Menelisik Urgensitas Qowȃid Fiqhiyyah dalam Sosiologi Hukum Islam
Abstract
Sosiologi Hukum Islam dan qowȃid fiqhiyyah mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lain, hal ini dikarenakan kedinamisan hukum Islam yang diwujudkan dalam fiqh amat bergantung pada qowȃid fiqhiyyah, karakteristik generalitas dari kaidah-kaidah tersebutlah yang menjadikan hukum Islam dapat diterapkan pada segala kondisi di setiap waktu dan zaman. Qowȃid fiqhiyyah menjadikan fiqh sebagai ilmu yang brsifat khusus, relative dan sangat dipengaruhi oleh kondisi tempat dan waktu. Perkembangan masyarakat, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan hukum Islam. Syariah tidak dapat berubah karna sifatnya yang abadi, karena mengubah syariah sama saja dengan mengubah ketentuan yang ada dalam Al-Quran dan Sunnah. Namun penginterpretasian syariah dapat berubah disesuaikan dengan perkembangan zaman, yang dijembatani oleh qowȃid fiqhiyyah, sebagai parameter dalam upaya memahami makna yang tekandung dalam Al-Quran dan Sunnah yang dituangkan dalam fiqh, sebagai bentuk pengaplikasian hukum Islam kontemporer. Mengetahui kaidah fiqih menjadikan orang yang mengkajinya mengetahui rahasia syariat, konsep hukum dan sumber pengambilan berbagai permasalahan hukum.
Kata Junci : qowȃid fiqhiyyah, sosiologi hukum Islam
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack This page is in Japanese Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Japanese
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id
Full Text:
PDFReferences
A. Rahinan, Asymuni. (1976). Qaidah-qaidah Fiqh. Jakarta: Bulan Bintang.
Abbas, A.S. (2008). Qawaid Fiqhiyyah. Ciputat: ADELINA.
Abu Zahrah, M. (tt). Ushul Fiqh. Dar Al-Fikri Al-Alabi.
Ali Haidar. (1991). Durar al-Hukkȃm, Syarah Majalah al-Ahkam. Beirut: Dȃr al Kutub al-Ilmiyah.
Al-Imam Tajjuddin Abd al-Wahab bin Ali bin Abd al-Kafi al-Subki. (tt). Al-Asybȃh wa al-Nazhȃir. Beirut: Dȃr al-Kutub al-Islamiyah.
Al-Jurjani. (1983). Kitab al-Ta'rifat. Dȃr al-Kutub al- ilmiyah.
al-Nadwi, A.A. (2000). al-Qawȃ’id al-Fiqhiyyah, (Beirut: Dȃr al-Qalam, 1420 H/200 M, cet. V
Al-Nadwi. A.A. (2000). Al- Qawȃ'id al-Fiqhiyah. Beirut: Dȃr al-Qalam.
al-Ruki, M. (1998). Qawȃ'id al-Fiqh al-Islami. Beirut: Dȃr al-Qalam.
al-Ruki, M. (1998). Qawȃ'id al-Fiqh al-Islami. Beirut: Dȃr al-Qälam.
Ash-Shiddiqie, H. (1963). Pengantar Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Djazuli, H. A. (2001). Ilmu Fiqh: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Edisi revisi. Jakarta: Prenada Media.
Djazuli, H. A. (2002). Signifihansi Kaidah Fikih, dalam Jaih Mubarok, Sejarah dan Kaidah Asasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Iqbal, M. (2018). Urgensi Kaidah-Kaidah Fikih Terhadap Reaktualisasi Hukum Islam Kontemporer. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2).
Jalaluddin Abd al-Rahman al-Suyuthi. 1979). al- Asybȃh wa al-Nazhȃir fi Qawȃ’id wa Furȗ’ Fiqh al-Syȃfi’I. Beirut: Dȃr al-Kutub al-Islamiyah.
Mubarok, J. (2002). Kaidah Fiqh: Sejarah dan Kaidah Asasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Muhammad, A. S. A. A. S. (2001). Syarh al-qawaid al-fiqhiyyah. Damaskus: Dar al-Qalam.
Nuzaim, I. (1983). Al-Asybȃh wa al-Nazhȃir. Darnaskus: Dȃr al-fikr.
Wiryanto, F. S. The Urgency and Strategic Role of Maqasid Shari'ah and Maslahah in Responding to The Legal and Economic Challenges of Muslim Business. Journal Middle East and Islamic Studies, 10(1), 4Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v22i1.16545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats