CAPAIAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU

Sukma Erni, Lidiawita Darnelia, M. Rifqi Romadhona

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil perbaikan pembelajaran IPS pada Tingkat sekolah menengah. Perbaikan pembelajaran IPS didasarkan pada fluktuasi hasil belajar siswa yang terkadang jatuh dibawah standar nilai yang ditetapkan sekolah. Proses perbaikan pembelajaran menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan Problem based learning (PBL). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 2 siklus mengikuti tahapan metode PTK. Temuan pada siklus 1 memperlihatkan hasil yang kurang baik, namun ketika dilaksanakan siklus 2 dengan sejumlah perbaikan proses hasil yang diperoleh sangat baik yakni 90,4 % siswa melampaui standar nilai yang ditetapkan.  Simpulan nya menggunakan PBL dalam pembelajaran dapat mendongkrak hasil belajar menjadi lebih baik. Dengan demikian PBL sebaiknya dijadikan variasi rutin pembelajaran di kelas.

 

 Kata Kunci:  Permasalahan Pembelajaran, Perbaikan pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Atmojo, S. E. (2013). PENERAPAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGELOLAAN LINGKUNGAN. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGELOLAAN LINGKUNGAN, 134.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatah Hasil Belajar Siswa. Junal Education and Development, 469.

Johannes Strobel and Angela Van Barneveld. (2009). When is PBL More Effective? A Meta Synthesis of Meta Analysis Comparing PBL to Conventional Classroom. IJPBL, 44.

Muhammad Kaulan Karima, Ramadhani. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA. ITTIHAD, Vol. II, No.1, Januari – Juni, 45.

NCSS. (2023, november spring). New Defenition for Social Studies Approved. p. 1.

Oon- Sen Tan, P. E. (2004). Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches:. Singapre: Cengage Learning.

Putri Sukma Dewi, Hendy Windya Septa. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. MATHEMA JOURNAL Volume 1 (1), Juli, 31.

Rahman, S., Ismail, I., Kurniawan, R., & Fitriyani, I. INTEGRASI NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP-IT AL-MA’ARIF PEKANBARU. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 1(1), 13-28.

Rike Andriani, Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajarsiswa. Manper, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Perkantoran, 80.

Savin-Baden, M. (2003). Facilitating Problem Based Learning Illuminating Perspective. Philadelpia: SRHE and Open University Press.

Stephen Kemmis, Robin Mc Tagart, Rhonda Nixon. (2014). The Action Research Planner. New York: Springer.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajarn Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara: Jakarta.

Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 125.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i1.30022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.