Metode Analisis Dialektika Hegel Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial
Abstract
This analysis describes the 21st Century Critical and Creative Thinking, which describes the Hegelian Dialectical Analysis method by unraveling social science learning in Junior High School. By describing the Hegelian Dialectical Analysis method in theory, the findings got in the theory can improve students’ critical thinking skills in 21st century social studies learning in junior high schools, especially improving students’ critical and creative thinking in social studies learning in junior high schools.
Keyword: Creative thinking, dialectical analysis, social studies learning
Full Text:
PDFReferences
Akrom, M. (2021). Mengenal Teori Kritis: Perspektif Barat dan Islam. GUEPEDIA.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293–300.
Hakim, L. (2020). Filsafat Ilmu Dan Logika: Dialektika Perubahan. Penerbit Lakeisha.
Helmon, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadapkemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 38–52.
Hestiningsih, N., & Sugiharsono, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran IPS melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 71–86.
Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Makalah Dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Di Surabaya, Kerjasama Pengurus Daerah ABKIN [Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia] Jawa Timur Dan Universitas PGRI [Persatuan Guru Republik Indonesia] Adibuana Surabaya.
Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23–37.
Kambali, M., & Gresik, S. A.-A. M. (2020). Pemikiran Karl Marx Tentang Struktur Masyarakat (Dialektika Infrastruktur Dan Suprastruktur). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(2), 63–80.
Karim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). -.
Lestari, S. W. (2016). Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan himpunan ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. UIN Walisongo.
Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27.
Monika, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). FKIP UNPAS.
Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.
Nurizzati, Y. (2016). Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2).
Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., & Simarmata, J. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ramli, A. M. (2000). Peta Pemikiran Karl Marx (Materialisme Dialektis dan Materialisme Historis). LKIS PELANGI AKSARA.
Rohani, R., Abdulhak, I., & Zatrahadi, M. F. (2021). Sistem sosial budaya masyarakat Indonesia dalam kurikulum pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat menengah pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(1), 120–128.
Romadhon, D. N. A. (2019). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama sebagai Eksistensi Meningkatkan Keterampilan Abad 21. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 3(2), 94–99.
Saragih, S. (2008). Mengembangkan keterampilan berfikir matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 310–327.
Slameto, S. (2015). Rasional dan elemen perubahan kurikulum 2013. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 1–9.
Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.
Sutrisno, M. (2005). Teks-teks kunci estetika: filsafat seni. Galangpress Group.
Syam, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Wirawan, Y. Y. (2007). Biografi dan Karya Hegel. In Humaniora (Vol. 19, Issue 2).
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79–96.
Zatrahadi, M. F., Darmawati, D., & Yusra, N. N. (2021). The Effect of Online Game Addiction on Adjustment Social in Adolescents. Indonesian Journal of Creative Counseling, 1(1), 15–19.
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–66.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.