PENDIDIKAN AFEKTIF DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG

Mursal Mursal

Abstract


Dunia pendidikan  di Indonesia saat ini telah menghadapi problem yang sangat kompleks. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya kualitas pendidikan dari beberapa indikator diantaranya lulusan sekolah dan Perguruan Tinggi  yang belum siap memasuki dunia kerja, sikap kalangan eksekutif, yudikatif dan legislatif yang kurang peduli terhadap permasalahan negeri ini. Permasalahan di atas dikarenakan pendidikan yang ditawarkan di sekolah-sekolah masih mementingkan aspek kognitif. Padahal ada aspek lain yang penting untuk dididik yaitu aspek afektif. Rumusan masalah dalam tulisan ini adalah bagaimana pendidikan afektif menurut Hasan Langgulung. Tulisan ini mempokuskan objek kajiannya pada sumber-sumber teoretis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan content analiysis dengan cara deskriftif analitik. Pendidikan afektif menurut Hasan Langgulung dapat dilakukan di lingkungan keluarga dan sekolah dengan metode pembiasaan, amsal/contoh, keteladanan, suruhan, pengawasan, bimbingan, dan latihan

Keywords


Pendidikan

References


An-Nahlawi, Abdurrahman Ushul at-Tarbiyah al-Islamiyah wa asalibuha Damaskus : Dar al-fikr, 1988.

Al-Toumy al-Syaibany, Omar Muhammad, Falsafah Pendidikan Islam, Terj Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Indonesia Educational Statistic in Brief 2000/2001: Balitbang Depsiknas dikutif dari harian Media Indonesia, 28 Maret 2011

Kunandar, Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : Rajawali Press, 2007

Langgulung Hasan, Manusia dan pendidikan suatu analisa psikologi dan pendidikan, Jakarta : al-husna Zikra, 1996.

______________, Beberapa Aspek Pendidikan ditinjau dari segi Islam, Kuala Lumpur Dewan Masyarakat, 1997.

_____________, Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam, Bandung : al-Maa’arif, 1980.

_____________, Asas-asas Pendidikan Islam , Jakarta : Pustaka al-Husna Baru, 2003.

_____________, Pendidikan Islam Abad 21, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2003.

_____________, Kreativitas dan Pendidikan Islam Analisa Psikologi dan Falsafah, (Jakarta : Pustaka al-Zikra, 1991.

______________,, Pendidikan Peradaban Islam Jakarta : Pustaka al-Husna, 1985

________________, Teori-teori kesehatan mental, Jakarta: al-Husna Zikra, 1986.

Nata, Abuddin, ,Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Segi Kajian Filsafat Pendidikan Islam,( Jakarta : Grafinso Persada, 2003.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2007

Tamim, Hasan “ al-Muqaddimah” dalam Tathir al-A’raq, Beirut : Mansyurat Dar al Maktabah al-Hayat, 1398 H

Who’s Who in The Word, 7 Edition 1984-1985, Chicago IIIiniois: Marquis Who’s Who Incorporated, 1984




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v12i1.3862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats