Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif dalam Membentuk Budaya Damai di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal

A.Mustafit Lutfi, Fatah Syukur, Mahfud Junaedi

Abstract


Maraknya kenakalan remaja menjadi masalah tersendiri khususnya bagi para pendidik. Semestinya remaja mampu menjadi pelopor aksi cinta damai dan anti konflik khususnya di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian untuk: menganalisis model pembelajaran pendidikan agama Islam integratif di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal serta menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam integratif dalam pembentukan budaya damai di sekolah. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dianalisis dengan model deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan agama Islam integratif dapat membentuk budaya damai di sekolah yang secara teoritik memperkuat teori pembelajaran integratif Model Nested yang dikembangkan oleh Forgarty.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Abdullah M. Surjaya, Koran Sindo, (Jum’at, 28 Oktober 2016, 02:11).

Ade Hidayat, dkk. (2017). Mentalitas Damai Siswa dan Peraturan Sekolah Berbasis Pesantren, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1, 111.

Akrim. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa di SMP IT Khoirul Imam Medan”, Disertasi Universitas Muhamadiyah Malang.

Asrohah, A. K. dan H. (2015). Pembelajaran Tematik (2nd ed.). (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Pedoman Praktis Shalat Wajib dan Sunnah. Jogjakarta: Javaliter.

David Wick. (2014). “Cities Peace Team – Culture of Peace Description”, dalam Declaration and Programme of Action on a Culture of Peace (A/RES/53/243), (City of Ashland), 1-2.

Ezmir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 29-135.

Fogarty, F, How to Integrative The Curicula. (Palatine, Illionis:Skygh Publicing, Inc), 76.

John W. Cresswell, (2007). Qualitative Inquiry & Research Design; Choosing Among Five Approaches. (USA: Sage Publications.Inc,second edition, 156.

Komarudin Hidayat. (1999). “Menentukan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Pengantar)”. Dalam Fuadudin dan Cik Hasan Bisri, (Ed), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Logos).

Koran Kompas, Kamis 5 November 2015 halaman 11.

Lexy J Moeloeng. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya), 3.

Mardi Lestari. (2017). Restrukturisasi Pendidikan Awal Perdamaian di Sekolah”, Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1: 1, 267-279.

Mawajdeh, Baker. (2017) “The Culture of Peace and the Prevention of Terrorism from the Perspectives of Islamic Education and the United Nations”, Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.8, No.1, 2017.

Mut, “Sekolah Tanamkan Nilai Budaya Damai”, Media Indonesia, Kamis 23 Juni 2016, tersedia di http://mediaindonesia.com/read/detail/52589-sekolah-tanamkan-nilai-budaya-damai.

Nasution, Harun.1985. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I, Jakarta: UI Press.

Nkama, Chinyere L. (2017). Global Culture of Peace: Gender Perspective. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 7, No. 2; 233.

Siswanto. (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.26, No. 2.

Tim Penulis FKUB. (2009). Kapita Selekta Kerukunan Umat Beragama, Semarang: FKUB.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konsling Jakarta: RajaGrafindo, 3.

Yusuf, Hanna Onyi, “Promoting Peaceful Co-Existence and Religious Tolerance through Supplementary Readers and Reading Comprehension Passages in Basic Education Curriculum”, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3 No. 8 [Special Issue

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i1.24569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats