Reinterpretasi Gagasan Perdamaian Perspektif Al-Qur'an: Sebuah Kajian Tematik

Muhamad Yoga Firdaus

Abstract


Penelitian ini dihadirkan untuk menggali gagasan perdamaian perspektif Al-Qur'an. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan tematik atau maudhu’i. Penelitian ini meliputi pembahasan Al-Qur’an dan perdamaian, analisis ayat-ayat tentang perdamaian, serta gagasan perdamaian perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Islam menuntun setiap umatnya melalui Al-Qur’an dengan menganjurkan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai kemanusiaan, dan nilai-nilai kerukunan demi menggapai perdamaian. Penelitian ini hanya membahas gagasan perdamaian perspektif Al-Qur’an melalui kajian tematik semata. Penelitian ini diharapkan dapat melahirkan telaah baru terkait gagasan perdamaian dengan menggunakan kajian tahlili berpedoman pada literatur tafsir Al-Qur’an secara spesifik.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

References


Abdurrohman, A. A. (2018). Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1).

Anwar, R. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i dan Cara Penerapannya. Pustaka Setia.

Arafat, A. T. (2017). Etika Perdamaian Islam dalam Wacana Global. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 5(1), 1–20.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. CV Pustaka Setia.

Aziz, A. (2019). Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 466–489.

Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 2(1), 1–8.

Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855

Daulay, M. R. (2014). Studi Pendekatan Al-Qur’an. Thariqah Ilmiah: Jurnal IImu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 1(01).

Eka Hendry. (2009). Sosiologi Konflik: Telaah Teoritis Seputar Konflik dan Perdamaian. STAIN Pontianak Press.

Firdaus, A. Y., & Yani, Y. M. (2021). Faktor Penghambat Perdamaian Konflik Palestina–Israel. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(9), 109–116.

Ghazali, A. M. (2013). Teologi Kerukunan Beragama dalam Islam (Studi Kasus Kerukunan Beragama di Indonesia). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 13(2), 271–292.

Gulen, M. F. (2011). Cahaya Al-Qur’an bagi Seluruh Makhluk. Republika.

Hasan, M. A. K. (2016). Merajut Kerukunan dalam Keragaman Agama di Indonesia (Perspektif Nilai-nilai Al-Quran). Profetika: Jurnal Studi Islam, 14(1), 66–77.

Herti, Y. D. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Humanis dalam Surat An-Nisa Ayat 63. Jurnal Kependidikan, 7(2), 157–165.

Hidayat, N. (2018). Nilai-Nilai Ajaran Islam tentang Perdamaian (Kajian antara Teori dan Praktek). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 15–24.

Karama, M. J., & Khater, N. A. (2020). Educational Peace Theory in The Holy Qurʾan. Al-Bayan: Journal of Qur’an and Hadith Studies, 18(2), 138–154.

Katsir, I. (1998). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim. Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Khan, M. W. (2010). The Ideology of Peace. Goodword Books.

Khoir, M. M. (2017). Tafsir Kerukunan Gagasan Perdamaian Dan Multikultural dalam Al-Qur’an. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 78–92.

Khoiruddin, M. A. (2014). Pendekatan Sosiologi dalam Studi Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 25(2), 348–361. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i2.191

Maiwan, M. (2018). Memahami Teori-Teori Etika: Cakrawala dan Pandangan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 17(2), 190–212.

Muchsin, M. A. (2015). Palestina dan Israel: Sejarah, Konflik, dan Masa Depan. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(2).

Mustaqim, A. (2017). De-Radicalization in Quranic Exegesis (Re-Interpretation of “Violence Verses” Toward Peaceful Islam). International Conference on Qur’an and Hadith Studies (ICQHS 2017).

Nimer, M. A. (2010). Nirkekerasan dan Bina-Damai dalam Islam: Teori dan Praktik, Terj. M. Irsyad Rhafsadi dan Khairil Azhar. Pustaka Alvabet.

Nurcholish, A. (2018). Islam dan Pendidikan Perdamaian. Al-Ibrah, 3(2), 115–144.

Pasha, A. A. (1985). Konsepsi Perdamaian Islam. PT Karya Uni Press.

Qutub, S. (1987). Islam dan Perdamaian Dunia. PT Temprint.

Racman, B. M. (2006). Ensiklopedi Nurkholis Madjid. Mizan.

Ridwan, M. F. (2020). Kisah Akbar, Pemulung yang Fotonya Baca Alquran Jadi Viral. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/qjbbsd328/kisah-akbar-pemulung-yang-fotonya-baca-alquran-jadi-viral

Rohman, M. S. (2013). Kandungan Nilai-nilai Syariat Islam dalam Pancasila. Millah: Jurnal Studi Agama, 13(1), 205–216.

Rokim, S. (2017). Mengenal Metode Tafsir Tahlili. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(03).

Shaleh, A. Q. (2003). Agama Kekerasan. Prismasophie.

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur’an. Mizan.

Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2018). Logika Agama. PT. Lentera Hati.

Wajdi, F. (2009). Ayat-ayat Damai dalam Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Qur’an, 5(1), 29–39.

Yamani, M. T. (2015). Memahami Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhu’i. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Zaman, A. N. (2000). Agama untuk Manusia. Pustaka Pelajar.

Zein, A. (2015). Dimensi Kemanusiaan dalam Hukum Al-Qur’an. Journal Analytica Islamica, 4(2), 201–216.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v20i1.13357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats