PENERAPAN MEDIA PICTURE AND PICTURE DALAM MENGKATKANPEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGRI 2 TALUK KUANTAN

Ahdar Ahdar, Nurdiansyah Nurdiansyah

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini mengenai pembelajaran Sejarah dengan menggunakan metode Kooperatif Picture and Picture. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan metode Picture and Picture pada pembelajaran Sejarah dan juga pengaruhnya dalam pembelajaran Sejarah. Dalam upaya mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dibutuhkan sebuah kreativitas guru yakni dalam menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pada pembelajaran Sejarah dibutuhkannya media untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat pembelajaran di kelas lebih aktif yang mana selama ini pembelajaran sejarah banyak menggunakan metode ceramah dan hafalan saja. Maka diperlukannya sebuah media yang akan membuat peserta didik dapat lebih aktif dan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini dilaksanakn di SMKN 2 Taluk Kuantan dimana subjeknya adalah siswa siswi kelas X OTKP 2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya kelas X OTKP 2 sangat antusias, aktif dan  sangat komunikatif dalam mengikuti proses pembelajaran ketika menggunakan metode pembelajaran seperti Picture and Picture pada saat belajar. Berbeda saat tidak menggunakan media, mereka cenderung lebih pasif. Dari sini ini dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil.

 

Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitri Yana. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar Sejarah”

S.Hum Maria Ayu. (2019). “Pengaruh, Model Pembelajaran Picture and Picture Puzzle Gambar. Minat Belajar”. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33910

Syamsudin. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Jakarta: Universitas Terbuka

Ras Eko Budi Santoso. Model Pembelajaran Picture and Picture.

Rahmad Hidayat Dede dan Aip Badrujaman. 2002. Cara Mudah Melakukan Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Trans Info Media

Mulyasa. 2008.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

AnniCatharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang:UPT MKK UNNES

Sujana. 2001. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Producion.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.16558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.