Tinajauan Sosiologi Hukum: Isu Poligami sebagai Solusi Akibat

Erda Yuni Safitri

Abstract


Maraknya perselingkuhan yang terjadi sebab pola sosial yang bebas dirasa membuat urgensi poligami menjadi semakin tampak. Sebab alih-alih berselingkuh poligami merupakan solusi untuk membangun hubungan yang sah. Baik dilihat dari aturan hukum Islam ataupun regulasi di Indonesia sendiri Poligami telah mendapatkan payung hukum yang sah yaitu diatur dalam UU 1974 tentang perkawinan dan juga Kompilasi Hukum Islam (KHI). Salah satu syarat bahwa poligami dapat dilakukan telah diatur dalam kompilasi hukum islam Pasal 57a yaitu “Isteri tidak dapat menjalankan kewajiban sebagai isteri.” Kemudian Islam, memperbolehkan berpoligami dalam keadaan darurat dengan syarat berlaku adil. Penulisan ini disusun menggunakan metode kepustakaan (library research). Adapun hasilnya, satu cara untuk mengurangi angka perselingkuhan di Indonesia adalah dengan mengedukasi nilai-nilai maslahat yang terdapat pada poligalmi. Justru dengan berpoligami kerukunan dalam hubungan berumahtangga dapat lebih terjaga. Sebab setiap pihak akan lebih terbuka dengan kebutuhan dan keresahan yang dirasakan masing-masing pihak dalam menjalankan rumah tangga. Berawal dari hubungan sosial rumah tangga yang baik pula hubungan sosia bernegara akan menjadi lebih baik.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2010). Kompilasi Hukum Islam. Jakarta: Akadeimika Preissindo

Al-Bahuty. (1402). Kasyaaf Al-Qanna` fisyarh al-Iqna`i. Beiruit: Dar al-Fikr, juiz 17.

Al-Kasyan. (1982). Bada`i` al-Shana`i`. Beiruit: Dar Al-Kitab Al-`Arabi.

Al-Qaradhawi, Y. (1995). Ruang lingkup Aktivitas Wanita Muslimah. Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, cet I

Al-Syafi`I. (2001). Imam. Al-Umm. Kairo: Dar al-Wafa`, ceit I, juiz V.

Fanani, M. N. (2017). Pemberian Izin Poligami Oleh Pengadilan Agama Kudus Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam. Universitas Muria Kudus.

Ibnui Quiddamah, A. (1402). Al-Syarh Al-Kabiir dan Al-Bahuity, Kasyaaf Al-Qanna` fisyarh al-Iqna`I karya Al-Hajawy. Beiruit: Daar al-Fikr.

INPRES No.1 Tahun 1991. Kompilasi Hukum Islam. Surabaya :Karya Anda, 1991.

Ishomuddin. (1996). Sosiologi Agama (Pluralisme agama dan Interpretasi Sosiolog). Malang: UMM Press.

Jalil, M. A. Tinjauan Sosio-Filosofis Urgensi Pemberian Izin Poligami Di Pengadilan Agama.

Madjid, N. (2000). Islam, Doktrin dan Peradaban (sebuah telaah kritis tentang masalah keimanan, kemanusiaan, dan kemodernan). Jakarta:Paramadina

Malik, I. (t.th). Al-Muiwatha`. Kairo: Dar Ihya Kuitub al-Arabiyah.

MZ, L. (1986). Pembelaan Umat Muhammad. Surabaya: Bintang Pelajar.

Pyei, M. (2003). Agama Eimpiris (Agama dalam Pergumulan Realitas Sosial). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusyd, I. (1983). Bidayah al-Mujtahid fi nihayah al-Muqtashid. Dar al-fikr, (t.th). Sabiq, Sayyid. Fiqhus Sunnah. Beiruit: Daruil Fikr.

Septiandani, D., & Astanti, D. I. (2021). Konsekuensi Hukum Bagi Suami Yang Melaksanakan Poligami Yang Melanggar Aturan Hukum Positif Indonesia Dan Hukum Islam. Jurnal USM Law Review, 4(2), 795-817.

Taymiyah, I. (1398). Majmu` Fatawa Ibnu taymiyah, (tahkik Abdurrahman bin Muhammad bin Qasim An-Najdi). Beiruit: Dar Al-Arabiyah, juiz 32.

Usmam, B. (2017). Poligami Menurut Perspektif Fiqh (Studi kasus di Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Aceh). Samarah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 1(1), 275-288.

Zamakhsyari, M. (1987). Al-kasysyaf ‘an haqa-iq ghawamidh al-tanzil wa ‘uyun al-aqawil fi wujuhi al-ta’wil. Mesir: Dar Arraya




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.28918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats