Pengaruh Konformitas Hedonis dan E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Putri Regita Cahyania

Putri Regita Cahyania, Titik Ulfatuna

Abstract


perilaku konsumtif siswa SMKN 1 Purwodadi, apakah e-commerce berpengaruh pada perilaku konsumtif siswa SMKN 1 Purwodadi dan apakah konformitas hedonis dan e-commerce berpengaruh pada perilaku konsumtif siswa SMKN 1 Purwodadi. Dalam penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui penggunaan kuesioner dengan skala likert digunakan untuk mengumpulkan data dari 104 responden siswa SMK Negri 1 Purwodadi. Kuesioner tersebut mencakup pertanyaan sehubungan dengan tingkat konformitas hedonis, penggunaan e-commerce, dan perilaku konsumtif. Statistic program for social sciense (SPSS) digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif siswa SMK Negri 1 Purwodadi.  Meskipun demikian, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh antara penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumtif siswa. Sedangkan konformitas hedonis dan e-commerce secara simultan memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif.

Kata Kunci: Konformitas Hedonis, E-Commerce, danPerilaku Konsumtif.

 

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

’Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat di kelurahan Karang Panjang kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672

Adinata, T. P., & Noviandari, H. (2020). Lifestyle relationship and conformity with consumptive behavior in adolescents in Banyuwangi City Province of East Java. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 1–9.

Adiputra, R., & Moningka, C. (2012). Gambaran perilaku konsumtif terhadap sepatu pada perempuan dewasa awal. Psibernetika, 5(2), 76–90.

Azzahra, N. A. (2023). Perilaku konsumtif belanja online shopee pada remaja di Lampung Utara. Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 50–64.

Dewi Rosadi, S., & Gumelar Pratama, G. (2018). Urgensi perlindungan data privasi dalam era ekonomi digital di Indonesia. Veritas et Justitia, 4(1), 88–110. https://doi.org/10.25123/vej.2916

Dianari, R. G. F. (2019). Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. In Bina Ekonomi (Vol. 22, Issue 1, pp. 43–62). https://doi.org/10.26593/be.v22i1.3619.45-64

Dyah Nirmala Arum Janir, S.E., M. S. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan spss. In Semarang University Press (Issue April 2012).

Estetika, M. (2017). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Perempuan Kelas XII IPS. Jurnal Dinamika Ekonomi PembangunanPendidikan Ekonomi, 3(1), 1–10.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000

Maharani, R. (2018). Pengaruh modernitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun Rosida Maharani program studi pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 222–229.

Mahendra, R. (2022). Pengaruh marketplace (tokopedia) dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif di era digital mahasiswa ekonomi syariah lain …. 1–11.

Misi, H. L., Asia, M., & Darwis, P. (2023). Pengaruh aplikasi belanja online dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. 3(2), 1–12.

Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Ampa, A. T. (2023). Perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi sebagai dampak perkembangan e-commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p186-192

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Rachmah, D. M., & Kurniawan, A. (2019). Analysis of love of money with the perception of accounting students ethics. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(02), 168–184. https://doi.org/10.35310/jass.v1i02.247

Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69.

Ridwan, M., Harahap, I., & Harahap, P. (2018). Keputusan pembelian melalui situs belanja online terhadap perilaku konsumtif masyarakat dalam perspektif ekonomi islam (Studi kasus pada pengguna aplikasi lazada di Medan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 132–147.

Sa’idah, F., & Fitrayati, D. (2022). Analisis pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di era pandemi covid-19. Jurnal Paedagogy, 9(3), 467. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5288

Salma Egita Fitri Subagyo, & Jojok Dwiridotjahjono. (2021). Pengaruh iklan, konformitas dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce shopee di kota Mojokerto. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–39. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.342

Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi fkip universitas tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44181

Simangunsong, Y. S., & Rozaini, N. (2023). Pengaruh nilai transaksi bisnis e-commerce dan jumlah pengguna internet terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia ( studi kasus tahun 2012-2022 ). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 49–58.

Sulistiyani. (2023). Analisa pasar dan perilaku konsumen.

syah, M. fahmi johan. (2018). Analisis data kuantitatif dengan SPSS V.21. Muhammadiyah University press.

Tribuana, L. (2020). Pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri dan konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 145–155.

Wijaya, N. Q., Ainun, M. B., & Arfiyanto, D. (2023). Peningkatan kesadaran generasi muda akan pentingnya bisnis digital di era digital. Jurnal Pengabdian, 6(1), 339–347.

Windayani, S., & Astiti, P. (2020). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di kota denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 96–108.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i2.25855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats