The Implementation of Zoning System Policy and the Impact based on the School Stakeholders Perspektive

Asmendri Asmendri, Dedi Hendris

Abstract


Penerapan kebijakan sistem zonasi merupakan upaya pemerintah untuk pemerataan mutu pendidikan. Belum diketahui pemangku kepentingan terkait penerapan kebijakan sistem zonasi dan dampaknya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pandangan pemangku kepentingan terhadap penerapan kebijakan sistem zonasi dari aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi 2) untuk mengetahui dampak penerapan kebijakan sistem zonasi di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 5 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMAN 1 dan SMAN 5 Payakumbuh selama bulan Januari sampai Juni 2022 yang dilakukan oleh penelitian itu sendiri sebagai instrumen penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya data yang terkumpul diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi, representasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa empat aspek dalam proses penerapan kebijakan sistem zonasi yang harus diperhatikan adalah komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 5 Payakumbuh, keempat hal ini perlu diterapkan. Dalam aspek komunikasi, penting dilakukan proses sosialisasi agar mudah dipahami oleh masyarakat sebagai kelompok sasaran kebijakan sistem zonasi. Dalam aspek sumber daya, perlu mendapat perhatian serius dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung berupa tenaga ahli, komputer dan jaringan internet. Dalam aspek disposisi, pemangku kepentingan tidak boleh menerapkan kebijakan khusus di luar kebijakan sistem zonasi yang telah ditetapkan. Kemudian pada aspek struktur birokrasi perlu adanya SOP dan pembentukan panitia untuk melaksanakan kebijakan sistem zonasi. Sementara itu, dampak dari penerapan kebijakan sistem zonasi adalah berkurangnya anggapan sekolah favorit dan sekolah unggulan meskipun anggapan tersebut belum sepenuhnya hilang di masyarakat.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

References


Abas. (2017). Legitimasi & Politik Kebijakan: Teori dan Praktik. Depok: Alta Utama.

Adima, Moh Zidna Faojan. Sosialisasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Muntazam 2(2), 42-53.

Ali, Faried dan Alam, Andi Syamsu. (2012). Studi Kebijakan Pemerintah. Bandung: Refika Aditama.

Al-Quran dan terjemahannya. (2018) Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta.

Amalia, Firda Rizqy. (2020). Implementasi Sistem Zonasi dalam Pemerataan Layanan Pendidikan Studi Kasus di SMA Negeri 5 Surabaya. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Amirin, T. M., Wijayanti, W. & Jabar, C.S.A. (2016). Kondisi Insani dan Material Sekolah Menengah Negeri “Pilihan Kedua” Di Kota Yogyakarta.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9 (1), 1-11.

Andini, N. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan di SD IT Bina Insani Semarang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Asmendri. (2012). Teori Dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah/Madrasah. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Asmilah. (2020). Persepsi Sekolah Terhadap Kebijakan Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2019 (Studi Kasus Di SMP Negeri 4 Waru Sidoarjo). Skripsi: Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks.

Bantuan, Maglon Ferdinan, Harun Y. Natonis. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. NTT: Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Kupang.Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 155-162.

Barnawi. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz.

Creshwell, John W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualiitatif, Kuantitatif, dan Mixed, terjemahan. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharmaningtias, Dewi Sendhikasari. 2013. Penghapusan Kebijakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Peneliti Pertama Bidang Kebijakan dan Administrasi Publik di P3DI Setjen DPR RI: Jakarta.

Dewi, Kintan Prasma. (2021). Dampak Kebijakan PPDB Sistem Zonasi Di Kota Magelang Bagi Sekolah Dan Peserta Didik. Jurnal Administrasi Negara, 5(2), 1-8.

Djunaedi, Ahmad, dkk. (2011). Peraturan Zonasi: Peran Dalam Pemanfaatan Ruang dan Pembangunan Kembali di Kawasan Rawan Bencana, Kasus: Arkadelphia City, Arkansas USA. Jurnal Forum Teknik 34(1), 17-26.

Dunn, William N. (2003). Pengantar Analisis tentang Kebijakan Publik. terj. Samodra Wibawa dkk. Yogyakarta: gadjah mada University Press.

Fathurrahman. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 178-187.

Foley, John. (2006) Balanced Brand: How to Balance The Stakeholders Forces That Can Make or Break Your Business. San Francisco:Jossey Bass.

Hasbullah, M. (2015). Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

https://news.detik.com/dw/d-4811907/peringkat-6-terbawah-indonesia-diminta-tinggalkan-sistem-pendidikan.

Habibi, Wahdan Najib dan Fiatin, Saroh Nur. (2019). Persepsi Masyarakat Dan Dampak Sistem Zonasi untuk Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan, 6,(2), 225-238.

Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Jatmiko, Datu. 2017. Peranan Stakeholders Sekolah dalam Mengatasi Berbagai Macam Kekerasan di Kalangan Siswa.Jurnal Nusantara,04(01), 7-13.

Karmila, Mila. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Bone:IAIN Bone.

Khasanah, Umi Latifatul. (2018). Analisis kebijakan Sistem Zonasi Perspektif Stakeholders Sekolah. Tesis: Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Listia. (2019). Studi Fenomenologi Stakeholders Sekolah Terhadap Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019 (Respon dan Dampak Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di SMA N 1 Purwokerto). Skripsi: Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mahfud, Muhammad Ali Zuhri, dkk. (2016). Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling {ada Pendidikan Dasar dan Menengah di SD Muhammadiyah Surakarta dan MIN Surakarta. Surakarta: Warta 2 September. 126-134.

Martono, Nanang. (2010). Pendidikan Bukan Tanpa Masalah: Mengungkap Problematika dari Perspektif Sosiologi. Padang: Gava Media.

Moechtar, Oemar. (2011). Ketentuan Zonasi Pasar Tradisional dengan Pasar Modern pada Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2010 Dalam Aspek Hukum Persaingan Usaha, Yuridika. Jurnal Unair, 26(2),166-172.

Moleong, J, Lexy. (2014). Metode Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

Muamar. (2019). Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan Sistem Zonasi di Sekolah Dasar (SD) Kota Mataram: Mataram: UIN Mataram.Elmidad:Jurnal PGMI, 11(1), 6-20.

Mudassir. (2016). Pengembangan Sumber Daya Pendidikan di Madrasah aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bireun. Jurnal Ar-Raniry, 16(2), 255-272.

Munadi, Muhammad, dan Barnawi. (2011). Kebijakan Publik Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nani, Yakob Noho. Peran Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Perluasan Akses Pendidikan secara Merata (Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo). Jurnal.ideaspublishing 7(3), 231-240.

Nasrudin dan Maryadi. (2019).Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. JurnalUniversitas Muhammadiyah Surakarta 13(1), 15-23.

Nawawi, Ismail. (2009). Public Policy: Analisis dan Strategi Advokasi Teori dan Praktek. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Nurani, Dwi. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan. Jakarta: FISIP UI.

Perdana, Novrian Satria. 2019. Implementasi PPDB Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses dan Mutu Pendidikan, (Sulawesi Tengah: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).Jurnal Pendidikan Glasser 1(3), 82-90.

Persons, Waine. (2011). Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. terj. Tri Wibowo Budi Santoso. Jakarta: Kencana.

Põder, K. (2016). Does School Admission by Zoning Affect Educational Inequality ? A Study of Family Background Effect in Estonia , Finland , and Sweden Does School Admission by Zoning Affect Educational Inequality ? Scandinavian Journal of Educational Research, 61(6), 1-21.

Pradewi, Gunarti Ika dan Rukiyati. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 4(1), 28-34.

Pramono, Pandu, dkk. (2011) Analisis Dampak Kebijakan Penerimaan Peserta Didik SekolahMenengah Pertama 3 Semarang ( Kajian Peraturan Kepala DinasPendidikan Kota Semarang 420/3271 Tentang Petunjuk Teknis

Penerimaan Peserta Didik Reguler Di Kota Semarang 2010/2011). Semarang: UNDIP.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pratama, Fajar. (2017). Kisruh PPDB dan Sistem Zonasi “Dadakan” dari Mendikbud. (www.news.detik.com, diakses Selasa, 31 Agustus 2021).

Purwanti, Dian, dkk. (2019). Implementation Of Zoning System Policy For New Students Admission dan International Conference On Social Sciences. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 13-25.

______. (2018). The Effectiveness of New Student Admission of Zoning System Policy for Students Prone to Continue Education. Jurnal Dinamika, 5(4), 1-7

Raharjo, Mudjia. (2010). Pemikiran tentang Kebijakan Pendidikan Kontemporer. Malang: UIN Maliki Press.

Ramdhani, Abdullah. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik.Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Riswandi, Agus. (2022). Pengaruh Faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Puskesmas. Bandung: Jurnal Kehumasan.Jurnal Gunahumas, 3(1), 71-91.

Rohman, Arif dan Teguh Wiyono. (2010). Education Poliicy In Decentralization Era. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Situmorang, Chazali H. (2016). Kebijakan Publik (Teori Analisis, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan). Depok: SSDI.

Suhelayanti. (2019). Lentera Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies.Lentera Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 11-26.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulanjari, Dety Yunita. (2019). E-Government In Implementation The Education Zone Service in Makassar City. Jurnal Administrare. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 153-158.

Suryanti, Puji, dkk. (2019) Efektivitas Pelaksanaan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Serta Pengaruhnya Terhadap Upaya Manajemen Mutu Pendidikan Berdasarkan Asas Keadilan Di Sma Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016-2018. Jurnal Candi, 20(1),51-64.

Sutapa, Mada. (2008). Evaluasi Dampak Kebijakan Pengembangan Terminal Kertosono. Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 317-324.

Tahalea, Stephani Nora, dkk. (2014). Evaluasi Dampak Penyelenggraab Pelayanan terpadu Satu Pintu di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Semarang: UNDIP.

Tamwiri, Irfan. (2014). Cet. Ke-1. Metodologi Penelitian. Surabaya: UIN Press.

Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:

Grafindo Persada.

Thrupp, Martin. (2007) School Admissions and the Segregation of School Intakes in New Zealand Cities. Sage Journals Urban Studies, 44(7) 1393– 1404.

Wahab, Solichin Abdul. (2012). Analisis Kebijakan: dari Formulasi ke Penyusunan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo, (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoretik dan

Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Dinar. (2019). Permasalahan dan Upaya Perbaikan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru.Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.Jurnal Kesejahteraan Sosial, XI(13), 13-18.

Widodo, Joko. 2017. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Kreative.

Widyastuti, Riski Tri. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Jurnal Edusaintek, 7(1), 11-19.

Wulandari, Ni Komang, dkk. (2018). Perspektif. Bali: ISI Denpasar.

Yandra, Alexsander. (2017). Kendala dalam Implementasi Kebijakan Publik. Jurnal Niara, 9(2), 62-74.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i2.18967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats