Telaa Surat Lukman Menurut Quraish Shihab: Memahami Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam

Musa Thahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan karakter dalam surat Lukman dengan focus penelitian yang mencakup: 1) karakter manusia dalam al-Qur‘an surat Lukman 2) nilai karakter dalam surat Lukman, 3) proses penanaman nilai karakter yang terdapat dalam surat Lukman Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis study pustaka (library reseach). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan content analysis. Dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) memilih dan pengamatan secara cermat terhadap teks, 2) mengklasifikasi komponen pesan yang mengandung pendidikan karakter, 3) menganalisis data secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1. Karakter manusia dalam al-Qur‘an surat Lukman meliputi: a) muhsinin, b) kesalehan, c) kepedulian yang tinggi, d) rendah hati, e) sombong, f) dan kufur nikmat 2. Nilai karakter dalam surat Lukman meliputi: a) nilai iman/ tauhid, b) nilai birrul waalidain (berbakti kepada orang tua), c) nilai syukur, d) bijaksana, e) nilai sabar. 3. Proses penanaman nilai karakter dalam surat Lukman yang meliputi: a) tujuan pendidikan yang termuat dalam surat Lukman adalah merupakan proses penanaman nilai dalam upaya untuk membentuk insan kamil, manusia yang kaya akan nilai-nilai karakter yang bernuansa keislaman—bercerminkan pada akhlak nabi yang bersumber pada al-Qur‘an dan hadits, b) materi pendidikan Lukman terdiri dari akidah, syari‘ah, dan akhlak, c) untuk menanamkan nilai keimanan, akhlak, dan syari‘ah Lukman menggunakan metode maw‟izdhah (nasihat), qudwah (teladan), targhib (anjuran), tarhib (ancaman) dan metode larangan.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


’Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat di kelurahan Karang Panjang kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672

Adinata, T. P., & Noviandari, H. (2020). Lifestyle relationship and conformity with consumptive behavior in adolescents in Banyuwangi City Province of East Java. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 1–9.

Adiputra, R., & Moningka, C. (2012). Gambaran perilaku konsumtif terhadap sepatu pada perempuan dewasa awal. Psibernetika, 5(2), 76–90.

Azzahra, N. A. (2023). Perilaku konsumtif belanja online shopee pada remaja di Lampung Utara. Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 50–64.

Dewi Rosadi, S., & Gumelar Pratama, G. (2018). Urgensi perlindungan data privasi dalam era ekonomi digital di Indonesia. Veritas et Justitia, 4(1), 88–110. https://doi.org/10.25123/vej.2916

Dianari, R. G. F. (2019). Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. In Bina Ekonomi (Vol. 22, Issue 1, pp. 43–62). https://doi.org/10.26593/be.v22i1.3619.45-64

Dyah Nirmala Arum Janir, S.E., M. S. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan spss. In Semarang University Press (Issue April 2012).

Estetika, M. (2017). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Perempuan Kelas XII IPS. Jurnal Dinamika Ekonomi PembangunanPendidikan Ekonomi, 3(1), 1–10.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doAl, M. Q. S. D. T., & Di, M. D. I. (2019). Journal of Educatio and Management Studies. Journal of Educatio and Management Studies, 2(2).

Al-Maragi, A. M. (1970). Tafsir aL-Maragi Juz X. Mesir: Mustafah al-Babi al-Halabi.

Al-Qurtubi. (1988). al-jami‟ li al-ahkam al-Qur‟an. Baerut: Dar Fikr, 1988.

Alvianto, A. (2017). Pendekatan Pembelajaran Cooverative Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal TAUJIH, 10(02).

Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11-21.

Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183-194.

Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2).

Boiliu, N. I. (2016). Tuhan, Manusia Bertuhan dan Potret Moralitas Tuhan Dalam Kehidupan Praksis Manusia BerTuhan. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen (TORAH), 1(1), 1-17.

Brusi, I. H. (t.th). Ruh al-Bayan. Bairut: Dar al-Fikr.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2).

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 269-288.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hamid, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 1-16.

Huda, M., & Idris, M. (2008). Nalar Pendidikan Anak. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160

Jaeng, M. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Matematika. Aksioma, 5(3), 13-25.

Jamal, S. A. (2017). Konsep Akhlak Menurut Ibn Miskawaih. TASFIYAH: Jurnal Pemikiran Islam, Februari, 1(1).

Jawhari, T. (t.th). al-Jawahir Fi Tafsir al-Qur‟an. Juz 15. Bairut: Dar al-Fikr.

Kamalludin, K. (2018). Pembinaan Keluarga Dalam Perspektif Jamaah Tabligh. Mizan: Journal of Islamic Law, 2(1).

Katsir, I. (t.th). Tafsir Ibn Katsir. Bairut-Lebanun: Daar Al-Kutb Al-Alamiah.

Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40.

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1-9.

Mardikarini, S., & Hamdani, F. (2019). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Tapak. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 70-76.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Nahlawi, A. A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat.

Nurfirdaus, N., & Risnawati, R. (2019). Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36-46.

Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153-170.

Pratama, S., Eni, S. H., & Rustan, N. A. (2014). Aktualisasi Pendidikan Karakter F3c (From Family For Children) Berbasis Al-qur'an sebagai Upaya Penanaman Moral dan Etika Bagi Anakanak Sejak Dini (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Rahman, A., & Kasim, D. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’ an; Upaya Menciptakan Bangsa yang Berkarakter. Al-Ulum, 14(1), 247-268.

Raikhan, R. (2018). Peran Pesantren Dalam Perkembangan Penalaran Moral Santri. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 57-79.

Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197-217.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16-34.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1), 11-17.

Shihab, Q. (2002). Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur‟an. Jakarta: Lentera Hati.

Suarmini, N. W. (2014). Keluarga sebagai wahanan pertama dan utama pendidikan karakter anak. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 7(1), 118-135.

Sugiana, A., & Sofyan, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1).

Suradi, A. (2017). Paradigma Aktualisasi Diri Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ngabari: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(2), 1-18.

Suryawan, I. A. J. (2019). Peran Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun SDM Hindu Berkarakter serta Berakhlak Mulia. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 3(1), 30-41.

Syafi'i, A. H., & Syaoki, M. (2018). Karakter Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Lukman. Komunike, 10(2), 89-98.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i2.28765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats