Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab 'Adabul 'Alim wal Muta'allim': Perspektif KH. Hasyim Asy'ari dalam Pembentukan Karakter dan Etika Berbasis Islam

A. Munir A. Munir, Munzir Hitami, Mas'ud Zein

Abstract


Pendidikan akhlak memegang peranan penting dalam membentuk karakter individu, masyarakat, dan umat dalam konteks modernisasi saat ini. KH. Hasyim Asy'ari, melalui karyanya yang terkenal, "Adab al-Alim wa al-Muta'allim" (akhlak pengajar dan pelajar), menyoroti nilai-nilai akhlak yang merupakan landasan dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna konsep pendidikan akhlak dari perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya tersebut, serta untuk menganalisis relevansinya dengan pendidikan akhlak saat ini. Melalui metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan sosiologis, filosofis, arkeologis, dan historis, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy’ari menekankan pada nilai-nilai estetika sufistik dan pendidikan karakter. Pendidik dan peserta didik dituntut untuk menjaga akhlak dalam pendidikan, dengan menghayati nilai-nilai luhur dan berpegang teguh pada ketauhidan. Konsep pendidikan akhlak menurut Hasyim Asy’ari memiliki relevansi dengan konteks pendidikan akhlak di Indonesia, mencakup aspek-aspek seperti makna, tujuan, latar belakang pemikiran, metode, media, dan evaluasi pendidikan karakter. Sikap mental, upaya untuk menjadi pendidik dan peserta didik yang berakhlak, serta strategi mengajar yang digunakan, semuanya memiliki indikator-indikator yang sesuai dengan kompetensi pendidik dan nilai-nilai akhlak menurut kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, karya KH. Hasyim Asy’ari memberikan kontribusi penting dalam pembentukan karakter dan pendidikan akhlak yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Full Text:

PDF

References


Adu, L. (2019). Pandangan Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga. Horizon Pendidikan, 10(2).

Alba, A. P. (2019). Pengembangan buku ajar tematik berbasis nilai-nilai kearifan lokal Malang Raya tema Daerah Tempat Tinggalku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Amarodin, A. (2022). Jurnal Akhlak Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak. PERSPEKTIF: Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam, 15(02), 24-49.

Apsari, N. C. (2013). Pekerjaan Sosial dengan Anak dan Keluarga. Share: Social Work Journal, 3(2).

Armansyah, A. (2019). Polemik Isbal dan Sombong Serta Pendapat Ulama Terkait Mukhtalif Al Hadits. SANGAJI: Jurnal Pemikiran Syariah Dan Hukum, 3(2), 244-263.

Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orangtua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 221-228.

Fitriyani, L. (2018). Nasikh Mansukh dalam Tafsir Ibnu Katsir (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Haji, S. (2015). Pembelajaran tematik yang ideal di sd/mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 56-69.

Jalili, I. (2019). Peran Dan Pengaruh Al-Hadits An-Nabawi Dalam Konsep At-Taq’id Alfiqhiy: Studi Aplikatif Mengenai Pemikiran Ibnu Nujaim Al-Hanafi (W. 970 H). JURNAL ILMIAH MIZANI: Wacana Hukum, Ekonomi, dan Keagamaan, 3(2).

Khoerunnisa, A. N., Surana, D., & Junaedi, L. (2017). Pendidikan Akhlak pada Anak Perspektif Imam Al Ghazali (Analisis Pendidikan Akhlak terhadap Nasehat Imam Al Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad). Prosiding Pendidikan Agama Islam, 62-66.

Kusnadi, A., & Watini, W. (2017). Evaluasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Aspek Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA (Negeri/Swasta) Sekota Depok. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-22.

NM, S. R. (2020). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Sikap Keagamaan Anak di Rewwin Waru Sidoarjo. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 7(1), 90-97.

Pitaloka, H. Y. (2020). Problematika orang tua dalam pendidikan anak usia dini di keluarga buruh tunggak (studi kasus di Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Puspawati, D. (2006). Harga diri individu dewasa awal yang mengetahui pernah mengalami percobaan diaborsi oleh orangtua (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Putra, R. S., & Kadarisman, Y. (2016). Kriminalitas Di Kalangan Remaja (Studi Terhadap Remaja Pelaku Pencabulan Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas Ii B Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Rachmayanie, R. (2017). Seks pra nikah sebagai problematika remaja sekolah menengah. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni (pp. 4-6).

Rahman, A. S., Nurjannah, S., & Utami, I. R. (2018). Dampak Maraknya Kekerasan antar Pelajar Terhadap Motivasi Belajar. PKM-P, 2(2).

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., Hartatik, S., & Minandar, D. S. (2022). Integrasi Alat Peraga pada Pembelajaran Tematik: Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(4), 851-860.

Rusdi, F., & Widiastuti, T. (2020). Rancangan Kebijakan Harga Di Pasar: Telaah Atas Pemikiran Ibnu Khaldun Dan Ibnu Taimiyyah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(9), 1755-1769.

Shaary, K., & Harun, M. A. W. (2020). Amalan Rukhsah Sembelihan Ahli Kitab Menurut Yusuf Al-Qaradawi Dalam Kitab Al-Halal Wa Al-Haram Fi Al-Islam. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences (e-ISSN: 2600-9080), 3(1), 22-31.

Sholeh, S. (2016). Pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga menurut Imam Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 55-70.

Subrowi, S., Maulida, A., & Priyatna, M. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Akhlak Al-Karimah Siswa Kelas XI SMA Kornita IPB Dramaga Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 32-42.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali. At-Ta'dib, 10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.29532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats