Implementasi Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Penanaman Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Angga Eko Novanto, Darsinah Darsinah

Abstract


Probelm Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang perannya dapat memberikan dampak lingkungan belajar yang aktif terhadap peserta didik. Pembelajaran yang didesain secara aktif akan menyuguhkan suatu pengalaman belajar sacara nyata untuk peserta didik tentunya konteks pembelajaran ini masih berkaitan langsung dengan permasalahan yang muncul pada lingkungan sekitarnya. Pada dasarnya PKn merupakan pelajaran yang cara penerapannya menekankan pada pengembangan dari nilai-nilai luhur serta moral yang mengacu pada nilai budaya bangsanya, PKn juga berupaya dalam menyatukan pribadi individu ke dalam suatu bingkai yang seutuhnya. Implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan guna menanamkan karakter peserta didik sekolah dasar harapannya kelak para peserta didik ini nantinya bisa mengedepankan nilai-nilai yang telah di pelajarinya semasa duduk di bangku sekolah tentang nilai karakter nasionalisme dimana bisa meminimalisir terjadinya konflik berdarah seperti konflik pertikaian antar suku yang pernah terjadi di pulau Kalimantan.


References


Mona, Adha. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 8 No. 2, . http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/6168. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.

Assegaff, Tatang. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analisis Melalui Model Problem based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 1, 38-48. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/0000. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.

Putri. (2011). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. Vol. 3 No. 2, 205-215. http://journal-unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas. Diakses Jumat, 10 Desember 2021.

Wijaya, Fahreza, dkk. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Pepaya Peunaga. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6, No.2, 49-60. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/31. Diakses Selasa, 14 Desember 2021.

Nur’insyani, & Dewi. (2021). Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidika Tambusai. Vol. 5, No. 1, 969-975. http://jptam.org/index.php/jptam/artcle/view/1053. Diakses Selasa, 14 Desember 2021.

Sastradipura, Dewi & Furnamasari. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No. 3, 8629-8637. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2364. Diakses Rabu, 15 Desember 2021.

Permana. (2016). Implementasi Nilai-nilai Karakter dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Integratif. STKIP Muhammadiyah Kuningan. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tata Aksara: fadilatama.

Insani, Dewi, & Furnamasari. (2021). Integritas Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, No. 3, 8153-8160. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2364. Diakses Rabu, 15 Desember 2021.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v21i1.15735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats