PENERAPAN MEDIA PICTURE AND PICTURE DALAM MENGKATKANPEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGRI 2 TALUK KUANTAN
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini mengenai pembelajaran Sejarah dengan menggunakan metode Kooperatif Picture and Picture. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan metode Picture and Picture pada pembelajaran Sejarah dan juga pengaruhnya dalam pembelajaran Sejarah. Dalam upaya mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dibutuhkan sebuah kreativitas guru yakni dalam menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pada pembelajaran Sejarah dibutuhkannya media untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat pembelajaran di kelas lebih aktif yang mana selama ini pembelajaran sejarah banyak menggunakan metode ceramah dan hafalan saja. Maka diperlukannya sebuah media yang akan membuat peserta didik dapat lebih aktif dan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini dilaksanakn di SMKN 2 Taluk Kuantan dimana subjeknya adalah siswa siswi kelas X OTKP 2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya kelas X OTKP 2 sangat antusias, aktif dan sangat komunikatif dalam mengikuti proses pembelajaran ketika menggunakan metode pembelajaran seperti Picture and Picture pada saat belajar. Berbeda saat tidak menggunakan media, mereka cenderung lebih pasif. Dari sini ini dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil.
Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Fitri Yana. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar Sejarah”
S.Hum Maria Ayu. (2019). “Pengaruh, Model Pembelajaran Picture and Picture Puzzle Gambar. Minat Belajar”. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33910
Syamsudin. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Jakarta: Universitas Terbuka
Ras Eko Budi Santoso. Model Pembelajaran Picture and Picture.
Rahmad Hidayat Dede dan Aip Badrujaman. 2002. Cara Mudah Melakukan Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Trans Info Media
Mulyasa. 2008.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
AnniCatharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang:UPT MKK UNNES
Sujana. 2001. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Producion.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.16558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.