Memanfaatkan Kekuatan Komunitas: Edukasi Penanggulangan Berita Hoaks dan Propaganda Radikalisme di Komunitas Pendidikan berbasis Sosial Media di Indragiri Hulu

Afiq Budiawan, Agung Teguh Wibowo Almais, Musa Thahir

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai hoaks serta propaganda radikalisasi di kalangan komunitas pendidikan Indragiri Hulu. Mengusung pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), kegiatan ini memanfaatkan sumber daya lokal, khususnya keahlian pendidik dan dukungan lembaga pendidikan, sebagai strategi utama dalam penanggulangan masalah sosial ini. Hasil pengabdian mencakup peningkatan kesadaran masyarakat, kolaborasi yang kuat antar-stakeholder, pengembangan program edukasi sesuai kebutuhan lokal, serta penyebarluasan hasil melalui berbagai saluran. Proses evaluasi berkelanjutan juga diterapkan untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan program. Model pendekatan ABCD dan program edukasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi panduan replikabel bagi komunitas pendidikan lain yang menghadapi tantangan serupa.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Kurniawan, K., Amirullah, F., & Aroyandini, E. N. (2022). Edukasi Pencegahan Penyebaran Berita Hoaks Melalui Sosial Media Di Smk Negeri 71 Jakarta. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 160–167. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i2.2769

Agus SB, , 2016. Deradikalisasi Dunia Maya, Melncegah Simbiosis Terorisme dan Media. Jakarta:Daulat Press.

Amrullah, H. (2021). Pendampingan Pengurus Pondok Pesantren Mengembangkan Website. 4(2), 73–78.

Anderson, L. W., & David R. Krathwohl, D. R., et al. .2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom`s Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group).

Asrori, A. (2015). Radicalism in Indonesia: Between Historicity and Anthropicity. Kalam, 9(2), 253–263.

Brown, J. A., Neuberger, L., Durden, T. R., & Lawson, C. M. (2020). Preparing Students to Navigate an Era of Misinformation. Journal of Political Science Education, 16(4), 433-454.

Creswell, J., W. 2012 Educational Research: palnning, conducting abd evakuating quantitative dan qualitative research (4th ed.). Boston; Pearson Education, Inc.,

Dick, W. & Carey, L. 1985. The systematic design of instruction. (2nd ed.). Glenview, IL: Scott, Foresman & Co.

Dulkiah, M., & Setia, P. (2020). Pola Penyebaran Hoaks pada Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Bandung Jawa Barat. Jurnal SMaRt, 06(02), 245–259.

Endri Kusumaratih. 4 Januari, 2017. Renik Media Sosial. Hadila, hlm, 9.

Johnson, M. P., & Kaye, B. K. (2019). Seeking (and Resisting) Validation: The Relationship Between Social Media Use and Public Perceptions of News Media Credibility. Social Media + Society, 5(1), 2056305118820063.

Misbah, A. (2018). Understanding and Combating Fake News: A Review of the Relevant Literature. Library Philosophy and Practice (e-journal).

Setiawan, B. (2019). The Impact of Media Literacy on Recognizing Fake News: An Empirical Survey among Indonesian University Students. Journal of Media Literacy Education, 11(3), 29-45.

Smith, A. N., Fischer, E., & Yongjian, C. (2017). How Does Brand-related User-generated Content Differ across YouTube, Facebook, and Twitter? Journal of Interactive Marketing, 38, 102-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v23i2.35114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats