PERAN SASTERA SHUFISTIK DALAM MENDIDIK KESADARAN

M Arrafie Abduh

Abstract


Wa idza saalaka ‘ibadi ‘anni fainni qarib (bila hamba-Ku bertanya tentang Aku, sesungguhnya Aku sangat dekat, Q.S. al-Baqarah ayat 186), merupakan inti shufisme yang terdapat dalam kitab suci Alqur’an untuk menapis, memberi pengajaran dan kesadaran (syu’ur atau consciouness) kepada sebagian ulama yang menolak eksistensi esensi mistisisme dalam Islam. Shufisme atau tashawwuf sering dideskriditkan dan dikambinghitamkan oleh sebagian kelompok modernis, sekularis dan rasionalis, karena ajarannya yang dianggap eksesif, bid’ah, khurafat, tahayyul, akhirat oriented dan sangat tolerans (tasammuh), sehingga ajarannya dianggap kacau, kocar kacir dan tidak punya pendirian. 

Munculnya mistisisme dalam Islam didasari oleh adanya sekelompok ummat Islam yang belum merasa puas dengan manhaj (thariqah) pendekatan diri (taqarrub) kepada Tuhan melalui ibadat shalat, puasa, zakat dan haji. Mereka ingin merasa lebih dekat lagi dengan Tuhan. Jalan untuk itu dikembangkan melalui pendidikan (tarbiyyah)  tashawwuf.  Tashawwuf atau shufisme pendidikan adalah istilah teknis yang digunakan untuk mendeskripsikan gagasan mistisisme dalam Islam (Islamic Mystic) yang dinamis.       

Tujuan dari shufisme dinamis (dynamic shufism atau tashawwuf tahriki), baik yang di dalam maupun yang di luar Islam, adalah membentuk dan mendidik kesadaran untuk memperoleh hubungan langsung dan disadari dengan Tuhan, sehingga disadari benar bahwa seseorang berada dekat di hadirat Tuhan (ma’rifat dan wahdat). Intisari dari mistisisme, inklusif tashawwuf, adalah kesadaran adanya komunikasi dan dialog (munajat) antara ruh manusia dengan Tuhan, dengan hidup zuhud (asketik), bermeditasi (khalwat dan uzlah) dan berkontemplasi (dzikir dan fikir)

Keywords


sastera, shufistik, shufi, tashawwuf, mendidik dan kesadaran

References


A.J.Arberry, A Shufi Martyr, The Aplogia of Ayn al-Qudhat al-Hamadhani, penerjemah Joebar Ajoeb, Apologia Shufi Martir, Ayn al-Qudhat al-Hamadhani, Bandung : Mizan, Cetakan I, 1987.

Ahmad Daudy, Allah dan Manusia dalam Konsepsi Syekh Nuruddin Arraniry, Jakarta : Rajawali Press, Cetakan I, 1983.

Anand Krishna, Kembara Bersama Mereka yang Berjiwa Shufi, Jakarta : Gramedia, 2000.

Fariduddin ‘Aththar, Manthiq al-Thayr, ditransliterasi ke dalam bahasa Inggris oleh C.S.Nott, The Conference of the Birds, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Hartojo Andangdjaja, Musyawarah Burung-Burung, Jakarta Pusat : Pustaka Jaya, Cetakan I, 1983.

Hadiyah Salim, Mukhtar al-Ahadits, Bandung : al-Ma’arif, Cetakan III, 1983.

Handri Raharjo, Mengurai Dunia Spiritual Gundur, Yogyakarta : Citra Media, Cetakan I, 2010.

Laily Manshur, Ajaran dan Teladan para Shufi, Jakarta : Srigunting, Cetakan I, September 1996.

M.Arrafie Abduh, Corak Tashawuf Abdurrahman Shiddiq dalam Syair-Syairnya, Pekanbaru : Suska Press, Cetakan II, 2008.

---------------------, Ajaran Tashawuf dan Thariqat Dawud ibnu Abdillah al-Fathani, Pekanbaru : Suska Press, Cetakan I, 2009.

Mir Valiuddin, The Qur`anic Shufism, Delhi : Varanasi Patna, Motilal Banarsidas, 1977.

Muhmidayeli, Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pekanbaru : PPs UIN Suska, 2007.

Munzir Hitami, Agama dan Tantangan Dunia Pendidikan, Sebuah Pengantar, dalam Muhmidayeli, et.al., Membangun Paradigma Pendidikan Islam, Pekanbaru : PPs UIN Suska Riau, Cetakan I, Juni 2007.

R.A.Nicholson, The Matsnawi of Jalaluddin Rumi, London : Luzac and Co.Ltd, 1977, 6 Volumes.

V.I.Braginsky, Yang Indah, Berfaedah dan Kamal, Sejarah Sastera Melayu dalam Abad 7-19 Masehi, Jakarta : Indonesian-Netherlands Cooperation in Islamic Studies, Seri INIS XXXIV, 1998.

Sayyid Husein Nashr, Three Muslim Sages, New York : Harvard University Press, 1964.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v12i2.3865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats