Aktivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Toleransi antar Agama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMKN 1 Kuala Cenaku

Al Afif Hazmar, Annisa Indah Saputri

Abstract


Penerapan kurikulum merdeka dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila sangat penting dalam membentuk toleransi antar agama. Seperti di sekolah SMKN 1 Kuala Cenaku, guru pendidikan agama Islam menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasiladengan menggunakan elemen pertama: beriman, bertakwa, kepada Tuhan Yang Mahsa Esa, dan berakhlak mulia, dengan elemen kuncinya: akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia. Melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila peserta melaksanakan projek poster anti bullying dan anti tindakan intoleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMKN 1 Kuala Cenaku. 2) Mendeskripsikan aktivitas Projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk toleransi antar agama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 1 Kuala Cenaku. Metode penelitian yang digunakandalam penulisan ini adalah metode kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SMKN 1 Kuala Cenaku. Informan penulisan ini adalah guru pendidikan agama Islam, wakil kurikulu guru dan kepala sekolah SMKN 1 Kuala Cenaku.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (Conclusion drawing/verification). Hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1)Projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMKN 1 Kuala Cenaku berjalan dengan baik dan sangat efektif. Tindakan peserta didik yang sudah mencerminkan sebagai pelajar pancasila seperti. 2) Aktivitas yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membentuk toleransi antar agama sudah sangat menunjang terwujudnya toleransi antar agama di SMKN 1 Kuala Cenaku, dengan cara: a) Memberikan contoh kepada peserta didik b) Memberikan memberikan teladan. c) menegaskan agar peserta didik tidak mengganggu teman yang sedang beribadah. d) menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan kegiatan pembuatan poster dan kuliah umum anti tindakan bullying dan anti tindakan intoleransi

Full Text:

PDF

References


Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 145.

Ardanari, C. B., Tri, S., Revita, S., & Kania, F. (2020). Profil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Asir, A. (2014). Agama dan Fungsinya dalam Kehidupan Umat Manusia. Jurnal Penelitian dan Pemikiran KeIslaman, 52.

Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 19.

Dewi, A., & Siti, S. (2018). Toleransi antar umat beragama prespektif KH. Ali Mustafa Yaqub. Jurnal Studi Al-Quran.

Digdoyo, E. (2018). Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, dan Tanggung Jawab Sosial Media. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 46-47.

Esra. (2022, Oktober 15). Dipetik Maret 2, 2024, dari https://www.riaumerdeka.com/read-10419-2022-10-15-oknum-guru-smk-negeri-1-tandun-dituding-intoleransi-.html

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 118.

Hardani, d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grub.

Indriani. (2021, Januari 26). Dipetik Maret 1, 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/1968824/kasus-intoleransi-di-sekolah-disemai-oleh-peraturan-daerah

Ishak, N. (2022). Toleransi Beragama dalam Konstitusi dan Jaminan Perlindungan Hak Asasi Manusia. Jurnal Scientia Indonesia, 63-64.

Naufal, M. (2022, Agustus 10). Dipetik Maret 1, 2024, dari https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/10/16092341/larang-siswa-pilih-ketua-osis-nonmuslim-guru-sman-58-jakarta-dimutasi

Nazmudin. (2017). Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI). Journal of Government and Civil Society, 35.

Prastiwi, M. (2022, Februari 28). Dipetik Maret 7, 2024, dari https://www.kompas.com/edu/read/2024/02/28/205401871/keunggulan-kurikulum-merdeka-akan-jadi-kurikulum-nasional-2024

Rizky, S., Pia, A., Kandi, S. W., & Tracey, Y. H. (2022). Panduan Pengembangan Projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Sandu, S., & M. Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. (2023, Januari 16). Dipetik Maret 1, 2024, dari https://kemenag.go.id/hindu/toleransi-beragama-hyv3tv

Syukur, A. H., & Adrianus, B. (2021). Penanaman Nilai Toleransi Umat Beragama Dikalangan Siswa SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 421-422.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasarhakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 22.

Yogi, A., & Dion, G. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Yudi, G. D., & Hudaniah. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v23i2.35115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats