KONSEP KEADILAN TUHAN: STUDI PEMIKIRAN TEOLOGI ABU MANSUR AL-MATURIDI
Abstract
Penelitian ini mengetengahkan kajian tentang keadilan Tuhan, sebuah persepsi al-Maturidi atas keterkaitan antara perbuatan manusia dengan kehendak mutlak-Nya. Berangkat dari keyakinannya bahwa Tuhan adalah Maha Adil (al-‘Adl) dan Maha Bijaksana (al-Hakim), al-Maturidi menyatakan bila Dia tidak akan melakukan tindakan sewenang-wenang. Berseberangan dari Mu’tazilah yang dengan tanpa sedikitpun mengakui adanya campur tangan Tuhan pada perbuatan manusia, juga al-Asy’ari dengan pikiran bahwa manusia sifatnya hanya melakoni sebagai garis takdirnya, al-Maturidi mencoba melerai kedua ekstremisme pandangan ini dengan mengajukan konsep masyi’ah dan ridha-Nya. Baginya, Tuhan dan manusia memiliki andil pada perbuatan yang diwujudkan. Jika yang pertama menyediakan ragam potensi dalam diri manusia, maka peran manusia dengan kemauan (masyi’ah) nya adalah memilih antara melakukan kebaikan atau kejahatan. Ketersediaan ruang memilih inilah yang dalam pandangan al-Maturidi menjadikan wajar adanya kewajiban pertanggungjawaban manusia di hadapan Tuhan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, Sirajuddin, 1994. I’tiqad Ahlussunnah Wal-Jama’ah, Kelantan: Pustaka Aman Press Sdn. Bhd.
‘Abd Fattah al-Maghribi,. 1985. ‘Ali, Imam Ahlu al-Sunnah wa al-Jama’ah ‘Abu Mansur al-Maturidi wa ‘Ara’uhu al-Kalamiyah, Kaherah: Maktabah al-Wahbah.
Abdel Haleem, M. 2003., “Kalam Awal”, dalam S. H. Nasr dan Oliver Leaman (eds.), Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam: Buku Pertama, terj. Tim Penerjemah Mizan, Bandung: Mizan.
‘Abd-Allah al-Omar, Farouq ‘Omar. 1974. The Doctrines of Maturidite School with Special Reference to As-Sawad al-A’zam of Al-Hakim As-Samarqandi, Edinburgh: P.hD Thesis in The University of Edinburgh.
Afrizal M. 1998. Ibn Rusyd dan Pemikiran Kalamnya, Pekanbaru: Susqa Press.
Ahmet AK. 2008. Maturidi ve Maturidilik, Istanbul: Buyuk Turk Alimi.
Akimkhanov, Askar Bolatbekovich, dkk,. 2016. “Principles of Abu Mansur al-Maturidi, Central Asian Islamic Theologian Preoccupied with the Question of the Relation between the Iman/Credo and the Action in Islam”, European Journal of Science and Theology, vol. 12, no. 6.
Amin, Saidul. 2013. Pembaharuan Pemikiran Harun Nasution dan Sumbangannya di Indonesia, Kuala Lumpur: Thesis Ph.D University Malaya.
Armstrong, Karen. 2002. Islam: A Short History, New York: Modern Library Paperback Edition.
Asy’arie, Musa. 1992. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al-Quran, Yogyakarta: LESFI.
Asy-Syahrastani. 2006. Al-Milal wa al-Nihal: Aliran-aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia (Edisi Lengkap), terj. Asywadie Syukur, Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Corbin, Henry, History of Islamic Philosophy, terj. Liadain Sherrard dan Philip Sherrard, London & New York: Islamic Publications dan The Institute of Ismaili Studies.
Cornell, Vincent J. (ed.). 2007. Voices of Islam: Volume I (Voices of Traditions), USA: Praeger Publishers.
Dahlan, Moh. 2012. “Nalar Ilmu Kalam Emansipatoris”, Religi, vol. 3, no. 1.
De Boer, T.J., 1967. The History of Philosophy in Islam, tej. Edward R. Jones , B.D, New York: Dover Publications, Inc.
Erdem, H. Sabri. 2007. “On Some Theological Views of Abu Mansur al-Maturidi”, Ilahiyat Fakultesi Ilmi Dergisi.
Fakhry, Majid. 2004. A History of Islamic Philosophy (Third Edition), New York: Columbia University Press.
Farida, Umma. 2014. “Membincang Kembali Ahlussunnah wa al-Jamaah: Pemaknaan dan Ajarannya dalam Perspektif Mutakallimin”, Fikrah, vol. 2, no. 1.
Gibb, H.A.R., dkk,. 1991. The Encyclopaedia of Islam: Jilid 6, Leiden: E.J Brill.
Hamka. 2007. “Maturidiyah: Kelahiran dan Perkembangannya”, Jurnal Hunafa, vol. 4, no. 3.
Hasbi Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad,. 1997. Pokok-pokok Pegangan Imam Mazhab, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.
Hatta, Mohammad. 2006. Alam Pikiran Yunani, Jakarta: UI Press.
Isik, Kemal. 1980. Maturidi’nin Kelam Sisteminde: Iman Allah ve Peygamberlik Anlayisi, Ankara: Futuvvet Yayinlari.
Izutsu, Toshihiko. 2008. God and Man in the Qur’an: Semantics of the Qur’anics Welthanschauung, Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
_______, 1994. Konsep Kepercayaan dalam Teologi Islam: Analisis Semantik Iman dan Islam, terj. Agus Fahri Husein, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Karim, M. Nazir, 2004. Dialektika Teologi Islam: Analisis Pemikiran Kalam Syeikh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari, Pekanbaru: Kerjasama Nuansa dan SUSKA Press.
Lazar, Marius. 2015. “Islam: Faith and Practice”, Analize: Journal of Gender and Feminist Studies, no. 4.
Leaman, Oliver dan Sajjad Rizvi,. 2008. “The Developed Kalam Tradition” dalam Tim Winter (ed.), The Cambridge Companion to Classical Islamic Theology, New York: Cambridge University Press.
Machasin. 1996. Menyelami Kebebasan Manusia: Telaah Kritis terhadap Konsepsi Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madani, Abdul Hai. 2011. “Freedom and Its Concept in Islam”, IPEDR, vol. 17.
Martin, Richard C., dkk,. 2003. Defenders of Reason in Islam: Mu’tazilism from Medieval School to Modern Symbol, Oxford: Oneworld Publications.
_______, 2004. (ed.), Encyclopedia of Islam and the Muslim World: Volume 2 (M-Z), USA: Macmillan Reference.
Masturin, “Khazanah Intelektual Teologi Maturidiyah”, Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, vol. 8, no. 1 Juni 2014.
Al-Maturidi, Abu Mansur Muhammad ibn Muhammad ibn Mahmud. 1970. Kitab al-Tawhid, tahqiq Fath Allah Khalif, Beirut: Dar al-Mashyriq.
Mufid, Fathul. 2013. “Menimbang Pokok-pokok Pemikiran Teologi Imam al-Asy’ari dan al-Maturidi”, Fikrah, vol. 1, no. 2.
Nasir, Sahilun A., 2010. Pemikiran Kalam (Teologi Islam): Sejarah, Ajaran dan Perkembangannya, Jakarta: Rajawali Pers.
_______, 2005. “The Epistemology of Kalam of Abu Mansur al-Maturidi”, Al-Jami’ah, vol. 43, no. 2.
Nasr, S.H., tt. Islam: Religion, History and Civilization, HarperCollins e-books.
Nasution, Harun. 2012. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya: Jilid II, Jakarta: UI-Press.
_______, 2006. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, Jakarta: UI Press.
_______, 1986. Teologi Islam: Aliran-aliran, Sejarah, Analisa dan Perbandingan, Jakarta: UI Press.
al-Nawawi, Imam. 2010. 40 Hadis Paling Populer, terj. Budiman Mustofa, Solo: Ziyad Visi Media.
Nor Ichwan, Mohammad,. 2005. “Dekonstruksi Teologi: Menuju Pemaknaan Teologi yang Membebaskan”, Teologia, vol. 16, no. 1.
Ozervarli, M. Sait. 1997. “The Authenticity of the Manuscript of Maturidi’s Kitab al-Tawhid: A Re-examination”, Islam Arastirmalari Dergisi, no. 1.
Pavlin, James. 2003. “Kalam Sunni dan Kontroversi Teologis”, dalam S.H. Nasr dan Oliver Leaman (eds.), Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam (Buku Pertama), terj. Tim Penerjemah Mizan, Bandung: Mizan.
Pojman, Louis P. 2001, Philosophy: The Pursuit of Wisdom 3rd, Canada: Wadsworth,.
Rahbar, Daud 1960. God of Justice: A Study in The Ethical Doctrine of The Qur’an, Leiden: E.J. Brill,
Rahman, Fazlur. 1979. Islam, USA: The University of Chicago Press.
_______,1984. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, USA: The University of Chicago Press,.
______,1980. Major Themes of the Qur’an, Minneapolis-Chicago: Biblioteca Islamica,
_______, 2000. Revival and Reform in Islam: A Study of Islamic Fundamentalism, Oxford: Oneworld Publications.
Ramazan Basaran, Yasin. 2011. “The Idea Subjective Faith in al-Maturidi’s Theology”, Journal of Islamic Research.
Sheikh, M. Seed. 1962. Studies in Muslim Philosophy, Club Road, Lahore: Pakistan Philosophical Congress.
Syafii Ma’arif, Ahmad. 1985. Islam dan Masalah Kenegaraan: Studi tentang Percaturan dalam Konstituante, Jakarta: LP3ES.
Thomas, David. 2008. Christian Doctrines in Islamic Theology, Leiden & Boston: Brill.
Wahid, Abdurrahman. 2006. Islamku, Islam Anda, Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi, Jakarta: The Wahid Institute.
_______, 2007.“Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme Peradaban Islam: Prolog”, dalam Nurcholish Madjid, dkk, Islam Universal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Watt, W. Montgomery. 1985. Islamic Philosophy and Theology: An Extended Survey, Edinburgh: Edinburgh University Press.
Wojcik, Agata dan Lukasz Wojcik,. 2010. “The Sources of Religious and Political Power in Thought of Abu Mansur al-Maturidi and Saint Thomas Aquinas: the Comparative Perspective”, e-Makalat Mezhep Arastirmalari, vol. III, no. 2.
Zar, Abu, 2014. “Pemikiran al-Maturidiyah dalam Pemikiran Islam”, Jurnal Adabiyah, vol. 14, no. 2.
Zar, Sirajuddin, 2007. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Zuhri, Amat, 2010. ”Kecenderungan Teologi Maturidiyah Samarkand”, RELIGIA, vol. 13, no.1.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v17i2.6373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats