Urgensi Pemahaman Konsep Inovasi Kurikulum serta Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Fahri Zalmi, Sri Murhayati, Zaitun Zaitun

Abstract


Pada saat ini pengembang kurikulum, pendidik, siswa, masyarakat bahkan berbagai kalangan sudah merasakan beberapa kali perubahan kurikulum pendidikan, bahkan sudah menerapkannya dalam pembelajaran. Namun belum semuanya memahami sesuatu yang mendasar yakni betapa pentingnya mengetahui konsep inovasi kurikulum. Melalui studi pustaka dalam artikel ini, ditemukan konsep, ciri-ciri, prinsip, faktor-faktor penghambat, urgensi inovasi kurikulum terutama menghadapi era revolusi industri 4.0. Berdasarkan hasil kajian penelitian, bahwa sepatutnya pembuat kebijakan mengkaji lebih dalam jika ingin melakukan inovasi kurikulum secara global. Lalu memberikan pemahaman yang jelas kepada pengembang kurikulum terutama para pendidik tentang konsep inovasi kurikulum. Mengingat dampaknya sangat luas bagi kemajuan pendidikan terutama dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

References


Emalia., Farida. 2019, Inovasi Pendidikan dengan Memanfaatkan Teknologi Digital dalam Upaya Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0.

Fujiawati. S. (2016), Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni, Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni Vol.1, No.1,

Hafizhah. Z. (2021) Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.

Hidayat, S. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat. A.,Wahyu (2020). Inovasi Kurikulum dalam Perspektif Komponen-Komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam . UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ÁL-FÂHIM | Vol. II No. 1.

Kamal. M. (2014), Model Pengembangan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Sosiologi Kritis, Kreativitas, Dan Mentalitas Jurnal Madaniyah, Edisi VII.

KBBI, (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Lase. D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan,Sains,Humaniora & Kebudayaan STT BNKP Sundarmann. Vol.12, No. 2.

Mohanasundaram, K. (2018). Curriculum design and development. Journal of applied and advanced research, 3(1), 4-6.

Mudlofir. A. (2012), Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. D. (2021). Pelaksanaan Kurikulum Jenjang Pendidikan Tinggi pada Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Blended Learning Universitas Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum 18 (1).

Oliva, P. F. & William, G., II. (2013). Developing the Curriculum. USA: Pearson Education, Inc

Prastyawan, (2011). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Al-Hikmah Volume 1, No. 2

Rahmawati. TE, Apriliani.E Diantara. F. (2021). Perbaikan Substansi Kurikulum Melalui Inovasi Dalam Menghadapi Problematika Era Revolusi 4.0 Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan, Iain Ponorogo. Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan. Vol. 06 No. 01.

Raikhan. (2019). Inovasi dan Difusi Sistem Pendidikan Nasional; Studi Kasus Implementasi Kurikulum Nasional.. Jurnal PAI Volume 2 Nomor 1

Rasyid. M. (2019), Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan Vol. 13, No. 1

Rusdiana. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenadamedia Group

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1).

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27-50.

Thaib. M.Razali & Siswanto. I, (2015), Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif), Jurnal Edukasi Vol 1, No.2.

Ul Haq. M. Zia & Hamami. T. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zahara Idris dan Lisma Jamal. (1992). Pengantar Pendidikan 1. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.19474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats