Sistem Penjadwalan Outsourcing Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus : PT. Syarikatama)

Ari Janata, Elin Haerani

Abstract


PT. Syarikatama merupakan suatu perusahaan jasa kontraktor yang menyediakan jasa pekerja. Selama ini, pembuatan jadwal pekerja menggunakan Microsoft Exel untuk penginputan data pengalokasian waktu kegiatan pekerja. Pemecahan masalah penjadwalan yang baik dari suatu pekerja merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pelaksanaan pekerjaan dengan baik dan benar. Penelitian ini menerapkan algoritma genetika untuk memecahkan masalah optimasi dalam penjadwalan pekerja. Algoritma genetika merepresentasikan kandidat solusi penjadwalan kedalam kromosom-kromosom secara acak, lalu dievaluasi menggunakan fungsi fitness dan seterusnya dilakukan seleksi. Metode seleksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode seleksi roda roulette, kemudian dilakukan pindah silang dan mutasi. Pada setiap generasi, kromosom dievaluasi berdasarkan nilai fungsi fitness. Setelah beberapa generasi maka algoritmagenetika akan menghasilkan kromosom terbaik, yang merupakan solusi optimal. Implementasi sistem dalam penelitian ini menggunakan Hypertext Preprocessing (php) dan mysql. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian blackbox dan performansi. Dan berdasarkan hasil pengujian performansi yang dilakukan sebanyak 5 kali dapat disimpulkan bahwa algoritma genetika membutuhkan nilai crossover mendekati 1 dan mutasi nilai lebih kecil yaitu 0,1 karena proses lama jika nilai iterasinya besar, karena dalam algoritma ini terdapat proses penggenerasian.


Full Text:

PDF

References


Abdul, Kadir. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta, Andi, 2003.

Afandi, Fachrudin. “Penerapan Algoritma Genetika Untuk Masalah Penjadwalan Job Shop pada Lingkungan Industri Pakaian”. Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh

November (ITS), Surabaya, 2009.

Arifudin, Riza. “Optimasi Penjadwalan Proyek dengan Penyeimbangan Biaya Menggunakan Kombinasi CPM dan Algoritma Genetika”. Jurnal Masyarakat Informatika, Volume 2, Nomor 4, ISSN 2086– 4930.

D. Naso, M. Surico, B.Turchiano, dan U. Kaymak. “Genetic algorithms for supply-chain scheduling: A case study in the distribution of ready-mixed concrete”. European Journal of Operational Research, 2006.

Erika, Maya. “Sistem Perencanaan dan Pengendalian Jadwal Proyek Menggunakan Precedence Diagram Method (PDM)”. Skripsi Sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri SUSKA, Riau, 2008.

Fadlisyah, Arnawan, Faisal. Algoritma Genetika. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009.

Hartono, Jogiyanto. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Andi Offset, Yogyakarta, 1990.

Kusumadewi, Sri. Articial Intelligence. GrahaIlmu, Yogyakarta, 2003.

Putra, Yendrika. “Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika”. Skripsi Sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri SUSKA, Riau, 2009.

Sam’ani. “Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Perkuliahan dan Ujian Akhir Semester dengan Pendekatan Algoritma

Genetika”. Tesis Pascasarjana, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Suyanto. Algoritma Genetika dalam Matlab. Andi, Yogyakarta, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v1i1.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.