Genealogi Pembaruan Islam Modern di Indonesia: Studi Kritis atas Gagasan Rasionalisme Islam Harun Nasution dan Implikasinya bagi Pendidikan Islam

Nur Khasanah, Muhammad Fery Mustika, Heru Budi Santoso, Murodi Murodi, Attabik Luthfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri akar historis dan intelektual pembaruan Islam modern di Indonesia melalui studi kritis terhadap gagasan rasionalisme Islam Harun Nasution serta mengevaluasi implikasinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan rasionalisme Harun Nasution memiliki pengaruh signifikan dalam pembentukan kurikulum dan pendekatan pemikiran kritis dalam pendidikan Islam. Data menunjukkan bahwa sebesar 78% responden mengakui kontribusi pemikiran rasional Nasution dalam pembelajaran filsafat Islam, dan 65% menilai bahwa pendekatan ini meningkatkan daya kritis mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini mendorong penguatan rasionalisme sebagai landasan dalam pengembangan pendidikan Islam yang terbuka, inklusif, dan kontekstual.


References


Alfian, A. N. (2023). Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Seorang Sejarawan Dan Intelektual. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 182–189. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24534

Amir, A. nabil. (2021). Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Rasionalisme Islam: Suatu Penelitian Ringkas. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 3(2), 201–216. https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i2.94

Awaliah, F., & Siregar, M. (2023). Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Pemikiran Harun Nasution ( Religius-Rasional ) Tentang Pendidikan Islam. 9(4), 1487–1495.

Dinata, S. (2021). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam. An-Nida’, 45(2), 151. https://doi.org/10.24014/an-nida.v45i2.16535

Ermagusti, E., Syafrial, S., & Tri Hadi, R. (2022). Integrasi Teologi Islam, Sufisme, Dan Rasionalisme Harun Nasution. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(1), 180–208. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i1.237

Fikria Adira, H. (2023). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 79–89.

Hannan, A., & Syarif, Z. (2022). Konservatisme vs. Moderatisme: Kontestasi Pemikiran Keagamaan Kontemporer di Kalangan Ormas Islam Lokal di Madura, Indonesia. Fikrah, 10(2), 329. https://doi.org/10.21043/fikrah.v10i2.16475

Hendi Sugianto, M. Yunus Abu Bakar, A. Z. F. (2023). Legasi Harun Nasution Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Di Era Modern. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 4(1), 183–207.

Ihsan, M. (2023). Mempedomani Al-Qur’an dalam Mencegah Terjadinya Krisis Multidimensi dalam Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1. https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/47%0Ahttps://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/download/47/23

Ma’rifatunnisa’, W., Rusydi, M. I., & Salik, M. (2022). Pembaharuan Pendidikan Islam Harun Nasution Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Islam Era Society 5.0. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 8(1), 18. https://doi.org/10.31332/zjpi.v8i1.3487

Muhammad Irfan. (2018). Paradigma Islam Rasional Harun Nasution: Membumikan. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial UIN SU Medan, 1(2), 103–122.

Muhlis, M. (2022). A SKETSA GERAKAN PEMBARUAN ISLAM DI INDONESIA: Studi Kritis terhadap Pemikiran Harun Nasution. Jurnal El-Hikam, 17(2), 178–206. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/183%0Ahttps://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/download/183/144

Ngalimun, N., & Rohmadi, Y. (2021). Harun Nasution: Sebuah Pemikiran Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Kontemporer. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 3(2), 55. https://doi.org/10.31602/jt.v3i2.6016

Purwanto, A., Hidayati, I., & Qohar, A. (2022). Hubungan Persepsi Terhadap Organisasi dan Motif Sosial dengan Minat Berorganisasi. ANFUSINA: Journal of Psychology, 5(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajp.v5i1.13987

Riyadi, A., & Sukma, H. V. (2019). Konsep Rasionalisme Rene Descartes Dan Relevasinya Dalam Pengembangan Ilmu Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2). https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1026

Sahrawi. (2022). Implementasi Pemikiran Harun Nasution. Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 25–40.

Scholar, G. (2024). O f a h. 4(November), 4004–4021.

Septiana, E., & Rofiah, K. (2024). Dampak Dan Peranan Pemikiran Politik Tokoh Islam (Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal) Terhadap Pembaruan Dunia Islam. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 1–18. https://doi.org/10.33477/eksy.v5i02.6921

Toriyono, M. D., & Hurroziqy, M. F. (2023). Relasi Filsafat, Teori Belajar dan Kurikulum Pendidikan Islam. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.4498

Yaqzhan, J., Farah, N., Madjid, N., Nasution, H., & Madjid, N. (2024). PEMBARUAN ISLAM DI INDONESIA : TELAAH ATAS PEMIKIRAN HARUN NASUTION , NURCHOLIS MADJID , DAN ABDURRAHMAN WAHID ISLAMIC REFORM IN INDONESIA : A STUDY OF THE THOUGHTS OF HARUN NASUTION , NURCHOLISH MADJID , AND ABDURRAHMAN WAHID. 10(02). https://doi.org/10.24235/jy.v10i2.18936




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v24i1.36715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats