Penerapan Fuzzy Multi Criteria Decision Making untuk Diagnosa Awal Gangguan Jiwa dengan Metode Agregasi

Fitri Wulandari, Fadhilah Syafria, Muhammad Syafriandi

Abstract


Penyakit Bipoalar Disorder merupakan penyakit psikologis dengan perubahan mood yang sangat ekstrim, yaitu berupa depresi dan mania. Dalam proses pendiagnosaan penyakit Bipolar Disorder masih sangat sulit dan jarang. Ini disebabkan karena banyak orang yang tidak menyadari bahwa dia telah telah terindikasi mengalami penyakit Bipolar Disorder, bahkan ada yang sudah merasakan telah terkena oleh penyakt ini, akan tetapi dia malu untuk berkonsultasi kepada psikolog atau dokter kejiwaan. Untuk menjawab mengatasi masalah tersebut maka timbullah bagaimana cara membangun suatu Sistem Informasi dalam benuk Sistem Pendukun Keputusan (SPK) dalam mendiagnosa kelas penyakit pasien Bipolar Disorder menggunakan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making yang berbasiskan komputersisasi yang lebih modern dan handal yang mudah di gunakan sehingga dapat mengatasi masalah dalam pendiagnosa penyakit Bipolar Disorder ini. Dalam penelitian penyakit Bipolar Disorder ini, kelas penyakit yang menjadi objek penelitian adalah kelas Mania, Hypomania, dan Depresi. Sistem yang dibangun hanya untuk Laboratorium Fakultas Psikolgi UIN Suska Riau. Dalam penelitian ini sistem berhasil dibangun dengan baik tanpa ada kesalahan atau Error System. Hasil pengujian di lapangan sistem ini cukup bisa dimengerti dan diterima oleh user dengan tingkat keberhasilan sebesar 83,34%. Dan dalam pengujian sistem dengan psikolog dengan menggunakan data dari sistem dan gejala yang sama menghasilkan yang sama.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Artikel kesehatan Hari Kesehatan Jiwa 2014 : Living With Schizophrenia, http://dinkes.ngawikab.go.id/ (diakses Tanggal 1 Februari 2015).

Firmansyah, Dicky, 2011, Sistem Pakar Diagnosa Awal Gangguan Jiwa menggunakan Media Mobile Seluler, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru.

Wita, Sriwahyuni , dkk , 2012, Sistem Pakar Diagnosa Awal Gangguan Jiwa dengan metode Certainty Faktor Berbasis Mobile Selular, Vol 1 , 1 September 2012.

Zainir, Vera, 2013, Penerapan Fuzzy Multi Criteria Decision making untuk mendiagnosa penyakit Pyoderma dengan Metode Agregasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru.

Kusumadewi, Sri, Guswaludin, Idam, Fuzzy Multi Criteria Decision Making, Universitas Islam Indonesia, Vol 3 No 1 juni 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v1i2.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.