Implementasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Plus Provinsi Riau
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprilia, R. R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(1), 75-92.
Aspahani, E. (2019). Implementasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Gita Bangsa Panongan Tangerang (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Harni, H. (2015). Pendidikan holistik dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam (studi analisis pemikiran Amie Primarni dalam buku Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Jasman, J. (2016). Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Agama Islam. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 1(2), 1-15.
Juliani, W. I., & Widodo, H. (2019). Integrasi empat pilar pendidikan (unesco) melalui pendidikan holistik berbasis karakter di smp muhammadiyah 1 prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).
Maarif, M. A., & Sulistyanik, E. D. (2019). Pengembangan Potensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 81-105.
Megawangi, R. (2008). Pendidikan Holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.
Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105-117.
Primarni, A. (2016). Pendidikan Sebagai Asas Pembangunan Negara (Studi Konseptual). At-Ta'dib, 9(2).
Riza, M. (2017). Epistimologi Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langgulung. Jurnal As-Salam, 1(2), 38-46.
Sari, J. P. (2018). Implementasi Model Pendidian Holistik Berbasis Karakter (PHBK) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Tunas Insan Mulia Kota Bandung, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2).
‘Ulwan, A. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Islam. Jawa Tengah: Insan Kamil.
Widodo, H. (2019). Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Yogyakarta: UAD Press.
Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 18(4), 467-476.
Wulandari, D. E. (2018). Pendidikan Holistik dalam Perspektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wungow, J. (2019). Analisis Kritis terhadap Pluralisme Agama berdasarkan Yohanes 14: 6 Bagi Mahasiswa Stt Yestoya. RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 5(1).
Zaitun. (2016). Sosiologi Pendidikan. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v20i1.14444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board
Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.
Contact Person :
Khairunnas Jamal
khairunnasjamal@uin-suska.ac.id
0823 6130 7171
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats