Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan true experimental, dengan desain postest-only control. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IXA yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberikan model pembelajaran berbasis masalah, dan kelas IXB sebagai kelompo kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen penelitian terdiri dari 4 soal tes kemampuan pemecahan maslaah matematis dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan tingkat kesalahan 5 %. Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pilihan guru sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dinandar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMK Dharma Karya Jakarta (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Gozali, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Creatif Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu (Skripsi). Universitas Bengkulu.
Heatubun, G. R., Wenas, R. J., & Regar, V. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Teorema Pythagoras. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 28–31.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1547
Muhandaz, R., Lestari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 1(3), 260–267. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.7047
Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving ( CPS ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151
Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(3).
Rusman. (2014). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta.
Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Prenada Media.
Thenjiwe. (2017). Cognition, Metacognition, And Problem-Based Learning, In Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Preanada Media Grup.
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452
Zainuri. (2016). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER