017. [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/48298-ID-
A. D. Savitri, F. Abdurrachman Bachtiar, and N. Y. Setiawan, “Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode K-Means Clustering Berdasarkan Model RFM Pada Klinik Kecantikan (Studi Kasus : Belle Crown Malang),” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
G. Febrina Wulandari, “SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K- MEANS UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA HIJAB MIULAN,” 2014, Accessed: Oct. 26, 2021. [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/5543/
K. Auliasari et al., “Penerapan Algoritma K-Means untuk Segmentasi Konsumen Menggunakan R,” 2019.
S. N. Gama, I. Cholissodin, and M. T. Furqon, “Clustering Portal Jurnal Internasional Untuk Rekomendasi Publikasi Berdasarkan Kualitas Cluster Menggunakan Kernel K-Means,” Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, vol. 5, no. 1, 2014, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/343876684
D. Ayu, I. C. Dewi, and K. Pramita, “Analisis Perbandingan Metode Elbow dan Sillhouette pada Algoritma Clustering K-Medoids dalam Pengelompokan Produksi Kerajinan Bali,” 2019.
M. Anggara, H. Sujiani, and H. Nasution, “Pemilihan Distance Measure Pada K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Member Di Alvaro Fitness,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 2016.
P. M. Arini and R. A. Hendrawan, “KARAKTERISTIK PELANGGAN TELEPON
KABEL MENGGUNAKAN CLUSTERING SOM DAN K-MEANS UNTUK MENGURANGI KESALAHAN KLASIFIKASI PELANGGAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI (STUDI KASUS : PT. TELKOM MOJOKERTO),” 2013.
A. Chusyairi and P. Ramadar Noor Saputra, “Pengelompokan Data Puskesmas Banyuwangi Dalam Pemberian Imunisasi Menggunakan Metode K-Means Clustering,” Telematika, vol. 12, no. 2, pp. 139–148, Aug. 2019, doi: 10.35671/telematika.v12i2.848.
A. Muhidin, “ANALISA METODE HIERARCHICAL CLUSTERING DAN K-MEAN DENGAN MODEL LRFMP PADA SEGMENTASI PELANGGAN,” Jurnal SIGMA, vol. 7, 2017.
D. Widyadhana, R. B. Hastuti, I. Kharisudin, and F. Fauzi, “Perbandingan Analisis Klaster K- Means dan Average Linkage untuk Pengklasteran Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah,” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 4, pp. 584–594, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
A. Burhan, H. Kiat, Y. Azhar, and V. Rahmayanti, “Penerapan Metode K-Means Dengan Metode Elbow Untuk Segmentasi Pelanggan Menggunakan Model RFM (Recency, Frequency & Monetary),” REPOSITOR, vol. 2, no. 7, pp. 945–952, 2020.
F. Wang, H. H. Franco-Penya, J. D. Kelleher, J. Pugh, and R. Ross, “An analysis of the application of simplified silhouette to the evaluation of k-means clustering validity,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2017, vol. 10358 LNAI, pp. 291–305. doi: 10.1007/978-3-319- 62416-7_21.
A. O. Carissa, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang) ANATASHA ONNA CARISSA,” Malang, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v9i1.21567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |