TREND MEMBACA NOVEL MAHASISWA DIPERGURUAN TINGGI
Abstract
Novel merupakan salah satu genre sastra yang paling populer dan diminati saat ini, menggambarkan kehidupan tokoh dari lahir hingga meninggal. Novel adalah karangan prosa yang berbicara tentang hal-hal biasa seperti suka-duka, kasih sayang, watak, dan jiwa. Pembaca dapat termotivasi karena adanya karya sastra. Selain itu, karya fiksi ini memiliki potensi yang bisa dikatakan sangat besar, karena para mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menulis karya mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan pemahaman yang mereka peroleh dari membaca novel tersebut. Selain itu, dari membaca novel tersebut, mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengapresiasikan diri mereka pada kegiatan positif, dan mereka juga akan memiliki kemampuan untuk menulis karya mereka sendiri. Pada Novel misalnya, berfungsi sebagai acuan dan landasan bagi mahasiswa untuk menjadi kreatif dan imajinatif. Membaca adalah bagian penting dari kegiatan meningkatkan kemampuan karena dengan membaca, orang dapat belajar bahasa lain secara mandiri. Sumber daya bacaan, termasuk karya fiksi, memiliki potensi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Dengan kata lain, ada kecenderungan unik bagi setiap orang untuk menyukai jenis buku tertentu.
Kata Kunci: Tren Membaca, Karya Fiksi.
Full Text:
PDFReferences
amin, i. (2021). terampil menulis sinopsis dan resensi karya sastra . guepedia the first on-publisher in indonesia.
Ardiansah, Risnita, M. Syahran. (2023). teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Ihsan: jurnal pendidikan islam, 1-9.
Ariska erawati, maylina suryani sagala, nuzrul meylinda simangunsong, trisnawati hutagalung. (2019). pengaruh minat baca buku fiksi novel terhadap karakter sosial siswa kelas 11 SMA Kartika. Prosiding Seminar Nasional PBSI II, 101-107.
bahrun, m. (2023). Belajar Membaca dengan Menggunakan Media Kartu Duduk Suku Kata Bergambar. samarinda: P4l.
Bahrun, M. (2023). Belajar Membaca dengan Menggunakan Media Kartu Duduk Suku Kata Bergambar. samarinda: P4l.
bastin, N. (2022). keterampilan literasi, membaca, dan menulis. sidoarjo: Publishing.
harahap, r. (2022). analisis wacana unsur-unsur novel. guepedia.
jauhari, h. (2013). terampil mengarang dari persiapan hingga persentasi, dari opini hingga sastra. bandung: nuansa cendekia.
mortimer adler, charles van doren. (2015). how to read a book. bandung: nuansa cendekia.
Nadra Ideyani vita, M. agus zai. (2020). gerakan literasi membaca: studi fenomenologi tentang gerakan literasi membaca siswa SMA Negeri 2 Medan. Jurnal ilmiah komunikasi, 41-47.
nensilianti, ridwan, dela aprilya. (2024). dampak kebijakan fiskel pada kelas bawah dalam novel pabrik karya putu wijaya. jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 165-179.
p.ratu, i. (2023). bangsawan, mengembangkan minat. PT Pustaka adhikara mediatama.
Rezky Khoirina Tarihoran, Ratna Sari Dewi. (2020). faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca novel bahasa inggris pada mahasiswa sastra inggris UMN Al-Washliyah. prosiding seminar nasional hasil penelitian, 503-507.
rodin, R. (2020). informasi dalam knteks sosial budaya . depok: PT Rajagrafindo persada.
ruslan, T. s. (2023). membaca apresiatif . jawa barat: Langgam pustaka.
Widodo, S. (2023). membaca dan menulis konsep dan praktek di abad 21. yogyakarta: CV andi offset.
widya ariska, uchi amelysa. (2020). novel dan novelet. guepedia.
Zulfan efendi, wahyu nur hisyam, andita risko faristiana. (2023). kurangnya minat baca buku kalangan mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 382-398.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v4i1.36453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.